Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akibat PPKM, Kunjungan Wisatawan ke Dusun Semilir Menurun

KOMPAS.com – Marketing Communication & Event Supervisor Dusun Semilir Irene Shinta Dewi mengatakan, kunjungan wisatawan ke tempat wisata tersebut kian menurun selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali sejak 11 Januari 2021.

“Makin menurun. Selama PPKM rata-ratanya cuma 150 orang di hari biasa. Kalau di akhir pekan 300 orang,” ungkapnya kepada Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Jika dibandingkan, sebelum PPKM di Jawa-Bali diterapkan, kunjungan ke Dusun Semilir selama pandemi yang berlangsung hampir satu tahun cukup berbeda.

Sebab, kunjungan pada hari biasa berada pada kisaran 300 orang. Sementara kunjungan pada akhir pekan mencapai lebih kurang 500 orang.

“(Tapi) turun banget jumlah pengunjungnya. Rata-rata cuma 300 orang per hari. Jarang banget sampai 1.000 orang,” tutur Irene.

Tutup selama Jateng di Rumah Saja

Apabila ingin berkunjung, wisatawan baru bisa melakukannya pada Senin (8/2/2021). Sebab, pihak tempat wisata akan tutup selama dua hari pada 6-7 Februari.

Irene mengatakan, penutupan sementara dilakukan guna memberi dukungan terhadap kampanye Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) bertajuk Jateng di Rumah Saja.

Adapun, gerakan tersebut adalah langkah Pemprov Jateng untuk menutup seluruh tempat keramaian, termasuk tempat wisata selama dua hari.

Gerakan tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Jateng Nomor 443.5/000/933 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan Pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II di Jateng.

Selama penutupan yang berlangsung selama dua hari, Irene menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan sejumlah langkah kebersihan.

“Betul akan dilakukan penyemprotan disinfektan dan general cleaning,” kata Irene.

Harga tiket masuk Dusun Semilir terbaru

Dusun Semilir terletak di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Tempat wisata tersebut buka setiap hari pukul 08.00-15.00 WIB.

Harga tiket masuk Dusun Semilir pada Senin-Jumat untuk orang dewasa adalah Rp 25.000, dan Rp 40.000 pada Sabtu-Minggu dan libur nasional.

Sementara untuk anak-anak, harga tiketnya adalah Rp 20.000 pada Senin-Jumat dan Rp 25.000 pada Sabtu-Minggu dan libur nasional. Harga tersebut berlaku untuk anak dengan tinggi di bawah 85 centimeter (cm).

Sementara untuk anak dengan tinggi di atas 85 cm, mereka akan dikenakan harga tiket masuk untuk orang dewasa.

Untuk tiket terusan, harganya adalah Rp 35.000 pada Senin-Jumat dan Rp 55.000 pada hari biasa.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/05/150300427/akibat-ppkm-kunjungan-wisatawan-ke-dusun-semilir-menurun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke