Salin Artikel

Naik Kereta Api Bisa Pakai Tes GeNose di Stasiun, Begini Langkahnya

KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan mengeluarkan aturan tentang syarat hasil negatif pemeriksaan GeNose test atau rapid test antigen atau RT-PCR sebagai syarat kesehatan penumpang kereta api jarak jauh.

Aturan tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalnan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Pandemi Covid-19, serta SE Satgas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2021.

Bukti hasil negatif Covid-19 dari pemeriksaan GeNose test atau rapid test antigen atau RT-PCR tersebut, sampelnya harus diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Persyaratan tersebut tidak diwajibkan bagi pelanggan yang berusia di bawah 12 tahun.
Pengguna kereta api jarak jauh bisa melakukan pemeriksaan GeNose C19 langsung di stasiun-stasiun.

Salah satu lokasi yang menyediakan tes GeNose ada di Area Daop 1 Jakarta sejak 3 Februari 2021 adalah di Stasiun Pasar Senen.

Berdasarkan rilis resmi yang diterima Kompas.com, sejak pertama kali dibuka hingga Sabtu (6/2/2021) terdapat 2.580 calon pengguna kereta api jarak jauh yang telah menggunakan layanan GeNose C19 di stasiun.

Khusus di hari Sabtu (6/2/2021), berdasarkan data pukul 15.00 WIB, telah terdapat sekitar 700 calon penumpang yang menggunakan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen.

Untuk meningkatkan layanan, kini perangkat GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen juga telah ditambah empat unit. Secara keseluruhan, kini terdapat 10 perangkat GeNose C19 yang telah beroperasi.

Ketentuan dan cara melakukan tes GeNose

Untuk persyaratan melakukan GeNose test, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini seperti dirangkum Kompas.com:

  • Calon penumpang kereta api jarak jauh wajib menunjukkan tiket atau kode booking yang sudah dibayarkan lunas serta kartu identitas asli.
  • Calon penumpang yang ingin melakukan pemeriksaan GeNose C19 juga dianjurkan tidak makan atau minum, serta tidak merokok 30 menit sebelum melakukan proses pengambilan sampel melalui embusan napas ke kantong udara.

Langkah-langkah melakukan pengambilan sampel dengan kantong udara pada layanan GeNose C19 adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pengambilan napas yang dalam melalui hidung dan diembuskan melalui mulut sebanyak tiga kali.
  2. Pengambilan napas pertama dan kedua diembuskan melalui mulut dengan masker tertutup.
  3. Pengambilan napas ketiga diembuskan dengan meniup ke dalam kantong udara sampai dengan kondisi kantong udara penuh.
  4. Setelah kantong udara terisi penuh, segera tekan katup berwarna biru untuk menutup kantong udara.

Agar layanan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dapat berjalan kondusif dan tetap mengutamakan protokol pencegahan Covid-19. PT KAI Daop 1 juga telah melakukan beberapa penanganan.

Di antaranya adalah membuat jalur pemeriksaan GeNose C19 yang terbagi menjadi tiga zona. Yakni zona administrasi, zona pengambilan sampel atau pengisian kantong udara, dan zona pemberian berkas hasil tes untuk calon penumpang.

Seluruh zona dipastikan telah diatur dan dipisahkan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Jika ditemukan hasil positif pada calon penumpang kereta api jarak jauh yang menggunakan GeNose C19, maka akan dilakukan penanganan di ruang isolasi sementara oleh petugas kesehatan.

Calon pengguna dengan hasil positif tidak diperbolehkan naik kereta api. Sementara bea tiket akan dikembalikan penuh. Mereka selanjutnya akan diarahkan agar melakukan pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/07/101520527/naik-kereta-api-bisa-pakai-tes-genose-di-stasiun-begini-langkahnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.