Salin Artikel

5 Negara Ini Terima Turis yang Sudah Divaksin Covid-19

KOMPAS.com – Adanya vaksin Covid-19 membei harapan baru bagi wisatawan lantaran sejumlah negara telah menyatakan bahwa mereka akan menerima wisatawan yang sudah divaksin.

Melansir Mirror.co.uk, Selasa (2/2/2021), beberapa negara bahkan menerapkan pengecualian untuk karantina dan tes Covid-19 bagi mereka yang sudah vaksinasi Covid-19.

Meski para pelancong yang sudah divaksin bisa berkunjung ke negara-negara tersebut, hingga kini wisatawan dari Inggris tidak termasuk dalam daftar pelancong yang diizinkan memasuki wilayah mereka.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar negara-negara yang terima wisatawan yang sudah divaksin Covid-19 yang telah Kompas.com rangkum, Senin (8/2/2021):

1. Islandia

Islandia mengumumkan bahwa mereka tidak mewajibkan wisatawan untuk karantina jika benar-benar telah divaksin Covid-19.

Aturan saat ini mengatakan, seluruh kedatangan wajib dilakukan tes PCR saat kedatangan yang diikuti dengan karantina 5-6 hari sebelum pemeriksaan kedua.

Namun, ada aturan baru yang menyatakan bahwa pelancong dengan sertifikat vaksinasi Covid-19 tidak perlu melalui pemeriksaan atau isolasi mandiri.

Terkait pelancong dari Inggris, saat ini mereka masih belum diizinkan. Islandia hanya menerima sertifikat vaksin yang memenuhi kriteria tertentu termasuk dikeluarkan di negara bagian EEA/EFTA.

Inggris tidak memenuhi syarat karena telah meninggalkan Uni Eropa (UE). Namun, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Islandia mengatakan bahwa sesaat setelah sertifikat vaksin Inggris Raya divalidasi WHO, mereka akan melihat apakah bisa menerima mereka atau tidak.

2. Seychelles

Otoritas pariwisata Seychelles awal 2021 mengumumkan, mereka akan menerima wisatawan dari bagian dunia mana pun jika sudah divaksin Covid-19.

Namun, mereka harus menunggu hingga dua pekan setelah menerima dosis vaksin kedua sebelum diizinkan berkunjung ke negara tersebut.

Saat berkunjung, ada persyaratan bagi pelancong yakni mereka harus membuktikan bahwa mereka sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 resmi.

Tidak hanya itu, wisatawan juga harus membawa bukti hasil negatif tes Covid-19 yang dilakukan 72 jam sebelum keberangkatan.

Bagi yang belum divaksin atau tidak berangkat dari daftar negara yang diizinkan Seychelles, termasuk Inggris Raya, mereka tidak diizinkan melintasi perbatasan.

3. Estonia

Kementerian Luar Negeri sEstonia mengumumkan pada Januari 2021, pelancong dari Inggris yang telah divaksin Covid-19 tidak perlu diisolasi selama 10 hari atau melakukan tes Covid-19 mulai 1 Februari.

Namun, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Misalnya, tidak lebih dari enam bulan telah berlalu sejak menerima vaksinasi Covid-19.

4. Siprus

Siprus tengah berencana memperkenalkan kebijakan baru di mana pelancong yang telah divaksin tidak perlu mengikuti aturan pemeriksaan dan karantina yang berlaku saat ini.

“Rencana tindakan yang diamandemenkan diharap dapat meningkatkan minat perusahaan penerbangan untuk melakukan penerbangan tambahan ke Siprus, meningkatkan konektivitas, dan meningkatkan lalu lintas penumpang,” kata Menteri Transportasi Siprus Yiannis Karousos, mengutip Mirror.co.uk.

Wisatawan yang belum divaksin masih harus memenuhi persyaratan masuk ke sana. Namun, negara asal wisatawan akan terus ditentukan mana saja yang diizinkan. Saat ini, Inggris Raya tidak termasuk dalam daftar tersebut.

5. Rumania

Pemerintah Rumania telah mengumumkan bahwa pelancong yang telah divaksin Covid-19 tidak perlu dikarantina.

Namun, para wisatawan harus sudah diberikan dua dosis vaksin Covid-19 dan tiba di sana lebih dari sepuluh hari setelah dosis kedua diberikan.

Saat ini, warga Inggris Raya dan warga non-UE atau EEA di Inggris Raya tidak diizinkan memasuki Romania untuk keperluan non-esensial.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/08/210100627/5-negara-ini-terima-turis-yang-sudah-divaksin-covid-19

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.