Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menara Eiffel Akan Berubah Warna Jelang Olimpiade 2024

KOMPAS.com – Menara Eiffel di Kota Paris, Perancis akan mendapatkan makeover atau perubahan besar-besaran yang mengubah penampakannya jelang Olimpiade 2024, menjadi jauh lebih bersinar.

Seperti dilansir dari Lonely Planet, Menara Eiffel dibangun antara 1887–1889 sebagai pintu masuk ke World’s Fair atau Exposition Universelle tahun 1889. Menara Eiffel memiliki tinggi 324 meter.

Menara Eiffel sebelumnya telah dicat sebanyak 19 kali. Sebuah pekerjaan yang membutuhkan sebanyak 60 ton cat. Sejak 1968, Menara Eiffel punya warna sejenis coklat yang didesain khusus.

Namun, saat ini menara tersebut sedang dipersiapkan untuk dicat dengan warna kuning kecoklatan, memberikan nuansa keemasan ketika proses pengecatan sudah selesai.

Untuk makeover ini, diperkirakan akan menghabiskan sekitar 50 miliar Euro atau sekitar Rp 847 triliun. Pasalnya, lapisan cat sebelumnya harus dihilangkan lebih dulu.

Makeover itu merupakan proses yang sangat beracun karena adanya timbal, sehingga memerlukan protokol kesehatan yang ketat untuk para pekerjanya.

Cat yang menutupi struktur menara tersebut telah dianalisis para arsitek yang secara khusus menangani monumen bersejarah Paris.

Menara Eiffel sebelumnya pernah dicat dengan warna yang lebih cerah. Ketika pertama kali berdiri, menara ini dicat dengan warna merah sesuai keinginan sang desainer, Gustave Eiffel.

Warna tersebut kemudian berganti ke warna oker atau oranye terang, tiga tahun kemudian. Lalu pada tahun 1899, landmark ini benar-benar berwarna layaknya mentari dengan diberi cat oranye-kuning untuk dasarnya dan kuning cerah di bagian atas.

Warna coklat kekuningan tersebut bertahan 47 tahun mulai dari tahun 1907 hingga 1954 sebelum dicat dengan warna coklat kemerahan di tahun 1968.

Menara Eiffel akan berperan sebagai latar untuk ajang triathlon dan acara renang di perairan terbuka untuk Olimpiade Musim Panas tahun 2024.

Lebih dari 250 juta orang telah mengunjungi Menara Eiffel sejak pertama kali dibuka. Sekitar tujuh juta orang mengunjunginya per tahun, sehingga menara itu harus tetap terlihat pada momen terbaiknya.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/13/163100727/menara-eiffel-akan-berubah-warna-jelang-olimpiade-2024

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke