Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rayakan Valentine Bareng Pasangan di 10 Wisata Romantis di Bandung

KOMPAS.com – Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama pasangan di hari Valentine adalah menghabiskan waktu berkualitas di tempat wisata romantis yang ada di salah satu kota wisata terpopuler, yakni Bandung.

Bandung menawarkan banyak tempat wisata romantis. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan piknik santai di bawah rindangnya pohon, menikmati pemandangan indah Bandung dari ketinggian, hingga berfoto di tengah kebun bunga yang luas.

Berikut ini 10 tempat wisata romantis di Bandung seperti dirangkum Kompas.com. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan saat berkunjung ke sana, mulai dari memakai masker, cuci tangan atau pakai hand sanitizer, dan menjaga jarak.

1. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole terletak di Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sini, kamu bisa mencoba aktivitas piknik romantis di bawah rindangnya pepohonan di tengah hutan pinus yang sejuk.

Tempat ini menyediakan paket piknik untuk maksimal empat orang seharga Rp 180.000. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan perlengkapan piknik, termasuk matras dan keranjang, serta sejumlah hidangan.

Kamu juga bisa sekadar duduk-duduk santai di tempat yang disediakan. Atau jika ingin ngopi, bisa juga berkunjung ke Aspasia Coffee yang ada di dalam kawasan hutan pinus tersebut.

Di sana juga ada beberapa instalasi spot foto tematik Instagramable, cocok untuk berfoto bersama pasangan. Orchid Forest Cikole buka setiap hari pukul 09.00–18.00 WIB.

2. Kebun Begonia Lembang

Datang ke Kebun Begonia Lembang, kamu dan pasangan bisa menemukan aneka jenis bunga, seperti salvia, impatiens, geranium, balinea, dan celosia. Tempat ini diberi nama begonia salah satunya karena didominasi bunga balinea, yang merupakan varietas begonia asal Bali.

Kamu dan pasangan juga bisa berfoto bersama di berbagai spot unik seperti bunga cinta, keong raksasa, miniatur delman, patung, dan gerbang Kebun Begonia.

Kebun Begonia terletak di Jalan Maribaya, Nomor 120A, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan buka setiap hari pukul 08.00–17.30 WIB.

3. Puncak Bintang

Puncak Bintang terletak di Bukit Moko, Cimenyan, Bandung. Wisata alam ini merupakan kawasan hutan pinus yang rindang, seringkali digunakan sebagai tempat berkemah. Kamu juga bisa sekadar piknik di sana.

Selain berkemah, Puncak Bintang seperti namanya juga digunakan untuk melihat pemandangan kota Bandung di malam hari dari ketinggian. Harga tiket masuknya Rp 15.000 per orang.

Kamu dan pasangan bisa menikmati malam dengan langit berbintang dan gemerlap kota Bandung dari kejauhan. Tersedia dermaga bintang khusus untuk spot berfoto dan menikmati pemandangan.

Jika datang di sore hari, kamu bisa menikmati sunset juga. Apabila memutuskan berkemah, kamu bisa berjalan menuju Patahan Lembang yang terletak tak jauh dari kawasan Bukit Moko. Di sana, kamu bisa menikmati sunrise yang cantik.


4. Floating Market

Floating Market Lembang terletak di Jalan Grand Hotel Nomor 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Di sini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan berdua bersama pasangan, mulai menyewa perahu dan paddle boat di tengah danau, hingga menyewa kostum tradisional Jepang di Kyotoku.

Kamu juga bisa mencoba beberapa wahana di Kota Mini, seperti outbound yang menantang, shooting target, dan firefighter.

Floating Market Lembang buka Senin–Jumat pukul 09.00–18.00 WIB, dan Sabtu–Minggu, serta hari libur pukul 08.00–19.00 WIB.

Harga tiket masuknya Rp 40.000 untuk paket Floating Market dan Kota Mini. Sementara jika dibeli terpisah, Floating Market Rp 30.000 dan Kota Mini Rp 25.000.

5. Lereng Anteng Panoramic Coffee

Ingin ngopi dengan pemandangan alam yang cantik? Kamu bisa mengunjungi Lereng Anteng Panoramic Coffee yang terletak di kawasan wisata Punclut, Kampung Pageurmaneuh, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Kawasan wisata Punclut terkenal dengan pemandangan Kota Bandung dari ketinggian dengan udara sejuk khas Lembang. Di siang hari, kamu bisa bersantai menikmati semilir angin. Jika malam hari, kamu bisa melihat gemerlap lampu perkotaan yang cantik.

Di sana, kamu juga bisa menikmati berbagai makanan dan minuman yang lezat, mulai dari snack semacam tahu gejrot hingga kopi manual brew spesial. Tempat ini juga memiliki banyak spot Instagramable yang unik.

Lereng Anteng Panoramic Coffee buka Minggu–Jumat pukul 09.00–20.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00–22.00 WIB.

6. Kawah Putih

Kawah Putih merupakan kawah bekas letusan Gunung Patuha. Pemandangan di sana tidak bisa ditemukan di tempat lain. Dengan danau yang memiliki air berwarna putih, udara di sana pun sangat sejuk karena terletak di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut.

Kawasan ini juga dikelilingi hutan mati yang menawarkan pemandangan unik berupa pepohonan kering yang begitu cantik dijadikan latar belakang berfoto bersama pasangan.

Di sekitarnya juga terdapat perkebunan teh. Jika beruntung, kamu bisa melihat aktivitas memetik teh yang dilakukan para petani. Ada pula kebun stroberi di sekitar kawasan tersebut. Kamu bisa coba memetik stroberi bersama pasangan.

Kawah Putih terletak di Sugihmukti, Pasirjambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Harga tiket masuknya Rp 27.000, sementara untuk tiket masuk terusan jembatan Rp 38.000.

Masih ada angkutan ontang-anting (PP) untuk membawa wisatawan dari parkiran ke kawasan wisata yakni Rp 27.000. Beberapa wahana pun dikenakan tarif khusus, yakni Rp 11.000 untuk wahana Dermaga Pontoon, Wahana Skywalk, dan Sunan Ibu.


7. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali jadi tempat yang tepat menghabiskan libur Valentine bersama pasangan. Kamu bisa melakukan staycation dengan cukup mewah di glamping yang terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung ini.

Harga menginap di sana mulai dari Rp 1,1 juta untuk empat orang hingga Rp 2 juta untuk 10 orang. Glamping ini menawarkan pemandangan mulai dari hutan hingga danau yang indah.

Selain menginap, kamu juga bisa hanya sekadar berwisata di sana. Tersedia beberapa wahana, seperti outbound hingga naik perahu atau kano. Harga tiket masuknya Rp 20.000 dan tiket terusan ke semua wahana Rp 50.000.

Salah satu spot favorit di sini adalah Pinisi Resto, sebuah restoran yang berbentuk seperti kapal pinisi. Tempat ini juga jadi spot foto andalan. Berfoto bersama pasangan di atas kapal dengan latar belakang danau dan bukit hijau.

8. Lembang Park & Zoo

Kamu dan pasangan pencinta binatang? Coba kunjungi kebun binatang kekinian Lembang Park & Zoo. Tempat wisata ini terletak di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Kamu bisa menemukan berbagai spot foto yang tersebar di sana, salah satunya adalah Bird Aviary. Sambil berfoto bersama pasangan, kamu bisa sekaligus melihat dan bemain bersama burung-burung cantik, semacam Nuri Bayan dan Kakatua.

Jika lapar, kamu juga bisa nongkrong di Neo Cat Café dengan para kucing yang lucu, serta Quagga Green Café dengan nuansa tumbuhan hijau yang menyejukkan.

Tempat ini buka Senin – Jumat pukul 09.00–17.00 WIB, dan Sabtu–Minggu dan hari libur pukul 08.00–18.00 WIB.

Harga tiket masuknya Rp 40.000 pada hari biasa, dan Rp 50.000 saat akhir pekan, serta hari libur tanggal merah. Untuk Big Bird Aviary, harga tiket masuknya Rp 20.000, Rabbit House Rp 15.000, Rabbit Garden Rp 10.000, Neo Cat Café Rp 20.000 per jam, dan Pony Ride Rp 25.000.


9. Sudut Pandang

Sudut Pandang merupakan sebuah wahana interaktif sekaligus kafe yang berlokasi di Jalan Pagermaneuh, RT05/07, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Kafe bernama Sudut Rasa cocok untuk kamu dan pasangan yang suka mengambil foto dengan latar belakang Instagramable. Sudut Pandang terkenal akan dua kubah transparan yang menghadap ke arah perbukitan dan pepohonan rindang.

Puas foto-foto, kamu kencan santai bersama pasangan sambil menikmati hidangan nikmat. Ada aneka minuman seperti Espresso, Virgin Lychee Mojito, Cream Brulle Latte, dan Kecombrang Lemonade dengan harga mulai Rp 10.000.

Sementara untuk makanan, tersedia pilihan seperti Caesar Salad, Pan Fried Salmon, Beef Stroganoff, dan Sop Buntut Sambal Ijo dengan harga mulai Rp 22.000.

Selain Sudut Rasa, juga ada Sudut Cerita. Sebuah Wahana Multimedia Interaktif yang di dalamnya terdapat tujuh ruangan dan berakhir di Diamond Icon. Harga tiket masuk untuk Sudut Cerita Rp 50.000 per orang.

Ada beberapa area berbeda di Sudut Rasa. yakni tempat biasa, area pool, dan area igloo. Tempat ini buka setiap hari pukul 10.00–21.00 WIB.

10. Tenda di Bawah Bintang

Masih takut nonton di bioskop selama pandemi? Kamu dan pasangan bisa coba moviedate di Tenda di Bawah Bintang.

Tempat ini menyediakan layanan nonton film setiap malamnya, dengan tema unik yakni penonton bertempat di tanah lapang, dengan tenda di alam terbuka atau di bawah bintang.

Harga untuk nonton di sini adalah Rp 98.000 per orang. Sudah termasuk snack, minuman, tenda untuk nonton, ditambah selimut, bantal, hand sanitizer, dan disinfektan agar tetap aman. Tiket tersebut gratis khusus untuk anak di bawah 12 tahun.

Kamu juga bisa memesan aneka makanan lainnya jika lapar. Berlokasi di Sky Garden, The Green Forest Resort, Jalan Sersan Bajuri, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, kamu juga bisa sekalian staycation di hotel Green Forest.

Protokol kesehatannya juga cukup ketat. Mulai dari cek suhu di mobil, adanya penyediaan hand sanitizer dan disinfektan, serta tendanya pun terletak cukup jauh satu sama lain karena ada di atas tanah yang cukup lapang.

Untuk mengecek jadwal film apa yang sedang diputar hari itu, kamu bisa mengecek akun Instagram @tendadibawahbintang. Untuk alur reservasi, kamu juga bisa melihat panduannya lewat akun tersebut.

Biasanya, film diputar mulai pukul 18.00 WIB. Tenda di Bawah Bintang buka Selasa–Minggu pukul 16.00–21.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/14/125047227/rayakan-valentine-bareng-pasangan-di-10-wisata-romantis-di-bandung

Terkini Lainnya

Panduan Lengkap ke Desa Wisata Koto Kaciak, Simak Sebelum Datang

Panduan Lengkap ke Desa Wisata Koto Kaciak, Simak Sebelum Datang

Travel Tips
Traveloka Resmikan Wahana Baru di Kidzania Jakarta, Ada Diskon 25 Persen

Traveloka Resmikan Wahana Baru di Kidzania Jakarta, Ada Diskon 25 Persen

Travel Update
Barcelona Hapus Rute Bus dari Google Maps, Ini Alasannya

Barcelona Hapus Rute Bus dari Google Maps, Ini Alasannya

Travel Update
4 Tips Berkunjung ke Desa Wisata Koto Kaciak, Datang Pagi Hari

4 Tips Berkunjung ke Desa Wisata Koto Kaciak, Datang Pagi Hari

Travel Tips
Cara Menuju ke Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang

Cara Menuju ke Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang

Jalan Jalan
4 Oleh-Oleh Desa Wisata Koto Kaciak, Ada Rinuak dan Celana Gadebong

4 Oleh-Oleh Desa Wisata Koto Kaciak, Ada Rinuak dan Celana Gadebong

Travel Tips
Istana Gyeongbokgung di Korea Akan Buka Tur Malam Hari mulai Mei 2024

Istana Gyeongbokgung di Korea Akan Buka Tur Malam Hari mulai Mei 2024

Travel Update
Desa Wisata Lerep, Tawarkan Paket Wisata Alam Mulai dari Rp 60.000

Desa Wisata Lerep, Tawarkan Paket Wisata Alam Mulai dari Rp 60.000

Jalan Jalan
Itinerary Seharian Sekitar Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Ngapain Saja?

Itinerary Seharian Sekitar Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Ngapain Saja?

Jalan Jalan
 7 Olahraga Tradisional Unik Indonesia, Ada Bentengan

7 Olahraga Tradisional Unik Indonesia, Ada Bentengan

Jalan Jalan
5 Tips Liburan dengan Anak-anak Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh

5 Tips Liburan dengan Anak-anak Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh

Travel Tips
Mengenal Desa Wisata Koto Kaciak, Surga Budaya di Kaki Bukit Barisan

Mengenal Desa Wisata Koto Kaciak, Surga Budaya di Kaki Bukit Barisan

Jalan Jalan
Aktivitas Wisata di Bromo Ditutup mulai 25 April 2024, Ini Alasannya

Aktivitas Wisata di Bromo Ditutup mulai 25 April 2024, Ini Alasannya

Travel Update
Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Travel Update
Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke