Salin Artikel

Penumpang Bisa Pilih antara GeNose Test, Rapid Test Antigen, atau RT-PCR untuk Syarat Naik Kereta Api

KOMPAS.com – Tes Covid-19 dengan metode GeNose C-19 menjadi salah satu pilihan syarat naik kereta api di masa pandemi selain menggunakan rapid test antigen dan RT-PCR.

Hal tersebut tertera salah satunya pada Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19 yang berlaku pada 9 – 22 Februari 2021.

Sebelumnya, syarat tes GeNose ini mulai diberlakukan sejak tanggal 5 Februari 2021, tepatnya sejak disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

“Untuk di kereta api nantinya, GeNose ini menjadi salah satu pilihan. Rapid test antigen dan PCR masih berlaku,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/1/2021).

Artinya, calon penumpang kereta api bisa memilih salah satu saja di antara tiga metode tes Covid-19. Apakah mereka akan menggunakan tes GeNose, rapid test antigen, atau RT-PCR untuk ditunjukkan sebelum keberangkatan.

Ketiganya sama-sama berlaku. Penumpang bisa menyesuaikan metode tes tersebut sesuai ketersediaan di wilayah masing-masing.

Hal tersebut juga tertera dalam SE Satgas Covid-19 Nomor 7 Tahun 2021, “Pelaku perjalanan kereta api antarkota wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau negatif rapid test antigen atau GeNose test yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.”

Selain dalam SE Satgas Covid-19, ketentuan GeNose, rapid test antigen, atau RT-PCR ini juga tertera dalam SE Kemenhub Nomor 20 Tahun 2021.

Khusus untuk keberangkatan di hari libur panjang atau keagamaan, maka masa berlaku sampelnya maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Syarat hasil negatif Covid-19 ini tidak diwajibkan khusus untuk anak-anak di bawah 5 tahun.
Untuk mengakomodasi kebutuhan tes ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PT KAI) menyediakan fasilitas tes langsung di stasiun.

Daftar 8 stasiun penyedia layanan GeNose C-19

Untuk fasilitas rapid test antigen, ada 43 stasiun di Jawa dan Sumatera yang menyediakan layanan tersebut. Harga tesnya yakni Rp 105.000.

Sementara fasilitas layanan tes GeNose C-19 sudah tersedia di delapan stasiun dengan harga Rp 20.000, yakni:

  1. Stasiun Pasar Senen Jakarta
  2. Stasiun Gambir Jakarta
  3. Stasiun Tugu Yogyakarta
  4. Stasiun Solo Balapan
  5. Stasiun Bandung
  6. Stasiun Cirebon
  7. Stasiun Tawang Semarang
  8. Stasiun Pasar Turi Surabaya

https://travel.kompas.com/read/2021/02/15/170500027/penumpang-bisa-pilih-antara-genose-test-rapid-test-antigen-atau-rt-pcr-untuk

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.