Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Upper Lascar Row di Hong Kong Disebut Cat Street, Mengapa?

KOMPAS.com – Bagi yang sudah pernah atau sering liburan ke Hong Kong, mungkin tidak asing dengan Upper Lascar Row atau Antique Road yang kerap disebut sebagai Cat Street.

Meski di sana memang kerap terlihat para kucing berjalan ke sana kemari, hal tersebut bukanlah alasan mengapa Upper Lascar Row disebut sebagai Cat Street.

Seorang host dalam tur virtual Hong Kong Tourism Board bernama Debbie mengatakan, penyematan sebutan tersebut memiliki sejarah tersendiri.

“Ini kembali ke masa kolonial Hong Kong saat para tentara dan pelaut berkunjung,” tuturnya dalam “Walking Chinese New Year Virtual Tour – Hong Kong Tourism Board” pada Rabu (10/2/2021).

Saat itu, banyak orang yang menjual barang-barang hasil curian di sana. Dalam Bahasa Kanton, barang curian disebut sebagai “barang tikus”.

Meski begitu, dahulu banyak orang yang tetap berkunjung untuk mencari barang-barang berharga yang dijual dengan harga rendah karena asal-usulnya tidak jelas.

“Jadi, ini sama saja seperti seekor kucing yang memburu tikus. Makanya diberi nama Cat Street,” ujar Debbie.

Cat Sreet masa kini

Saat ini, Cat Street adalah salah satu tempat populer yang sering dikunjungi orang-orang yang mencari benda kuno untuk dekorasi rumah mereka.

Hal tersebut membuat pamor Upper Lascar Row makin meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan dikunjungi wisatawan yang berlibur ke Hong Kong.

Mengutip Discover Hong Kong, di sana wisatawan bisa melihat deretan toko yang menjual barang antik, seperti koleksi kaligrafi China, alarm Mao Zedong, atau poster Bruce Lee.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, butik-butik para desainer lokal dan toko baju kuno mulai bermunculan.

Sejumlah barang unik pun bisa dibeli di sana seperti batu giok, produk sutra, sulaman, kerajinan kayu, cermin tembaga, koin kuno, perangko kuno, dan vas Dinasti Qing, melansir Travelodge Hotels.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/16/111100227/upper-lascar-row-di-hong-kong-disebut-cat-street-mengapa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke