Salin Artikel

6 Tips Liburan ke Curug Sinom Indah Banjarnegara, Bawa Pelampung

KOMPAS.com – Tempat wisata berbasis alam tengah digandrungi wisatawan untuk dikunjungi di tengah pandemi Covid-19.

Namun saat berkunjung, terdapat sejumlah tips dan aturan yang dapat diikuti agar kunjungan wisata tetap aman dan nyaman sembari menikmati panorama yang disuguhi.

Sama seperti tempat wisata alam lainnya. Jika ingin berkunjung ke Curug Sinom Indah di Banjarnegara, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan.

“Untuk pengunjung wisata, disarankan pakai sepatu atau sendal,” kata Petugas dan Marketing Media Sosial Curug Sinom Indah Maklum Ferianto, Kamis (11/2/2021).

Jika ingin mengetahui lebih lanjut, berikut tips liburan ke Curug Sinom Indah yang Kompas.com rangkum, Selasa (16/2/2021):

1. Pakai alas kaki yang nyaman

Saat berkunjung ke Curug Sinom, Ferianto menganjurkan wisatawan untuk menggunakan sepatu atau sendal yang nyaman.

“Lokasinya mudah sih, jadi pakai sendal atau sepatu oke-oke aja,” tuturnya.

Meski berkunjung memakai sendal, wisatawan tetap bisa berkunjung ke area air terjun karena medannya yang mudah untuk dilalui.

2. Jangan buang sampah sembarangan

Bagi wisatawan yang ingin menggelar alas duduk untuk piknik di dekat air terjun, mereka juga bisa membawa bekal dari rumah sebagai tambahan makanan dari jajanan yang tersedia di warung tempat wisata.

Kendati demikian, Ferianto mengimbau agar wisatawan tidak membuang sampah sembarangan agar lingkungan tempat wisata tetap terjaga.

“Kami sarankan tetap buang sampah pada tempatnya yang sudah disediakan di area Curug Sinom demi menjaga kebersihan dan kenyamanan obyek wisata,” ujar dia.

3. Dilarang naik ke atas air terjun

Meski air terjun tidak terlalu tinggi, wisatawan dilarang naik ke atas jika tidak memiliki izin dari pengelola tempat wisata atau pemandu wisata.

Adapun, Curug Sinom Indah dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Perhutani, dan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyumas Timur.

Namun jika ingin berfoto-foto di sekitar air terjun, kamu tetap bisa melakukannya di bebatuan dekat kolam air terjun.

4. Tidak boleh bawa obat terlarang

Saat berkunjung ke tempat wisata, wisatawan dilarang membawa obat-obatan terlarang atau minuman keras.

5. Jaga sopan santun

Dimana pun kamu berada, ada baiknya kamu tetap mengikuti atau menghormati aturan dan adat istiadat yang ada di sana.

Selama berwisata di Curug Sinom Indah, seluruh pengunjung diimbau tetap menjaga sopan santun.

“Tidak boleh berperilaku atau berbicara yang tidak sepantasnya karena wisatawan adalah tamu untuk alam,” jelas Ferianto.

6. Bawa pelampung sendiri

Wisatawan diizinkan berenang di kolam air terjun. Namun bagi yang belum mahir berenang, ada baiknya mereka membawa pelampung sendiri.

Sebab, saat ini pihak tempat wisata belum menyewakan alat pelampung meski rencana ke depannya akan dihadirkan jasa penyewaan tersebut.

Curug Sinom Indah berlokasi di Desa Kasinoman, Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tempat wisata tersebut setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 7.500 per orang.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/16/200800027/6-tips-liburan-ke-curug-sinom-indah-banjarnegara-bawa-pelampung

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.