Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

13 Wisata Air di Tuban, Air Terjun Sampai Pemandian Air Panas

KOMPAS.com – Kabupaten Tuban, Jawa Timur tak hanya punya tempat wisata pantai yang cantik. Terdapat pula beberapa wisata air yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari wisata air terjun, danau, hingga kolam pemandian dan mata air, semua ada di sana. Berikut ini daftar tempat wisata air di Tuban seperti dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber:

1. Air Terjun Nglirip

Air terjun Nglirip terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Tuban, Jawa Timur. Air terjun setinggi 29 meter ini menawarkan air yang jernih dan segar berwarna tosca yang dikelilingi pepohonan rindang, sehingga menambah hawa sejuk di sana.

Pengelolanya juga menyediakan beberapa spot foto yang bisa kamu manfaatkan dengan latar belakang menawan.

Di sana juga terdapat fasilitas warung yang menawarkan makanan khas bernama rujak nglirip. Setiap hari libur, pengelola juga mengadakan acara live music untuk menghibur para pengunjung.

Air terjun ini buka setiap hari pukul 08.00–17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 5.000 untuk dewasa dan anak-anak Rp 3.000.

2. Air Terjun Banyu Langse

Air terjun Banyu Langse terletak di Jalan Banyu Langse I, Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tepatnya sekitar 10 kilometer (km) dari pusat kota Tuban.

Tempat ini punya suasana dan pemandangan khas alam perdesaan dengan perbukitan kapur di sekelilingnya.

Banyu Langse memiliki tiga air terjun. Air terjun pertama berada pada tumpukan batu besar berbentuk bulat dengan dua batu di bagian bawah dengan satu batu lagi di bagian atas. Bagian bawahnya memiliki kedalaman lima meter.

Tak jauh dari sana, terdapat air terjun kedua. Air terjun ini berundak dengan batuan besar. Terakhir adalah tingkat ketiga yang lebih kecil dari lainnya. Air terjun kedua dan ketiga ini memiliki ketinggian 10 meter.

3. Air Terjun Sanggrahan

Air terjun yang satu ini bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Tuban. Lokasinya ada di Desa Kedungjambe, Singgahan, Tuban, Jawa Timur.

Sepanjang perjalanan, kamu bisa melihat indahnya pedesaan, hamparan sawah, dan udara yang segar.

Rasa lelah sepanjang perjalanan akan hilang karena airnya yang begitu jernih. Kamu bisa bermain air, berendam, dan berenang di sana. Air terjun ini buka setiap hari pukul 07.00–17.00 WIB.


4. Air Terjun Lembah Bongok

Air terjun Lembah Bongok terletak cukup jauh dari pusat Kota Tuban, yakni sekitar 30 km. Letaknya yang cukup jauh membuat tempat ini relatif belum banyak dikunjungi wisatawan.

Namun, karena itu pula keindahannya masih cukup terjaga. Terletak di lembah yang berada di tengah hutan jati dengan perbukitan kapur di sekelilingnya, memberikan nuansa berbeda pada air terjun ini.

Kamu bisa bermain air di sana, sambil menikmati ketenangan hutan dengan suara burung-burung yang membuat damai. Di sana terdapat dua buah air terjun yang menghiasi tebing berbatu Lembah Bongok.

Air terjun ini terletak di Dusun Keroan, Desa Jetak, Kecamatan Montong. Tempat ini buka setiap hari pukul 08.00–15.30 WIB dengan biaya parkir Rp 2.000.

5. Air Terjun Wukiharjo

Air terjun Wukiharjo ada di Desa Wukiharjo, Kecamatan Parengan, Tuban, Jawa Timur. Akses menuju tempat ini memang sedikit sulit, tapi semuanya akan terbayar sesampainya di lokasi.

Hamparan air terjun yang cantik berpadu dengan alam yang memesona. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, tapi punya tebing kapur berwarna kuning sekaligus pepohonan rimbun.

Kamu bisa berendam, bermain air, dan juga berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah ini. Jam bukanya adalah setiap hari pukul 07.00–17.00 WIB.

6. Air Terjun Kedung Bonjor

Air terjun Kedung Bonjor terletak di Desa Jamprong, Kecamatan Kenduruan, Tuban, Jawa Timur dan buka setiap hari pukul 07.00–17.00 WIB.

Air terjun ini tak terlalu tinggi, hanya sekitar lima meter saja. Maka dari itu aliran airnya pun tak terlalu deras. Pengunjung bisa mandi dan berenang di sana dengan dikelilingi alam yang masih sangat asri.


7. Air Terjun Gajahan

Air terjun Gajahan terletak sekitar 30 km dari pusat kota Tuban. Karena terletak cukup jauh dan masih dikelilingi alam yang begitu asri, tempat ini cocok jadi tempat menghilangkan penat.

Air terjun ini memiliki batuan yang besar, air yang bersih, dan udara yang sejuk. Letaknya ada di Desa Nguluhan, Kecamatan Tambakboyo, Tuban, Jawa Timur. Waktu buka Air terjun Gajahan adalah setiap hari pukul 07.00–17.00 WIB.

8. Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Tempat ini bisa dibilang salah satu tempat wisata legendaris di Tuban karena sudah berumur puluhan tahun.

Air di pemandian ini selalu jernih dengan suasana yang asri, sehingga menjadikannya selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi letaknya juga tak terlampau jauh dari pusat kota Tuban, hanya sekitar 5 km saja.

Pemandian ini menggunakan sumber mata air alami yang tidak pernah kering. Banyak pepohonan besar yang tersebar di kawasan tersebut, sehingga membuat pengunjung tetap bisa berenang di bawah keteduhan bahkan di siang hari.

Di sana, ada satu kolam renang dewasa dan satu area sendang atau kolam pemandian yang sering digunakan untuk sekadar bermain air.

Selain kolam renang untuk dewasa, di sana juga terdapat kolam khusus untuk anak-anak dengan aneka permainan seperti perosotan. Ada pula fasilitas berupa kamar ganti, gazebo, toilet, serta warung makanan dan minuman.

Tempat ini buka setiap hari pukul 08.00–17.00 WIB. Harga tiket masuknya Senin–Jumat untuk dewasa Rp 8.000, anak-anak umur 1-6 tahun Rp 5.000. Sementara untuk Sabtu–Minggu dewasa Rp 10.000, anak-anak Rp 6.000.

9. Wisata Nganget

Tempat ini terletak di Desa Kedung Jambe, Kecamatan Bangilan, Tuban, Jawa Timur. Tempat ini buka setiap hari pukul 07.00–21.00 WIB dengan harga tiket Rp 8.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Tempat wisata ini menawarkan wisata alam sekaligus tempat relaksasi tubuh dan juga terapi kesehatan. Dengan sumber air hangat alami, air di tempat ini dipercaya memiliki manfaat menyembuhkan penyakit dengan kandungan kadar mineral tinggi.

Wisata pemandian air hangat ini memiliki tiga kolam pemandian serta kawasan perkemahan. Ketiganya punya suhu air panas yang berbeda.

Kolam utama berdiameter 10 meter, diperkirakan sebagai sumber utama air panas dengan bau belerang yang cukup menyengat. Kolam selanjutnya punya suhu yang tak sepanas kolam pertama.

Kolam terakhir atau sering pula disebut kolam lanang, punya suhu yang paling rendah. Pengunjung bisa berendam paling lama di kolam ini.

Fasilitas di tempat ini juga tersedia cukup banyak, seperti kamar ganti, toilet, gazebo, serta kios makanan dan minuman.


10. Wisata Prataan

Selain wisata Nganget, ada pula Wisata Air Panas Prataan yang terletak di Desa Wukiharjo, Kecamatan Parengan, Tuban, Jawa Timur. Tempat ini juga populer sebagai tempat berendam yang dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan penyakit.

Tempat ini buka pukul 07.00–17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 10.000 dan parkir Rp 2.000.

11. Wisata Pelang

Wisata Pelang merupakan tempat wisata yang cukup baru di Tuban atau sering juga disebut sebagai Kebun Sagu Pelang. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan bersih dengan spot foto kekinian.

Di sana terdapat aneka aktivitas wisata, mulai dari kolam renang, kolam terapi ikan, spot foto, warung-warung makanan dan minuman dengan olahan berbahan sagu, hingga wahana perahu bebek.

Wisata Pelang terletak di Dusun Krajan, Desa Kapu, Kecamatan Merakurak, Tuban, Jawa Timur. Harga tiket masuknya seikhlasnya dengan tarif parkir Rp 3.000–Rp 5.000. Jam bukanya adalah setiap hari pukul 08.00–18.00 WIB.

12. Danau Njowo

Danau Njowo merupakan bekas galian tambang batu kapur yang menyimpan pesona indah, sehingga kini populer sebagai salah satu tempat wisata dengan spot foto unik.

Danau ini memiliki air yang berwarna hijau. Sangat unik karena dikelilingi tebing batu kapur yang membuat warnanya semakin kontras.

Danau Njowo terletak di Desa Samben, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan buka 24 jam.

13. Mata Air Krawak

Sumber mata air Krawak adalah tempat wisata yang terletak di Desa Wisata Guwoterus, Kecamatan Montong, Tuban, Jawa Timur. Letaknya agak jauh dari pusat kota Tuban, yakni sekitar 25 km. Jam bukanya setiap hari pukul 07.00–17.30 WIB.

Sesuai namanya, tempat ini berupa sumber mata air sangat jernih yang keluar dari celah-celah bebatuan sungai. Sumber mata air ini juga ternyata jadi sumber aliran air ke tempat wisata Air Terjun Nglirip.

Para pengunjung bisa beraktivitas main air hingga berenang di sana. Namun, anak-anak tetap harus dalam pengawasan orangtua karena arus airnya cukup kencang. Pengunjung hanya perlu membayar parkir Rp 5.000 saja.

Di sana terdapat pula beberapa fasilitas, seperti kamar mandi ganti dan warung milik warga sekitar yang menjual aneka camilan dan minuman.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/18/190700927/13-wisata-air-di-tuban-air-terjun-sampai-pemandian-air-panas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke