Salin Artikel

Mirip Negeri Dongeng, Inilah Museum Hans Christian Andersen di Denmark

KOMPAS.com – Sebuah museum Hans Christian Andersen baru rencananya akan dibuka pada musim panas 2021 di Odense, Denmark yang merupakan tempat kelahiran penulis dongen tersebut.

Melansir Lonely Planet, Rabu (10/2/2021), desain museum yang dikenal dengan H.C. Andersen’s House sengaja dibuat menyerupai negeri dongeng seperti cerita-cerita yang telah ditulis Andersen semasa hidupnya.

Andersen merupakan penulis dongeng The Snow Queen, The Ugly Duckling, The Emperor’s New Clothes, The Little Mermaid, Thumbelina, dan The Little Match Girl.

Arsitektur Kengo Kuma and Associates menuturkan, dia mendapat insprasi dari karya Andersen berjudul The Tinderbox.

“Ide di balik desain arsitektur menyerupai metode Andersen, sebuah dunia kecil yang secara tiba-tiba berkembang menjadi alam semesta yang lebih besar,” ujarnya, mengutip Lonely Planet.

Adapun, ruang artistik dalam H.C. Andersen’s House bertujuan untuk membangkitkan perasaan seperti memasuki dongeng Andersen melalui arsitektur, suara, cahaya, dan gambar.

Taman dan bangunan museum mencakup area seluas sekitar 9.000 meter persegi dan pameran tersebut mengarah ke rumah masa kecil Andersen yang sebenarnya.

Pada bangunan utama, terdapat kafe, fasilitas pengunjung, serta rumah anak-anak dan museum bawah tanah yang terhubung dengan taman ajaib di sekitarnya.

Pengalaman artistik yang unik

Mengutip Hcandersenshus.dk, museum baru tersebut berusaha memberikan pengalaman artistik yang unik kepada para wisatawan.

Mereka dapat merasakannya melalui kombinasi lanskap, serta desain arsitektur dan pameran yang modern untuk memberi perspektif baru.

Saat dibuka pada musim panas nanti, tempat wisata tersebut tidak hanya menceritakan tentang Andersen namun juga berperan sebagai Andersen.

“Kami harus menyelami dongeng sebagai hal pertama karena itulah yang diketahui semua orang. Idenya bukan menceritakan kembali cerita-cerita tersebut, namun mengkomunikasikan keakraban mereka dan menginspirasi untuk membaca lebih lanjut tentang Andersen,” kata Head of Odense City Museums, Torben Grongaard Jeppesen, mengutip situs resmi museum.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/19/111100127/mirip-negeri-dongeng-inilah-museum-hans-christian-andersen-di-denmark

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.