Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute dan Harga Makanan di Kedai Pojok Klaten

KOMPAS.com – Daftar tempat wisata yang menawarkan pemandangan Gunung Merapi kini bertambah dengan adanya Kedai Pojok di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pengelola Kedai Pojok R Mulyanto E mengatakan, gagahnya gunung tersebut dapat dilihat pada pukul 07.00-10.00 WIB atau 13.00-17.00 WIB.

“Kalau beruntung, bisa lihat kabut turun kalau cuaca mendung tapi enggak hujan,” tuturnya kepada Kompas.com, Minggu (21/2/2021).

Apabila kamu belum berhasil melihat pemandangan kabut turun dari Gunung Merapi karena cuaca sedang cerah, kamu tidak perlu sedih karena Gunung Merapi masih akan terlihat indah.

Sambil menikmati pemandangan alam di sekitar, jangan lupa untuk memesan secangkir kopi Merapi Sapuangin.

Rute menuju Kedai Pojok

Kedai Pojok berlokasi di Dusun Kringin, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Bagi yang belum familiar dengan daerah tersebut, atau baru pertama kali berlibur ke Klaten, kamu bisa memulai perjalanan dari Alun-alun Klaten di Kecamatan Klaten Tengah.

Jarak tempuh dari alun-alun menuju Kedai Pojok adalah 25,8 kilometer (km) atau sekitar 52 menit menggunakan mobil via Jalan Deles Indah dengan kecepatan santai.

Dari alun-alun, perjalanan hanya tinggal mengikuti jalan utama ke arah barat laut menuju Jalan Pemuda.

Setelah berjalan sekitar 79 meter, belok kiri ke arah Jalan Raya Solo-Yogyakarta sebelum mengambil belokan ke arah kanan yang letaknya tidak jauh dari Kantor Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Klaten.

Setelah belok kanan, tetap berjalan lurus pada jalur utama sepanjang sekitar satu kilometer sebelum menemui sebuah pertigaan besar. Belok kiri pada pertigaan tersebut.

Tetap berjalan lurus mentok hingga menemui pertigaan. Ambil belokan ke arah kanan. Sekitar 300 meter dari belokan tersebut, ambil belokan ke arah kiri ke Jalan Wilis.

Setelah belok kiri, tetap berjalan lurus di jalur sepanjang 5 km tersebut melewati Kantor Kepala Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan pada sisi kiri jalur dan gapura Desa Pluneng pada sisi kanan jalur.

Lanjutkan perjalanan pada jalur tersebut hingga menyeberangi sebuah kali. Lurus terus hingga tiba pada pertigaan. Ambil arah kanan dan lanjutkan perjalanan hingga melewati Balai Desa Karangduren di sisi kiri jalur.

Sekitar 2 km dari kantor tersebut terdapat sebuah belokan ke arah kiri yang letaknya tidak jauh dari SPBU yang lokasi di sisi kanan jalur.

Ambil belokan tersebut dan tetap berjalan lurus pada jalur utama. Setelah berjalan sekitar 230 meter, kamu akan menemui sebuah perempatan.

Ambil belokan ke arah kanan dan tetap berjalan lurus pada jalur utama. Setelah berjalan sepanjang 350 meter, lanjutkan perjalanan sepanjang 1,4 km pada jalur utama yang berliku.

Saat tiba di sebuah tugu kecil di tengah jalan, ambil arah ke kanan hingga melewati sebuah lapangan besar.

Lanjutkan perjalanan hingga menemui sebuah pecahan jalur. Ambil arah kiri dan tetap berjalan lurus mengikuti jalur utama yang berliku sepanjang 1 km.

Teruskan perjalanan sepanjang 1 km melewati Balai Desa Kemalang ke arah TPU Kemalang. Dari TPU Kemalang, terus berjalan sepanjang 4,7 kilometer hingga menemui Puskesmas Kaliwuluh di sisi kanan jalur.

Tidak jauh dari puskesmas tersebut adalah belokan ke arah kanan. Ambil belokan tersebut, susuri jalur utama sepanjang 1,1 km sebelum belok kiri.

Adapun, belokan tersebut letaknya tidak terlalu jauh dari belokan ke arah kiri yang memiliki gapura bertuliskan “DK. Sluweng DS. Tlogowatu”.

Jarak dari belokan tersebut menuju Kedai Pojok adalah sekitar 3,7 km. Namun agar tidak tersasar, kamu bisa bertanya kepada warga setempat arah menuju tempat makan tersebut.

Kedai Pojok memiliki dua area makan yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yaitu area undakan dan area dalam bangunan semi-outdoor.

Area mana pun yang dipilih, kamu tetap bisa bersantai sambil menikmati beragam menu yang disajikan dengan kisaran harga Rp 5.000-Rp 10.000 untuk minuman.

Sementara itu, harga makanan berada pada kisaran Rp 7.000-Rp 15.000 dan camilan adalah Rp 7.000. Beberapa pilihan yang tersedia adalah teh, lemon jahe panas, jahe geprek panas, dan wedang tape.

Ada juga Melon Squash, ayam bakar/goreng/geprek, nasi goreng spesial, lele bakar/goreng, pisang, jamur krispi, sosis, nugget, dan kentang.

Jika tertarik untuk menikmati kopi Merapi Sapuangin, kamu bisa pilih Kopi Merapi V60 seharga Rp 10.000 atau Kopi Merapi Tubruk seharga Rp 7.000.

Apabila ingin berkunjung, jam operasional Kedai Pojok adalah setiap hari pukul 09:00-19:00 WIB.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakain masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dam tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.