Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pacu Adrenalin, Jelajah Jalur Ekstrem Mangunan-Sungai Oya Naik Jeep Wisata

KOMPAS.com – Jetama Mangunan merupakan sebuah organisasi yang mengelola jeep-jeep wisata di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Desa Mangunan memang terkenal memiliki cukup banyak tempat wisata favorit di DIY. Sebut saja Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Asri, Puncak Becici, Bukit Panguk Kedawung, dan Jurang Tembelan.

Untuk merasakan sensasi berbeda saat berkunjung ke Mangunan, wisatawan bisa mencoba layanan jeep wisata dari Jetama tersebut. Mereka akan diajak berkeliling rute tertentu untuk singgah di beberapa tempat wisata di Mangunan.

Ketua Jetama Mangunan Dwi Eko Susanto adalah sosok yang pertama kali merintis aktivitas jeep wisata di Desa Mangunan sejak tahun 2016. Dari awalnya hanya ada lima jeep, kini berkembang pesat menjadi 33 jeep.

Untuk mencoba aktivitas ini, wisatawan bisa memilih beberapa paket yang ditawarkan oleh Jetama. Ada empat paket biasa yang bisa dipilih wisatawan, yakni Paket Fun, Paket Short, Paket Medium, dan Paket Long.

Masing-masing paket dibanderol dengan harga bervariasi, tergantung durasi serta jumlah tempat wisata yang didatangi mulai dari Rp 250.000–Rp 750.000.

Namun selain itu, Jetama juga menawarkan paket lainnya khusus untuk pencinta kegiatan yang memacu adrenalin.

“Kita juga menawarkan Paket Hobi. Paket Hobi itu agak mahal karena memang treknya sulit,” kata Eko saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/2/2021).

Paket Hobi Jeep Wisata Mangunan

Paket Hobi memang menawarkan pengalaman yang berbeda. Paket-paket lainnya hanya akan mengajak wisatawan berkeliling Desa Mangunan dari satu tempat wisata ke tempat lain.

Sementara Paket Hobi akan membawa wisatawan menelusuri rute dengan medan yang cukup terjal dan menantang.

“Kalau yang Hobi ini memang (untuk) orang yang senang tantangan. Kita ajak ke rute yang memang tidak bisa ditempuh mobil selain jeep,” terang Eko.

Wisatawan tidak akan diajak masuk ke tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Mangunan. Namun wisatawan akan langsung menelusuri jalur ekstrem untuk turun menuju ke bawah tebing tinggi yang di sana terdapat Sungai Oya.

“Misalnya dari (Bukit) Panguk itu ke selatan lagi itu kan ada jurang dan di bawahnya ada sungai. Itu kita turun ke sungai itu, yang kelihatan dari Panguk,” jelas Eko.

Biasanya, jeep akan memulai dan mengakhiri perjalanan di Hutan Pinus Sari atau Hutan Pinus Mangunan. Kamu juga bisa menentukan sendiri titik start-finish yang kamu inginkan, sesuai kesepakatan dengan driver.

Sesampainya di area sungai, jeep akan beristirahat dan wisatawan pun bisa santai sejenak di sana. Karena air sungai yang jernih, tak jarang pula wisatawan memanfaatkannya untuk bermain air hingga berenang, serta berfoto.

Tak jarang pula wisatawan meminta jeep untuk langsung menerjang Sungai Oya yang airnya tak terlalu dalam.

Maka dari itu, Paket Hobi ini hanya bisa dipesan di musim kemarau saja. Alasannnya, jika tak musim kemarau, maka air Sungai Oya akan cenderung tinggi dan tak terlalu jernih.

“Kalau musim hujan itu tidak bisa karena rutenya sangat sulit. Lebih berbahaya kalau musim hujan,” imbuh Eko.

Harga Paket Hobi ini berkisar antara Rp 750.000–Rp 1 juta. Harga tersebut sudah termasuk driver yang juga menjadi guide, makan siang, dan kelapa muda.

Perbedaan harga tersebut tergantung pada durasi perjalanan yang kamu inginkan. Untuk harga termurah, Rp 750.000 durasi wisata sekitar lima jam saja. Namun jika mengambil yang Rp 1 juta, kamu bisa berjalan-jalan hingga tujuh jam lamanya.

Reservasi dan jam operasional Jeep Wisata Mangunan

Jeep wisata dari Jetama beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00–16.00 WIB. Namun bisa juga beroperasi malam hari sesuai kesepakatan.

Untuk pemesanan, disarankan melakukan H-1 perjalanan. Namun jika banyak armada yang tersedia, kamu bisa juga langsung memesannya di hari H. Kamu bisa mengontak admin Jetama di nomor +6287838671777 (Sulis).

https://travel.kompas.com/read/2021/02/27/160400227/pacu-adrenalin-jelajah-jalur-ekstrem-mangunan-sungai-oya-naik-jeep-wisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke