Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Aktivitas Seru di Kopi Tubing Bogor, Ada River Tubing

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata baru di Kabupaten Bogor, yakni Kopi Tubing menawarkan beragam kegiatan seru bagi wisatawan.

“Kegiatan wisata bisa di restoran makan, (foto-foto) di banyak spot foto, bisa ke sungai dengan pengawasan dan kalau sungai lagi tenang, selain itu bisa main river tubing,” kata Marketing Kopi Tubing Novia kepada Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Untuk kulineran sendiri, pihak Novia menawarkan berbagai pilihan menu dengan kisaran harga yang terbilang cukup murah.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum macam-macam kegiatan wisata seru di Kopi Tubing, Minggu (28/2/2021):

1. Selfie di area “Svargabumi”

Salah satu spot yang menjadi kesukaan para pengunjung untuk berfoto-foto selama berada di Kopi Tubing adalah area sawah.

Sebab, area tersebut memiliki sejumlah dek bulat dengan tempat duduk yang menyerupai ayunan gantung, sepasang bangku dan meja kecil, juga kursi santai yang dihiasi oleh payung-payung berwarna putih.

“Yang di sawah konsepnya ala-ala Svargabumi Borobudur. Tapi orang malah lebih menyangka konsep kita ke Ubud,” jelas Novia.

2. Hunting spot foto

Hampir setiap titik di tempat makan tersebut dapat dijadikan sebagai spot foto. Beberapa di antaranya adalah jalur-jalur kecil di area sawah, area bean bag, area pinggir sungai, serta area sungai.

Untuk area pinggir sungai, kamu bisa foto sambil berdiri atau memanfaatkan beberapa tempat duduk yang ada di sana sebagai properti.

Sementara untuk area sungai, pengunjung hanya diizinkan untuk turun ke sana jika keadaan sedang aman, seperti arus air yang tidak terlalu deras dan ada petugas yang berjaga.

“Kalau keadaan tidak aman, konsumen tidak boleh ke bawah karena bahaya. Kita tutup. Kalau keadaan sedang oke dan ada petugas yang mengawasi, itu boleh,” tutur Novia.

Jika baru tiba di area Kopi Tubing, kamu bisa memulai sesi swafoto di depan bangunan restoran karena pihak Novia telah mendesainnya menjadi spot yang Instagramable.

3. Foto ala petani

Apabila kamu tertarik untuk berfoto ala petani, tempat wisata tersebut menawarkan fasilitas foto tematik yang bisa dimanfaatkan. Saat ini, paket foto tematik tersebut berada pada kisaran harga Rp 30.000-Rp 45.000.

Harga yang ditawarkan tergantung apakah hasil foto akan dicetak, berbentuk file, atau dicetak dan berbentuk file. Namun dengan nominal tersebut, pengunjung sudah dipinjami properti seperti topi ala petani.

4. Nyantai di area bean bag

Area bean bag letaknya tidak terlalu jauh dari area sawah. Jika ingin bersantai sambil menikmati pemandangan sawah atau sungai, kamu bisa langsung menuju ke sana.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati beragam hidangan yang ada sambil berswafoto ria selama berada di sana.

5. Kasih makan ikan

Kopi Tubing memiliki sebuah kolam kecil yang berisi sejumlah ika koi warna-warni. Selain bisa foto-foto, kamu juga bisa memberi makan ikan.

“Fasilitas beli pakan Rp 10.000,” ujar Novia.

6. Kulineran sambil lihat pemandangan

Wisatawan diizinkan menikmati hidangan yang telah dipesan di mana saja. Namun khusus untuk hidangan berat, pengunjung hanya boleh menyantapnya di dalam restoran.

“Kita ada dua kasir. Konsumen ke restoran dan pesan, langsung diantar. Tapi menu-menu makanan berat hanya untuk di dalam restoran. Di outdoor, ada satu kasir lagi hanya untuk menu terbatas dalam kemasan sekali buang,” kata Novia.

Meski menyantap makanan dari dalam bangunan, kamu tidak perlu khawatir karena pemandangan area tempat tersebut masih terlihat. Selain itu, di dalam restoran pun tersedia spot foto dengan tanaman rambatnya yang terlihat unik.

Jika ingin menikmati pemandangan lebih leluasa, kamu bisa coba duduk di area semi-outdoor yang dikelilingi pepohonan dan menghadap ke sungai.

Sementara untuk menu selain hidangan berat, pengunjung diizinkan menyantapnya di area mana pun dalam Kopi Tubing.

“Makan dekat sungai boleh, asal pesanan kita antar dulu. Konsumen isi nomor meja. Sebelum kanan datang, jangan beranjak dulu karena itu (nomor meja) jadi patokan pelayan. Kasihan nanti pelayan kami bingung,” ujar dia.

Namun, Novia mengatakan bahwa area sawah hanya untuk foto-foto saja dan pengunjung tidak boleh makan di meja kecil yang ada dalam salah satu dek bulat di spot foto tersebut.

Untuk pilihan menu, beberapa di antarany adalah Nasi Goreng Seafood, Kwetiaw, Beef Burger, Sausage Korea BBQ, Brownies Ice Cream, Banana Split, Cheese Cake, Caramel Latte, Cube Coffee, Afogato, Red Velvet, dan V60.

Harga menu Kopi Tubing secara keseluruhan berada pada kisaran Rp 6.500-Rp 75.000. Sementara itu, pilihan hidangan dibagi menjadi beberapa kategori.

7. Susur sungai

Bagi pengunjung yang ingin memacu adrenalin dengan menyusuri sungai, terdapat dua paket river tubing yang disediakan oleh pihak Novia, yakni Fun Ride dan Adventure Ride.

“Fun Ride biasanya anak-anak. Jaraknya 100 meter dan dua kali balik, harganya Rp 55.000 per orang,” ujarnya.

Apabila arus sungai sedang santai, para pemandu river tubing biasanya melatih anak-anak agar mereka berani untuk turun ke sungai.

“Anak kami biarkan pakai pelampung main di sungai. Untuk Fun Ride bisa satu orang peserta saja,” sambung Novia.

Selanjutnya, Adventure Ride harganya adalah Rp 127.000 per orang untuk minimal enam orang peserta. Makin banyak peserta, lanjut dia, maka harga per orang makin murah.

Dalam paket untuk orang dewasa tersebut, pihak Kopi Tubing akan mengajak mereka mengarungi jalur sepanjang 800 meter-1 kilometer.

“Untuk Adventure Ride, pemesanan minimal tiga hari sebelum kedatangan karena kita harus cek jalur dan keamanan. Kalau ada Adventure Ride, tim kita survei dulu jalurnya supaya aman saat mengarungi sungai,” ucap Novia.

Kopi Tubing terletak di Jalan Gunung Menir, Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Tempat wisata tersebut buka setiap Senin-Kamis pukul 09.00-20.00 WIB dan Jumat-Sabtu pukul 08.00-21.00 WIB.

Harga tiket masuk Kopi Tubing adalah Rp 50.000 dalam bentuk voucher yang bisa ditukar dengan makanan atau minuman di sana, atau untuk kegiatan river tubing.

Namun, anak berusia di bawah lima tahun bisa masuk secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi akun Instagram @kopitubing.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/28/183100727/7-aktivitas-seru-di-kopi-tubing-bogor-ada-river-tubing

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke