Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

14 Tips dan Aturan Berkunjung ke Kopi Tubing Bogor

KOMPAS.com – Jika ingin ngopi sambil menikmati pemandangan sawah ala Svargabumi Borobudur atau river tubing di Kopi Tubing Bogor, terdapat sejumlah tips yang dapat dicatat sebelum memulai perjalanan.

“Ada beberapa tempat dengan pemandangan bagus yang kita reservasikan. Reservasi harus sehari sebelum kunjungan, sebelum jam enam sore pada hari reservasi,” kata Marketing Kopi Tubing Novia kepada Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Selain itu, bagi yang tertarik untuk melakukan river tubing, pengunjung wajib melakukan pemesanan tiga hari sebelum waktu kunjungan.

Namun, mengapa demikian? Jika ingin tahu lebih lanjut, simak 14 tips dan aturan berkunjung ke Kopi Tubing yang telah Kompas.com rangkum, Minggu (28/2/2021):

1. Reservasi supaya tidak kehabisan tempat

Meski kunjungan ke Kopi Tubing tidak perlu melakukan reservasi, Novia mengatakan bahwa beberapa tempat yang menawarkan pemandangan bagus dimasukkan dalam sistem reservasi.

“Reservasi untuk (beberapa tempat) di restoran, dan luar ruangan yang ada saung. Tidak ada down payment, hanya biodata seperti nama dan nomor telepon,” ujar dia.

2. Mau river tubing? Jangan lupa reservasi

Salah satu dari dua paket river tubing adalah Adventure Ride bagi orang dewasa. Novia menegaskan, pengunjung wajib melakukan pemesanan minimal tiga hari sebelum kedatangan.

Hal tersebut karena pihaknya harus memeriksa jalur dan keamanan, serta melakukan survei terhadap jalur yang hendak dilalui.

3. Tidak boleh kasih makan hewan

Kopi Tubing memiliki kolam ikan yang mana ikan-ikan tersebut boleh diberi makan oleh pengunjung dengan membayar Rp 10.000 per pakan ikan.

“(Tapi) terkadang ada hewan turun (ke Kopi Tubing). Pengunjung tidak boleh kasih makan mereka,” tutur Novia.


4. Gunakan pakaian yang nyaman

Novia mengatakan bahwa suhu di Kopi Tubing terbilang cukup dingin, terlebih saat musim hujan seperti saat ini.

Bagi pengunjung yang hendak berwisata ke sana, dia menyarankan agar mereka memakai pakaian yang nyaman.

“Pakai baju yang nyaman saja, banyak yang untuk foto pakai baju outfit of the day (OOTD/pakaian kekinian),” ujar dia.

5. Dilarang keluar restoran kalau pesan makanan berat

Kopi Tubing memiliki dua kasir yang masing-masing terletak di dalam restoran dan di area saung semi-outdoor.

Khusus untuk yang berada di dalam restoran, Novia mengatakan bahwa mereka menyediakan makanan berat yang disajikan di piring, misalnya menu Gurame Salad Mangga.

Alhasil, pengunjung diimbau untuk menyantapnya di dalam restoran dan tidak beranjak keluar.

6. Mau jalan-jalan? Tunggu makanan tiba setelah memesannya

Apabila kamu memilih untuk membeli makanan di kasir kedua di luar bangunan restoran, hidangan yang ditawarkan berbeda dan penyajiannya menggunakan kemasan sekali buang.

Novia mengimbau agar pengunjung jangan jalan-jalan untuk berfoto terlebih dahulu setelah melakukan pemesanan.

“Sebelum makanan datang, konsumen jangan beranjak dulu. Biasanya ada peringatan dilarang pindah meja,” kata dia.

Itu karena nomor meja merupakan patokan pelayan yang akan mengantar makanan. Jika beranjak, maka pelayan akan bingung.

7. Jangan lupa bawa pakaian ganti

Apabila ingin melakukan river tubing, pengunjung diimbau membawa pakaian ganti agar kunjungan tetap nyaman.

Adapun, ruang ganti tersedia di dekat finish point jalur river tubing. Usai mengarungi sungai, kamu bisa langsung menuju ke sana karena jarak ke ruang ganti relatif dekat.


8. Antisipasi hujan, bawa payung sendiri

Meskipun Kopi Tubing menyediakan payung untuk dipinjam pelanggan, tidak ada salahnya tetap membawa payung sendiri sebagai antisipasi jika payung yang tersedia sedang kosong.

9. Jangan makan di area sawah

Salah satu spot foto di Kopi Tubing adalah area sawah yang didesain menyerupai tempat wisata Svargabumi Borobudur.

Di sana, salah satu spot foto adalah sepasang kursi dan satu meja kecil yang berada di atas dek bulat. Meski begitu, area tersebut hanya spot foto dan tidak diperkenankan sebagai tempat makan.

“Area sawah hanya untuk foto,” kata Novia.

10. Jangan nekat ke sungai

Kopi Tubing mengizinkan wisatawan ke sungai dengan catatan ada petugas yang berjaga, serta sungai dalam keadaan aman dan arus air tidak terlalu deras.

“Wisatawan bisa ke sungai dengan pengawasan. Kalau sungai lagi tenang, dan ada pengawas dari pihak kita, mereka bisa. Kalau sungai dalam keadaan tidak aman, konsumen tidak boleh ke bawah karena bahaya. Kita tutup,” tegas Novia.

Namun, wisatawan yang turun ke sungai akan dibatasi sekitar 20-30 orang saja agar pengawasan yang dilakukan para petugas lebih mudah dilakukan.


11. Main river tubing ramai-ramai supaya harga murah

Salah satu dari dua paket river tubing yakni Adventure Ride harganya adalah Rp 127.000 per orang untuk minimal enam orang peserta.

Jika ingin mendapatkan harga yang murah, kamu bisa ajak lebih banyak temanmu untuk river tubing.

“Semakin banyak orang, semakin murah. Kalau Fun Ride (paket river tubing untuk anak-anak) bisa satu orang saja,” jelas Novia.

Apabila kamu hendak berkunjung dengan jumlah orang yang cukup banyak, misalnya 20-30 peserta, pihak Novia dapat membuatkan paket wisata khusus.

12. Tidak boleh bawa makanan dari luar

Pihak tempat makan tidak memperkenankan pengunjung membawa makanan dari luar. Jika berkunjung hanya untuk bermain river tubing, kamu bisa membeli makanan di Kopi Tubing.

Untuk pilihan menu, beberapa di antarany adalah Nasi Goreng Seafood, Kwetiaw, Beef Burger, Sausage Korea BBQ, Brownies Ice Cream, Banana Split, Cheese Cake, Caramel Latte, Cube Coffee, Afogato, Red Velvet, dan V60.

Harga menu Kopi Tubing secara keseluruhan berada pada kisaran Rp 6.500-Rp 75.000. Sementara itu, pilihan hidangan dibagi menjadi beberapa kategori.

13. Jangan bawa hewan peliharaan

Kopi Tubing menawarkan suasana ramah hewan peliharaan. Hal tersebut mungkin membuatmu ingin membawa hewan peliharaanmu jalan-jalan ke sana untuk menikmati udara segar.

Akan tetapi, Novia menegaskan bahwa pihaknya melarang seluruh wisatawan untuk membawa hewan peliharaan apa pun ke dalam kawasannya.

14. Patuhi protokol kesehatan

Saat ini, tempat makan tersebut membatasi kunjungan wisatawan sebagai salah satu dari sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan.

“Di dalam, konsumen kapasitasnya masih dibatasi. Makanya banyak yang disuruh putar balik kalau penuh karena kita batasi pengunjung,” kata Novia.

Jika kamu beruntung dan dapat berwisata di Kopi Tubing, kamu wajib mematuhi seluruh protokol kesehatan yang diterapkan seperti wajib menggunakan masker.

Selain itu, kamu juga harus menjaga jarak dengan pengunjung lain, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

Kopi Tubing terletak di Jalan Gunung Menir, Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Tempat wisata tersebut buka setiap Senin-Kamis pukul 09.00-20.00 WIB dan Jumat-Sabtu pukul 08.00-21.00 WIB.

Harga tiket masuk Kopi Tubing adalah Rp 50.000 dalam bentuk voucher yang bisa ditukar dengan makanan atau minuman di sana atau untuk kegiatan river tubing.

Namun, anak berusia di bawah lima tahun bisa masuk secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi akun Instagram @kopitubing.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/28/190700427/14-tips-dan-aturan-berkunjung-ke-kopi-tubing-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke