Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Wisata di Sekitar Camp Coffee & Nature Jogja

KOMPAS.com – Camp Coffee & Nature, salah satu tempat ngopi terbaru di Kota Yogyakarta, baru-baru ini tengah naik daun.

Selain karena jaraknya yang cukup dekat dari Tugu Pal Putih, tempat tersebut juga mengusung konsep ngopi di tengah hutan sambil berkemah.

Bagi sebagian orang, hanya mengunjungi satu tempat saja dalam satu hari saat berada di Yogyakarta mungkin rasanya kurang menyenangkan.

Jika kamu sedang berada di Camp Coffee & Nature, kamu tidak perlu khawatir karena tempat tersebut berada dekat dengan beberapa tempat wisata lain yang bisa dikunjungi.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut tempat wisata di sekitar Camp Coffee & Nature yang telah Kompas.com rangkum, Senin (1/3/2021):

1. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark terletak di Jalan Magelang kilometer 3, Sleman. Jarak tempuh dari Camp Coffee & Nature adalah 3,3 kilometer (km) atau sekitar delapan menit naik mobil.

Selama berada di sana, pengunjung bisa berfoto-foto di sejumlah spot foto, seperti bangunan rumah warna-warni.

Setelah puas berswafoto ria, jangan lupa untuk menaiki beragam atraksi wisata yang ada seperti bianglala, kora-kora, Family Coaster, dan House of Terror.

Saat ini, tempat wisata tersebut mengizinkan pencinta sepeda, skateboard, dan sepatu roda untuk membawa perlengkapannya mengelilingi area tempat wisata dengan harga Rp 25.000 per orang, termasuk tiket masuk, makanan ringan, dan minuman di angkringan tenda.

Sindu Kusuma Edupark buka setiap Selasa-Jumat pukul 12.00-20.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB. Setiap Senin, mereka tutup.


2. Kampung Flory Jogja

Tempat wisata ini letaknya di daerah Pangukan, Tridadi, Kabupaten Sleman. Untuk menuju ke Kampung Flory Jogja, jarak tempuh dari Camp Coffee & Nature adalah 7,8 km atau sekitar 20 menit.

Di sana, wisatawan bisa menikmati sejumlah kegiatan wisata, termasuk foto-foto di area Taman Selfie. Ada juga atraksi wisata Seluncur Air yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Jika kamu membawa anak, mereka bisa memanfaatkan otopet atau gocart untuk menjelajahi Kampung Flory Jogja hanya dengan membayar biaya Rp 10.000.

Apabila lapar, di sana terdapat tempat makan yang menyediakan beragam menu, seperti mangut lele, nila bakar madu, gurame rica-rica, oseng daun pepaya, dan cumi gongso sambal merah.

Harga makanan dan minuman di Kampung Flory Jogja adalah sekitar Rp 2.000-Rp 99.000. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 10.00-17.00 WIB.


3. Malioboro

Kawasan Jalan Malioboro lokasinya hanya berjarak 4,6 km atau sekitar 13 menit dari tempat ngopi tersebut jika menggunakan mobil.

Kawasan ini dapat dikatakan sebagai salah satu ikon Yogyakarta yang selalu ada dalam rencana perjalanan wisatawan.

Selama berjalan-jalan di kawasan sepanjang lebih kurang 1 km tersebut, kamu bisa melihat beragam aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat setempat sambil mengobrol dengan mereka.

Jangan lupa untuk mengunjungi salah satu dari sejumlah kedai kopi yang ada di sana, atau duduk santai di warung-warung lesehan pinggir jalan.

4. Titik Nol Kilometer Jogja

Selain kawasan Jalan Malioboro, tempat ikonik lain yang wajib dikunjungi adalah titik nol kilometer yang jaraknya adalah 5,4 km dari Camp Coffee & Nature atau 1,3 km dari Malioboro.

Titik nol kilometer memiliki beberapa bangunan masa lalu dan suasana jadul yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Salah satu bangunan kuno yang dapat dikunjungi adalah Kantor Pos Besar Yogyakarta atau Kantor Pos Titik Nol. Untuk diketahui, bangunan tersebut sudah ada sejak zaman Hindia Belanda.

Setelah puas berfoto-foto di gedung bergaya arsitektur khas Hindia Belanda, kamu bisa istirahat sejenak di 0 Kilometer Coffee & Tea yang memiliki gaya bangunan Eropa tua.


5. Taman Sari

Taman Sari adalah tempat wisata yang jaraknya hanya 6,1 km atau sekitar 17 menit dari Camp Coffee & Nature. Jika kamu tengah berkunjung ke titik nol kilometer, jarak menuju Taman Sari hanya 1,6 km.

Tempat wisata ini dulunya adalah kebun dan pemandian Istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Bagi pecinta selfie, Taman Sari adalah tempat yang wajib disambangi.

Sebab, hampir di setiap sudut tempat wisata menawarkan spot foto menarik. Misalnya adalah gapura panggung yang dulunya adalah sebuah gerbang khusus untuk keluarga kerajaan.

Namun, salah satu spot foto ikonik di Taman Sari adalah Sumur Gamuling dengan empat anak tangganya yang menuju satu tempat seperti panggung.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/01/170500027/5-tempat-wisata-di-sekitar-camp-coffee-nature-jogja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke