Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Wisata di Jabar dengan Pemandangan Gunung yang Indah

KOMPAS.com – Jawa Barat (Jabar) memiliki deretan gunung indah yang pemandangannya mampu memukau siapa pun yang melihatnya.

Akan tetapi, hanya menikmati pemandangan gunung saja mungkin lama-lama akan membosankan. Terlebih jika tidak ada kegiatan wisata yang dapat dilakukan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Berikut Kompas.com rangkum daftar empat tempat wisata di Jabar yang menawarkan pemandangan gunung, Selasa (2/3/2021):

1. Gunung Ciremai di Gedung Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan

Gedung Perundingan Linggarjati, juga disebut Museum Linggarjati, berlokasi di Jalan Linggasana nomor 74, Kecamatan Cilimus.

Dari sana, pemandangan Gunung Ciremai terlihat dengan jelas lantaran letaknya yang persis di kaki gunung tersebut.

Beberapa orang mungkin mengira bahwa museum adalah tempat yang kurang menarik. Namun, museum ini menawarkan kegiatan wisata asyik selain melihat-lihat koleksi bersejarah di dalamnya.

Salah satunya adalah berfoto-foto di luar gedung. Tidak jauh dari pintu masuk adalah anak tangga yang mengarah ke sebuah pekarangan yang cukup luas. Anak tangga tersebut diapit oleh tanaman-tanaman indah.

Kamu bisa berfoto-foto di sana dengan latar belakang Gunung Ciremai. Ada juga sebuah kolam ikan yang letaknya tidak jauh dari pintu belakang gedung tersebut.

Sedikit berjalan dari kolam tersebut melalui jalan setapak, kamu bisa duduk santai di bawah rimbunnya pepohonan sambil menikmati hembusan angin yang sejuk.

2. Gunung Gede Pangrango di Camp Hulu Cai, Kabupaten Bogor

Jika kamu berada di Jabodetabek dan tidak ingin pergi jauh-jauh, kamu bisa coba mengunjungi Camp Hulu Cai untuk menikmati keindahan Gunung Gede Pangrango.

Adapun, tempat wisata tersebut letaknya di Jalan Veteran III, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi. Di sana, terdapat sejumlah spot foto menarik seperti Taman Layla yang dihiasi tanaman warna-warni.

Usai foto-foto, jangan lupa untuk lakukan kegiatan lain seperti petik stroberi, berenang, mini rafting, main trampoline, naik flying fox, berkuda, atau memanah.

3. Gunung Salak di Rindu Alam Salaka Nagara, Kabupaten Bogor

Rindu Alam Salaka Nagara terletak di kawasan wisata Gunung Salak Endah, tepatnya di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan atau sekitar 100 meter sebelum pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Di sana, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Salak sambil berfoto-foto di sejumlah spot yang tersedia seperti ayunan, kursi gantung, atau sepeda gantung.

Ada juga spot foto unik lainnya seperti gardu pandang berbentuk bintang dan saung warna-warni.

4. Gunung Cikuray di Karacak Valley, Kabupaten Garut

Karacak Valley terletak di Jalan Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kecamatan Garut Kota. Untuk melihat Gunung Cikuray, kamu bisa langsung menuju Puncak Dogar.

Area tersebut letaknya tidak jauh dari area berkemah. Jika berkunjung saat cuaca sedang cerah, pemandangan sebagian Garut juga akan terlihat dari puncak tersebut.

Apabila ingin foto-foto, di sana terdapat pepohonan pinus yang menjulang tinggi yang dibelah oleh jalan setapak. Ada juga dua curug yang bisa dijadikan sebagai spot foto.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/03/090900027/4-wisata-di-jabar-dengan-pemandangan-gunung-yang-indah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke