Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Seharian Berwisata di Kopi Tubing Bogor

KOMPAS.com – Kopi Tubing yang ada di Jalan Gunung Menir, Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor tengah naik daun.

Hal ini karena tempat wisata tersebut memiliki konsep mirip Svargabumi Borobudur. Bedanya, Kopi Tubing juga punya kegiatan pemacu adrenalin seperti river tubing.

Selain Kopi Tubing, tempat wisata di sekitarnya juga menarik untuk dikunjungi terlebih dahulu sebelum bertandang ke sana.

Jika ingin ke sana dalam waktu dekat tetapi tidak punya banyak waktu, berikut itinerary seharian di sekitar Kopi Tubing yang telah Kompas.com rangkum, Kamis (4/3/2021).

Sejumlah tempat di bawah ini telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standard ketika tulisan dibuat. Meski begitu, kamu harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan, dan tidak bepergian jika sakit.

  • Pagi: Curug Cihurang

Satu hal yang tepat untuk dilakukan ketika memulai hari baru agar lebih semangat adalah dengan menikmati sejuknya air dan udara di Curug Cihurang.

Tempat wisata ini berlokasi di Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Salak Halimun (TNGHS).

Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi dan kolam tidak terlalu dalam, keindahan yang ditawarkan tidak kalah dengan air terjun lainnya.

Selama berada di sana, kamu bisa main air, foto-foto di dekat atau di sekitar area air terjun, berenang, juga bersantai di atas ban raksasa yang kamu bawa sambil mendengar gemercik air.

Curug Cihurang buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 25.000 per motor untuk dua orang dan Rp 15.000 satu orang per mobil.

Namun, nominal tersebut adalah biaya untuk memasuki area TNGHS. Sementara untuk memasuki kawasan air terjun, harga tiketnya adalah Rp 10.000 per orang.

  • Pagi jelang siang: Foto-foto sambil lihat pemandangan di Bukit Halimun

Sama seperti Curug Cihurang, Bukit Halimun di Gunung Sari masih masuk dalam kawasan TNGHS. Jarak dari air terjun tersebut adalah 2,1 kilometer (km) atau sekitar 12 menit naik mobil.

Usai menyegarkan diri di Curug Cihurang, kamu bisa langsung berwisata selfie di salah satu spot yang menjadi ikon Bukit Halimun, yaitu jembatan gantung.

Sambil foto-foto, kamu juga bisa melihat pemandangan gunung, pepohonan rindang, dan taman bunga warna-warni yang berada tepat di bawah jembatan.

Ada juga rumah pohon yang juga berfungsi sebagai gardu pandang yang menawarkan pemandangan alam ciamik.

Apabila ingin foto dengan yang hijau-hijau, kamu bisa langsung menuju sebuah jalur yang berada di perbukitan, tepatnya jalur dekat bangunan kecil berwarna kuning.

Harga tiket masuk Bukit Halimun adalah Rp 10.000 per orang. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB.

Siang: Makan siang di Bukit Halimun

Selain menawarkan wisata selfie dan pemandangan, Bukit Halimun juga memiliki warung makan dengan beragam menu yang ditawarkan.

Setelah puas berwisata, kamu bisa istirahat sejenak sambil santap siang. Sembari menunggu perut mencerna makanan, kamu bisa duduk dulu di gazebo sebelum melanjutkan perjalanan.

Siang jelang sore: Susur sungai di Kopi Tubing

Jarak dari Bukit Halimun menuju Kopi Tubing adalah 5,4 km atau sekitar 19 menit menggunakan mobil.

Bagi yang belum familiar dengan rute menuju ke sana, kamu bisa manfaatkan Google Maps atau bertanya kepada warga setempat.

Kopi Tubing menawarkan beragam kegiatan seru, salah satunya adalah berswafoto ria di area sawah yang didesain mirip Svargabumi.

Ada juga spot foto lain, seperti area bean bag, area pinggir sungai, serta bagian dalam restoran yang memiliki spot tanaman rambat.

Jika ingin river tubing dulu, kamu bisa langsung mencobanya. Untuk Fun Ride yang merupakan paket untuk anak-anak, harganya adalah Rp 55.000 per orang dengan jarak tempuh 100 meter.

Bagi orang dewasa, paket Adventure Ride harganya adalah Rp 127.000 per orang untuk minimal enam orang peserta dan jarak tempuh 800 meter-1 km.

Namun, kamu harus melakukan pemesanan minimal tiga hari sebelum waktu kunjungan jika ingin menikmati Adventure Ride.

Setelah susur sungai, kamu bisa langsung menuju bangunan restoran utama jika ingin menikmati makanan berat atau area sawung jika ingin menyantap makanan ringan di area luar ruangan.

Harga tiket masuk Kopi Tubing adalah Rp 50.000 dalam bentuk voucher yang bisa ditukar dengan makanan atau minuman di sana, atau untuk kegiatan river tubing.

Namun, anak berusia di bawah lima tahun bisa masuk secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi akun Instagram @kopitubing.

Jam operasional tempat wisata adalah setiap Senin-Kamis pukul 09.00-20.00 WIB dan Jumat-Minggu pukul 08.00-21.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/04/160400327/itinerary-seharian-berwisata-di-kopi-tubing-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke