Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Seharian Wisata di Jalur Jogja-Dieng via Wonosobo Naik Motor

KOMPAS.com – Bagi sebagian masyarakat, perjalanan dari Yogyakarta menuju Dataran Tinggi Dieng yang cukup jauh mungkin sudah tidak asing lagi.

Kendati demikian, seorang pelancong asal Yogyakarta bernama Bagas Setiawan terkadang melakukan perjalanan wisata tersebut.

“Kalau gue sih road trip naik motor, jadi banyak istirahatnya gitu. Gue mulai dari kos. Perjalanan sih gue lewat Magelang, Temanggung, Parakan, terus Wonosobo,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (3/3/2021).

Apabila kamu tertantang dan ingin coba melakukan perjalanan wisata Jogja-Dieng dengan mengendarai motor, kamu bisa contek itinerary Bagas berikut ini.

Sejumlah tempat di bawah ini telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar. Kamu pun harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan tidak bepergian jika sakit.

Itinerary Jogja-Dieng naik motor via Wonosobo

  • Pagi: Mulai perjalanan dari Kabupaten Sleman

Bagas memulai perjalanan dari Kabupaten Sleman, tepatnya dari Kecamatan Gamping. Jarak tempuh menggunakan motor adalah sekitar 130 kilometer (km) atau sekitar 4 jam naik motor.

Kendati demikian, kamu bisa sesuaikan titik awal untuk memulai perjalanan dengan lokasimu berada. Apabila kamu sedang berada di kecamatan lain atau bahkan di Kabupaten Gunungkidul, kamu bisa mulai dari sana.

“Gue mulai dari kos isi bensin motor penuh. Gue sih biasanya berangkat jam 08.00 WIB, kadang jam 09.00 WIB,” tutur Bagas.


  • Pagi jelang siang: Wisata ke Kebun Raya Gunung Tidar

Perjalanan dari Yogyakarta menuju Magelang adalah 43 km atau sekitar 1 jam. Jika berangkat dari Yogyakarta pukul 09.00 WIB, kamu akan tiba di Magelang  sekitarpukul 10:00 WIB.

Namun, hal tersebut bergantung pada situasi dan kondisi di jalan. Jika terjadi sesuatu, ada kemungkinan kamu akan menghabiskan lebih dari satu jam selama perjalanan karena terhambat.

“Gue istirahatnya di Magelang biasanya. Makan Bakso Pak Man di dekat Gunung Tidar,” ungkap dia.

Kendati demikian, jika ingin berwisata terlebih dahulu, Bagas menyarankan untuk berkunjung ke Gunung Tidar yang lokasinya dekat dengan tempat makan tersebut.

Gunung Tidar terletak di Tejosari, Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang. Di sana, kamu bisa istirahat sejenak di bawah pepohonan rindang.

Meski merupakan tempat wisata religi, namun di sana terdapat area wisata menarik seperti spot foto Gunung Tidar, Taman Semar, dan Taman Kreasi.

Ada juga sebuah jalur kecil di antara pepohonan yang kerap digunakan warga setempat untuk berolahraga.

Gunung Tidar buka setiap hari pukul 07.30-17.30 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 3.000.

  • Siang: Makan siang di Bakso Pak Man

Bakso Pak Man terletak di Jalan Magelang-Yogyakarta nomor 16, Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan.

Jarak Gunung Tidar menuju tempat makan tersebut hanya 650 meter atau sekitar delapan menit berjalan kaki. Tempat makan itu buka setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB.


  • Siang jelang sore: Lanjutkan perjalanan ke Temanggung dan Wonosobo

Setelah perut kenyang, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Temanggung yang jaraknya adalah 25 km atau sekitar 41 menit.

Lalu, lanjutkan perjalanan ke Wonosobo sepanjang 39 km atau sekitar 1 jam. Bagas mengatakan, di sepanjang jalan Temanggung-Wonosobo terdapat banyak tempat istirahat.

“Kalau di perbatasan Temanggung-Wonosobo tuh kawasan dataran tinggi gitu mirip kayak Dieng. Di situ banyak banget spot buat lihat matahari terbit. Banyak perkebunan teh sama tembakau juga,” jelasnya.

  • Sore: Santai di Kaki Bumi dan wisata ke Embung Kledung

Apabila belum terbiasa bepergian jauh naik motor, kamu bisa istirahat sebentar sambil berswafoto ria di sebuah kafe kekinian yang Bagas rekomendasikan yakni Kaki Bumi.

Kafe tersebut lokasinya berada di Rest Area Jalan Raya Parakan-Wonosobo, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Beberapa menu yang disediakan adalah Nasi Ayam Goreng Sambal Matah, Banana Choco Cheese, Chicken Filet, Vietnam Drip, Hazelnut Latte, dan Red Velvet Latte.

Harga berada pada kisaran Rp 20.000-Rp 50.000. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08.30-20.00 WIB. Khusus Jumat, jam operasionalnya pukul 13.00-20.00 WIB.

Setelah santai sejenak, kamu bisa berwisata ke Embung Kledung yang jaraknya hanya 1,2 kilometer dari Kaki Bumi.

Di sana, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang mengapit tempat wisata tersebut.

Berada pada ketinggian sekitar 1.600 meter dari permukaan laut (mdpl), danau buatan tersebut memiliki udara yang sejuk. Sambil lihat pemandangan, jangan lupa untuk foto-foto di spot yang telah disediakan.

Embung Kledung buka setiap hari pukul 05:30-17:30 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 5.000 per orang. Jika ingin berkemah, pengunjung hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang.

Apabila tidak memiliki tenda, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp 40.000-Rp 60.000 tergantung kapasitas tenda.


  • Sore jelang malam: Wisata di Dieng

Setelah bersantai dan berwisata di Kaki Bumi dan Embung Kledung, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Dieng. Jarak dari Embung Kledung adalah 43 kilometer atau sekitar 1,5 jam.

“Kalau dari Wonosobo ke Dieng sih sekitar satu jam, tapi biasanya gue ke Dieng enggak di hari itu juga,” kata Bagas.

Namun jika kamu ingin langsung berwisata di Dieng, kamu bisa mengunjungi Kawah Sikidang. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB.

Harga tiket masuk Kawah Sikidang adalah Rp 20.000 per orang. Dengan nominal tersebut, kamu sudah mendapatkan akses masuk ke Candi Arjuna.

Usai berwisata di Dieng, kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk kembali ke rumah jika belum merasa lelah atau menginap di sekitar Dieng.

Jika ingin menginap, terdapat sejumlah penginapan di sekitar Kawah Sikidang dan Candi Arjuna, seperti Tani Jiwo Hostel di Jalan Dieng nomor 31, Pauan, Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Letak penginapan tersebut hanya 1,1 km dari Candi Arjuna. Harga kamar dimulai dari sekitar Rp 180.000-an per kamar per malam tergantung tipe.

Ada juga Sharon Homestay di Jalan Dwarawati, Krajan, Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara yang letaknya hanya 500 meter dari Candi Arjuna. Harga kamar dimulai dari sekitar Rp 200.000-an per kamar per malam tergantung tipe yang dipilih.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/05/170500427/itinerary-seharian-wisata-di-jalur-jogja-dieng-via-wonosobo-naik-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke