Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunjungan Wisata ke DIY Diharapkan Naik Setelah Pelaku Wisata Divaksinasi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus mendata pelaku wisata untuk mendapatkan vaksin. Jika sudah dilakukan vaksin terhadap pelaku wisata, diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisata ke DIY.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, pihaknya sudah mendata pelaku wisata, mulai dari restoran hingga industri pariwisata untuk divaksin.

Saat ini sudah ada sekitar 31.000 orang yang akan mendapatkan vaksin. Tahap awal sudah ada 4.100 pelaku wisata yang disuntik.

Saat ini juga sudah dimuali vaksinasi untuk pelaku usaha hotel dan restoran, disusul dari destinasi wisata.

"Data (penerima vaksin) memang perlu di-update terus karena ada yang sudah ganti nomor HP," ucap Singgih di sela kunjungannya ke Kelurahan Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Jumat (5/3/2021).

Menurut dia jika nantinya seluruh pelaku usaha wisata divaksinasi, tentunya akan menambah kepercayaan diri masing-masing individu. Untuk wisatawan juga akan merasakan aman, di samping tetap meneggakkan protokol kesehatan.

Target 2021

Untuk kunjungan masa pandemi seperti saat ini, Dinas Pariwista DIY tidak mematok target. Namun demikian, pihaknya terus berupaya meningkatkan lama tinggal wisatawan yang berkunjung di kawasan wisata.

"Untuk tahun 2020 kan drop, dicoba dinaikkan dengan mendorong program wisata," tutur Singgih.

Pihaknya tak mempermasalahkan pemotongan cuti bersama. Hal ini justru bisa mendorong kreatifitas pelaku wisata karena banyak masyarakat yang bisa bekerja dari rumah dan sekolah secara online. Bekerja dan sekolah pun bisa dilakukan di kawasan wisata.

Pemerintah DIY terus mendorong agar desa mandiri salah satunya yang bisa dikembangkan pariwisata. Adapaun sebanyak 10 kalurahan di DIY mendapatkan alokasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK).

Adapun, Kelurahan Bejiharjo mendapat anggaran Rp 1 Miliar selama satu tahun. Pengembangannya tentu tidak hanya budaya, namun juga mendorong peningkatkan pariwisata, usaha mikro, pertanian dan kegiatan pendukung lain.

PJ Lurah Bejiharjo Sakimin menambahkan, program ini akan dilakukan bersama-sama untuk  perkembangan budaya, pariwisata, usaha di masyarakat dan pertanian.

"Sehingga dengan terwujudnya Kelurahan Mandiri Budaya akan memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat dan kelurahan tentu akan lebih mandiri," kata Sakimin

Kelurahan Bejiharjo di kecamatan Karangmojo memiliki banyak tempat wisata, mulai dari Goa Pindul hingga wisata purbakala Situs Sokoliman.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/06/090900127/kunjungan-wisata-ke-diy-diharapkan-naik-setelah-pelaku-wisata-divaksinasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke