Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Wisata Seru Pulau Samosir yang Ada di Tengah Danau Toba

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi, Danau Toba merupakan destinasi primadona bagi wisatawan yang singgah di Sumatera Utara.

Danau ini sudah menjadi ikon Sumatera Utara. Danau Toba juga merupakan salah satu dari 5 situs geopark di Nusantara dan sudah diakui UNESCO.

Di samping keindahannya yang memesona, Danau Toba juga menyimpan daya tarik lain yaitu Pulau Samosir.

Pulau yang terletak tepat di tengah Danau ini memiliki keindahan alam, lengkap dengan kebudayaan Batak yang kental, sehingga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Jika memutuskan untuk singgah di Pulau Samosir, tempat-tempat berikut ini bisa dijadikan destinasi wisata untuk Anda:

1. Desa Wisata Tomok

Tomok merupakan sebuah desa kecil yang terletak di pesisir timur Pulau Samosir. Di desa adat Batak ini, Anda dapat mengenal dan melihat secara langsung rumah adat batak, pemakaman raja-raja kuno Batak, dan tentu saja daya tarik populer di Danau Toba, yaitu patung Sigale-gale.

Desa ini juga menyimpan banyak peninggalan zaman megalitikum dan purbakala yang membuatnya menjadi salah satu situs kebudayaan Batak terkenal di kalangan wisatawan. Jika beruntung, kedatangan Anda bisa disambut dengan tarian tor-tor dari warga Desa Tomok.

2. Museum Batak

Sebelum beranjak dari Desa Tomok, masih ada satu tempat wisata yang wajib dikunjungi, yaitu Museum Batak. Museum ini telah berdiri sejak 2015 dengan bentuk bangunan berupa Rumah Adat Batak Toba yang biasa dikenal sebagai rumah bolon.

Dinding bangunannya memiliki ukiran khas Batak Toba, dan di bagian halamannya terdapat meja dan kursi dari batu, ditambah gazebo yang cukup nyaman.

Museum ini memiliki koleksi peninggalan sejarah Suku Batak yang tentu memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi seperti peralatan perang, alat pertanian, hingga benda-benda rumah tangga seperti alat dapur. Anda juga bisa menyewa baju tradisional Batak Toba untuk berfoto.

3. Desa Lumban Suhi Suhi

Desa Lumban Suhi Suhi merupakan penghasil kain Ulos Batak yang sudah tersohor. Bagi masyarakat Batak, kain ulos dipandang memegang peranan penting dan tidak dapat dilepaskan dari aspek kehidupan bermasyarakat Suku Batak.

Bahkan, kain ulos yang dihasilkan dari Desa Lumban Suhi Suhi ini sudah terkenal kualitasnya hingga mancanegara.

Desa Lumban Suhi Suhi berjarak sekitar 40 menit dari Tomok. Ketika memasuki desa ini, Anda akan disambut dengan deretan “jabu balon” yang merupakan rumah adat suku Batak.

Selain melihat proses pembuatan kain ulos yang masih tradisional, Anda juga bisa membeli kain tenun khas Batak ini sebagai oleh-oleh.

4. Puncak Pusuk Buhit

Pusuk Buhit merupakan puncak di pinggir barat Danau Toba dan berada di ketinggian 1.982 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain pemandangannya yang eksotis, Pusuk Buhit juga menjadi panggung legenda lahirnya Suku Batak dan disakralkan warga sekitar.

Panoramanya yang eksotis dan sarat akan budaya membuat Pusuk Buhit sering dijadikan tujuan wisata. Di perjalanan menuju puncak, Anda akan disuguhkan dengan pesona hamparan bunga matahari di kaki bukit.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/07/101000827/4-wisata-seru-pulau-samosir-yang-ada-di-tengah-danau-toba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke