Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rencana Thailand Terima Turis yang Sudah Divaksin Covid-19

KOMPAS.com – Thailand berencana menerima wisatawan yang telah divaksinasi Covid-19 pada musim panas 2021.

Melansir The Independent, Sabtu (6/3/2021), negara tersebut sudah memikirkan tentang pemangkasan wajib karantina 14 hari bagi wisatawan yang telah divaksin.

Pada Sabtu, Menteri Pariwisata Thailand mengumumkan bahwa Negeri Gajah Putih akan membuka lima daerah untuk wisatawan internasional yakni sebagai berikut:

  • Phuket
  • Surat Thani yang mencakup Ko Samui, Ko Phangan, dan Ko Tao
  • Bangkok
  • Chiang Mai
  • Chonburi

Menurut laporan dalam Bloomberg, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-Ocha telah meminta pemerintahannya untuk memeriksa sertifikat vaksin.

Melalui hal tersebut, Thailand dapat menyambut kembali wisatawan yang telah divaksin paling cepat 1 Juli 2021.

Melansir Bloomberg, Kamis (4/3/2021), suksesnya pembukaan kembali Thailand dapat memacu negara-negara lain yang bergantung pada sektor pariwisata untuk mengikutinya.

Sebagai contoh, Inggris Raya telah menetapkan jadwal untuk melonggarkan pembatasan pada populasi mereka dan melanjutkan perjalanan internasional.

Meski begitu, Chan-Ocha telah mewanti-wanti untuk tidak terburu-buru dalam mengeluarkan paspor vaksin dan ingin berkoordinasi lebih lanjut dengan negara-negara lain.

Gerakan #OpenThailandSafely

Awal pekan ini, para pebisnis hotel terkemuka di seluruh Thailand meluncurkan kampanye untuk membuka kembali perbatasan Thailand bagi pariwisata internasional mulai Juli. Kampanye tersebut didukung oleh lebih dari 15 perusahaan hotel ternama.

Melalui kampanye tersebut, mereka mengajukan petisi kepada pemerintah Thailand untuk mempertimbangkan diizinkannya para pelancong dari negara-negara seperti Inggris dan Amerika untuk masuk ke sana.

Sebab, program vaksinasi Covid-19 sedang berjalan di dua negara tersebut. Pada 1 Juli, sebagian besar pelancong dari pasar pariwisata Thailand akan divaksinasi.

Hal tersebut memungkinkan otoritas medis Thailand untuk memvaksinasi lansia dan pekerja kesehatan garis depan negara tersebut.

Thailand bergabung dengan sejumlah negara yang mempertimbangkan akses bebas karantina kepada pelancong yang telah divaksin musim panas ini, termasuk Yunani dan Spanyol.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/07/114600827/rencana-thailand-terima-turis-yang-sudah-divaksin-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke