Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat Makan di Jogja Ini Punya Pemandangan Indah

KOMPAS.com – Hampir setiap sudut di Yogyakarta menawarkan pemandangan indah yang membuat wisatawan tidak pernah lelah berwisata ke sana. Termasuk pilihan tempat makan yang bisa kita temui di sana.

Ada beberapa pilihan tempat makan di Yogyakarta dengan pemandangan indah yang bisa kita kunjungi sambil mencicipi hidangan khasnya.

Kompas.com merangkum sejumlah tempat makan di Yogyakarta dengan pemandangan indah, Minggu (07/03/2021), yang bisa kamu kunjungi ketika melancong ke Kota Pelajar.

Tempat makan di Yogyakarta dengan pemandangan indah

1. Millenial Coffee & View, Kabupaten Bantul

Tempat makan kekinian ini berlokasi di Duwen Bintang, Jalan Dlingo-Patuk, Kecamatan Piyungan. Tepatnya di kawasan wisata Watu Amben.

Jika mencari tempat makan di Yogyakarta dengan pemandangan indah, Millenial Coffee & View dapat menjadi pilihan.

Selama berada di sana, perbukitan, persawahan, dan gemerlap cahaya perkotaan dapat dinikmati sejauh mata memandang.

Bagi pencinta panorama matahari terbenam, Millenial Coffee & View harus dimasukkan dalam daftar tempat wisata untuk dikunjungi.

Sambil menikmati pemandangan di area makan luar ruangan, jangan lupa memesan beragam menu yang tersedia dengan kisaran harga Rp 4.000-Rp 35.000.

Beberapa yang bisa dipilih adalah Spagetti Bolognese, Kwetiau Millenial, Nasi Goreng Pete, Roti Kornet Keju, Cheese Burger, Leci Yakult, Ice Blue Ocean, Kopi Tubruk, dan Kopi Susu Gula Aren.

Tempat makan ini buka pukul 14.00-22.00 setiap harinya, namun tutup pada hari Senin.

2. Geblek Menoreh View, Kabupaten Kulon Progo

Penyuka angkringan yang mencari tempat makan di Yogyakarta dengan pemandangan indah bisa berkunjung ke Geblek Menoreh View di Pamonosutan, Kembang, Pronosutan.

Namun, yang membedakan tempat ini adalah angkringan kekinian tersebut menawarkan pemandangan sawah dan perbukitan yang indah.

Menu di sana harganya berkisar Rp 1.000-Rp 8.000. Dengan nominal tersebut, kita juga bisa memilih beragam pilihan makanan dan minuman. Misalnya, beragam sate, geblek, bakwan, tempe mendoan, dan pisang goreng.

Setelah perut kenyang, jangan lupa gowes di tengah sawah. Apabila tidak membawa sepeda, kamu bisa menyewanya ke warga sekitar dengan harga Rp 15.000 plus air mineral.

Sambil gowes di jalur halus tengah sawah, kamu juga bisaa foto-foto dengan latar belakang perbukitan atau foto di sebuah papan jalan bertuliskan “Geblek Menoreh View”. Tempat ini buka setiap hari pukul 07.00-19.00 WIB.


3. Warung Sundul, Kabupaten Bantul

Warung Sundul terletak di Duwen Bintang, Jalan Dlingo-Patuk, Kecamatan Piyungan. Mereka buka setiap hari pukul 13.00-01.00 WIB.

Jika mencari tempat makan di Yogyakarta dengan pemandangan indah dan tidak biasa, kamu bisa berkunjung ke tempat makan ini.

Sebab, mereka memiliki beberapa atraksi wisata pemacu adrenalin seperti jembatan kaca, ayunan gantung, parasut, dan tempat duduk gantung.

Bagi mereka yang takut akan ketinggian tetap bisa menyaksikan pemandangan dari area makan sehingga tidak perlu menaiki atraksi wisata pemacu adrenalin tersebut.

Sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa menyantap hidangan seperti Ayam Kampung Geprek, Nila Bakar, Lele Goreng, Soto Sapi, Pisang Bakar Coklat, Roti Bakar, Wedang Sundul, Kelapa Muda+Susu, Wedang Jahe Geprek, Es Susu, dan aneka jus buah.

4. Suwatu by Mil&Bay, Kabupaten Sleman

Megahnya Candi Prambanan dan Gunung Merapi selalu membuat wisatawan takjub. Terlebih jika dua tempat wisata tersebut berada dalam satu garis lurus.

Untuk menikmati pemandangannya, kamu bisa berkunjung ke Suwatu by Mil&Bay—sebuah tempat makan Instagramable yang menyajikan kuliner lokal.

Tempat makan ini buka pukul 11.00-20.00 WIB setiap harinya, namun tutup pada hari Senin.

Pemandangan yang terlihat ketika menikmati santapan di sana mencakup Candi Sojiwan, Candi Sewu, Gunung Lawu, Gunung Sumbing, dan Bukit Menoreh selain Candi Prambanan dan Gunung Merapi.

Mengutip situs resminya, tempat makan di Yogyakarta dengan pemandangan indah ini punya dua pilihan paket makanan seharga Rp 150.000 dan Rp 250.000, sementara untuk anak Rp 75.000 dan Rp 125.000. Kedua paket menyajikan pilihan menu berbeda untuk makanan pembuka, sup, makanan berat, serta minuman atau makanan penutup.

Beberapa menu yang bisa disantap seperti Mangut ;Lele, Pecel Sumberwatu, Soto Ayam kampung Suwatu, pusing, buah musiman, dan lainnya. 

Di luar paket tersebut, kita juga bisa memilih menu minuman lain, seperti kopi, teh, dan camilan pendamping.


5. Coffee Angkasa, Kabupaten Kulon Progo

Coffee Angkasa berlokasi di salah satu spot selfie di tempat wisata Bukit Wisata Pulepayung yaitu Spot Angkasa.

Tempat nongkrong tersebut buka setiap hari kecuali Kamis mulai pukul 12.00-17.00 WIB. Di sana, terdapat beragam kopi Nusantara dan makanan khas Kulon Progo dengan harga terjangkau.

Sambil menyantap berbagai hidangan lezat, kamu bisa melihat pemandangan hutan-hutan lebat, perbukitan yang dipenuhi pepohonan rindang, dan Waduk Sermo.

6. De Mangol, Kabupaten Gunungkidul

Tempat makan di Yogyakarta dengan pemandangan indah ini terletak di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro km 1,4, Sumber Tetes, Kecamatan Patuk dan buka setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB.

Pemandangan Gunung Merapi dapat dilihat dengan mudah dari sana. Jika berkunjung pada malam hari, kamu bisa menikmati gemerlap cahaya Kota Yogyakarta.

Pada 2022, tempat makan ini menyediakan menu spesial Se'i Sapi dan Tempe Mendoan, serta beberapa minuman seperti Wedang Bajigur dan Green Sticky Rice.

Tersedia pula varian minuman seperti kopi, teh herbal, milkshake, teh organik, dan lainnya.

De Mangol menawarkan beragam menu, seperti menu Asian, Western, dan Tradisional. Harga minuman mulai dari belasan ribu rupia sementara makanan mulai dari Rp 20.000-an.

Beberapa menu yang bisa dipesan adalah Mozzarella Bitterbalen, Sop Iga, Sop Buntut, Dory Kecak, Melting Merapi, Rainbow of De Mangol, Date Milk, Kopi Jos, dan Wedang Secang.


7. South Shore, Kabupaten Gunungkidul

Jika mencari tempat makan di Yogyakarta dengan pemandangan indah dari deretan pantai di Gunungkidul, South Shore di Jalan Pantai Selatan Jawa, Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus adalah pilihan tepat.

Memiliki nuansa bak sebuah kafe di Santorini, Yunani, wisatawan dibuat merasa seakan-akan sedang berada di negara tersebut.

Selama berada di South Shore, hampir setiap sudutnya bisa dimanfaatkan wisatawan untuk melihat pemandangan. Jika ingin berenang, ada juga infinity pool.

Menu yang disajikan di South Shore cukup beragam dengan harga mulai dari Rp 35.000-Rp 75.000. Untuk waktu kunjungan, terdapat dua sesi yakni Lunch Session pukul 12.00-15.00 WIB dan Sunset Session pukul 16.00-19.00 WIB.

8. HeHa Ocean View, Kabupaten Gunungkidul

Jika ingin menikmati pemandangan pantai dan tebing sambil ditemani dengan hembusan angin sepoy-sepoy, kamu bisa berkunjung ke HeHa Ocean View.

Sembari memanjakan mata, jangan lupa untuk kenyangkan perut dengan mencicipi sejumlah makanan dan minuman yang tersedia.

Beberapa pilihan yang tersedia di antaranya bakso, bento, camilan khas angkringan, wedang ronde, dan jagung bakar.

Kisaran harga untuk minuman mulai dari Rp 5.000. Sementara makanan Rp 15.000–Rp 20.000 dan angkringan ada yang berkisar Rp 5.000–Rp 7.000.

HeHa Ocean View buka pukul 09.00-21.00 WIB pada Senin hingga Jumat, dan 08.00-21.00 pada Sabtu dan Minggu.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/07/160400827/8-tempat-makan-di-jogja-ini-punya-pemandangan-indah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke