Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Seharian Wisata Selfie di Jogja, Ada HeHa Ocean View

KOMPAS.com – Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Sebab, Yogyakarta menawarkan beragam pilihan kegiatan wisata, termasuk selfie. Tempat wisatanya pun beragam, sehingga ada banyak pilihan.

“Biasanya saat ini (wisatawan) mencari spot foto. Sekarang bisa dikatakan yang hits itu berburu sunset, lebih ke daerah Gunungkidul,” kata guide Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko bernama Yulianto kepada Kompas.com, Minggu (7/3/2021).

Kendati demikian, daerah perkotaan pun masih digemari wisatawan yang gemar berswafoto ria karena di sana terdapat kawasan Jalan Malioboro.

Jika ingin wisata selfie di Jogja, Yulianto mengatakan bahwa saat ini seluruh tempat wisata di Yogyakarta telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar jika ingin tetap buka.

“Syarat utama untuk dibuka lagi adalah protokol kesehatan. Sebelum buka, ada pihak yang memastikan protokol kesehatan sudah sesuai standar. Ada sidak dari pihak terkait,” jelasnya.

Kendati demikian, wisatawan tetap wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan tidak bepergian jika sakit.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut itinerary wisata selfie di Jogja:

Transportasi di Yogyakarta

Jika ingin berwisata di Yogyakarta, Yulianto mengatakan bahwa pilihan transportasi dapat disesuaikan dengan jumlah orang yang hendak bepergian.

Untuk 1-2 orang bisa naik motor agar tujuan lebih cepat terjangkau dan kamu bisa menghindari kemacetan. Sementara untuk lebih dari empat orang bisa menggunakan mobil.

“Penyewaan mobil kisaran Rp 300.000-an,” katanya.

Namun, harga akan disesuaikan apakah lepas kunci atau tidak, jarak tempat wisata yang hendak dikunjungi saling berdekatan atau tidak, serta apakah peminjaman mobil memakan waktu yang cukup lama, misalnya lebih dari satu hari.

Untuk penyewaan motor, salah satu rental motor yang lokasinya dekat dengan Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu adalah WS Rental Jogja dengan harga mulai dari Rp 70.000 per 24 jam.

Ada juga JOGJIG Rental Motor di depan Stasiun Lempuyangan dengan harga sewa mulai dari Rp 60.000. Kedua usaha rental motor tersebut sudah dilengkapi peminjaman helm dan jas hujan.


Tempat sarapan di Yogyakarta

Gudeg adalah salah satu kuliner legendaris dan kerap dicari wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Jika ingin menyantap gudeg sebagai menu sarapan, kamu bisa berkunjung ke Pasar Kranggan yang letaknya tidak jauh dari Tugu Pal Putih.

“Di sini ada cenil, jenang, gudeg, dan lopis. Jajanan tradisional di situ ada,” tutur Yulianto.

Untuk harganya sendiri, kamu tidak perlu khawatir karena makanan berat atau makanan ringan di Pasar Kranggan memiliki harga terjangkau.

Pilihan tempat wisata selfie di Yogyakarta

  • Tugu Pal Putih

Yulianto mengatakan bahwa Tugu Pal Putih yang merupakan ikon Yogyakarta masih banyak dikunjungi wisatawan penyuka selfie. Jarak dari Pasar Kranggan hanya 170 meter.

Jika ingin berfoto-foto di sekitarnya, saat ini kamu tidak perlu khawatir akan pemandangan kabel yang kurang sedap dipandang.

Sebab, tugu tersebut saat ini bebas dari kabel-kabel yang melintang karena pada Desember 2020 Pemkot Yogyakarta melakukan penanaman kabel di bawah tanah.

  • Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Selain Tugu Pal Putih, Titik Nol Kilometer Yogyakarta juga masih sering dikunjungi wisatawan untuk berfoto. Sebab, terdapat beberapa bangunan bergaya jadul yang indah untuk difoto.

Jarak dari Tugu Pal Putih hanya 3,8 km via Jalan Letjen Suprapto. Jika ingin menyelipkan kegiatan wisata sejarah, kamu bisa jalan kaki dan berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg.

Selain bangunannya yang dapat dijadikan sebagai obyek foto, beberapa koleksi menarik seperti regalia, foto, miniatur, replika, dan lukisan bisa dilihat di dalam.

Museum tersebut buka setiap Selasa-Jumat pukul 08.30-14.00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 3.000 per orang dewasa, Rp 2.000 per anak, dan Rp 10.000 per wisatawan mancanegara.


  • HeHa Sky View

Setelah puas foto-foto di Tugu Pal Putih dan titik nol kilometer, lanjutkan perjalanan ke HeHa Sky View yang jaraknya hanya 18,2 km via Jalan Wonosari.

Di sana, beragam spot selfie telah disediakan oleh pihak tempat wisata seperti Sky Bridge, Sky Plane, Sky Glass, Wall Climbing, dan Sky Love.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Dlingo-Patuk nomor 2, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Jam operasionalnya adalah Senin-Jumat pukul 11.00-21.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-21.00 WIB.

Harga tiket masuk HeHa Sky View adalah Rp 10.000-Rp 20.000 per orang. Namun, harga belum termasuk akses ke spot-spot foto yang berada pada kisaran Rp 10.000-Rp 30.000 per orang.

  • HeHa Ocean View

Setelah menikmati pemandangan Yogyakarta dari ketinggian, kini saatnya kamu menikmati indahnya laut selatan dari HeHa Ocean View yang jaraknya adalah 47,2 km.

Berlokasi di tepi tebing, tentunya kamu dapat merasakan segarnya hembusan angin sembari berswafoto ria di beberapa spot seperti Rainbow, Pink Horizon, Hexagram, dan Terracurve.

Sambil foto-foto, kamu juga bisa makan siang di sini. Beberapa pilihan yang tersedia di antaranya bakso, camilan khas angkringan, wedang ronde, dan jagung bakar.

Harga minuman berada pada kisaran mulai dari Rp 5.000. Sementara makanan Rp 15.000-Rp 20.000, dan angkringan ada yang Rp 5.000-Rp 7.000.

HeHa Ocean View terletak di Bolang, Kelurahan Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Tempat wisata tersebut buka setiap Sabtu-Kamis pukul 10.00-20.00 WIB dan Jumat pukul 13.00-20.00 WIB. Harga tiket masuknya saat ini adalah Rp 10.000 per orang.


  • Teras Kaca

Masih di area yang sama, kamu bisa berkunjung ke Teras Kaca yang jaraknya dekat dari HeHa Ocean VIew.

Di sana, kamu bisa berfoto-foto di spot jembatan kaca yang menghadap ke lepas pantai, atau foto sambil naik becak dengan latar belakang laut biru.

Ada juga spot foto jaring dan lambung kapal berlantai kaca yang tidak kalah menariknya. Setiap spot foto jaraknya saling berdekatan sehingga kamu bisa lebih muda berganti spot untuk selfie.

Jika masih belum kenyang setelah kulineran di tempat wisata sebelumnya, Teras Kaca menawarkan beragam pilihan menu seperti bakso, sosis bakar, ayam geprek, ayam rica-rica, dan ayam kremes dengan harga Rp 15.000-Rp 20.000.

Ada juga paket Ikan Bakar seharga Rp 35.000 mencakup ikan, tumis kangkung, gorengan, trancam, sambal, dan teh.

Teras Kaca buka setiap Senin-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang.

Namun, harga belum termasuk biaya untuk foto-foto di sejumlah spot yang tersedia yang berada pada kisaran Rp 10.000-Rp 50.000 per orang.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/07/190129427/itinerary-seharian-wisata-selfie-di-jogja-ada-heha-ocean-view

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke