Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bali Jadi Destinasi Paling Diminati di Indonesia Awal Tahun 2021

Berdasarkan survei internal dari Traveloka terhadap pengguna yang datanya diterima Kompas.com, 35 persen responden menyatakan tertarik untuk berlibur di awal tahun 2021.

1. Bali

Bali menjadi destinasi paling diminati masyarakat di Indonesia tahun 2021 ini. Bali mendominasi rata-rata pencarian sebesar 52 persen. Jauh mengungguli destinasi wisata di Indonesia lainnya.

Pencarian destinasi Bali paling populer di aplikasi Traveloka cukup beragam. Mulai dari pilihan akomodasi seperti hotel, vila, resor, hingga homestay di area Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Canggu, Ungasan, dan Ubud.

Kemudian diikuti dengan pilihan penerbangan, aktivitas rekreasi, dan kuliner. Bali juga dipilih sebagai destinasi workation karena banyak pilihan akomodasi untuk bekerja dari hotel dan vila, juga beberapa coworking space di area Canggu.

2. Daerah Istimewa Yogyakarta

Posisi kedua ditempati provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan persentase pencarian mencapai 37 persen. Padahal di akhir tahun 2020, DIY berada di peringkat keempat dengan rata-rata persentase pencarian 7 persen saja.

Yogyakarta memiliki daya tarik beraneka ragam, seperti wisata kuliner, budaya, sejarah, hingga alam yang menawarkan pemandangan eksotis. Kota ini juga merupakan “rumah” para seniman Tanah Air.


 

3. DKI Jakarta

Posisi selanjutnya ditempati Jakarta dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 30 persen. Jakarta yang dikenal sebagai salah satu kota terpadat memang memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya sebagai salah satu ibu kota paling menarik di Asia Tenggara.

Tak hanya untuk staycation dan berwisata, Jakarta sebagai pusat dari aktivitas bisnis dan perekonomian di Indonesia menjadikannya destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan bisnis dari dalam maupun luar negeri.

Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, mulai dari menikmati sensasi cita rasa internasional di restoran berkelas hingga jajanan lezat dan hemat.

Untuk memudahkan pengguna saat menjelajahi Jakarta, Travelola menghadirkan Traveloka Eats Delivery bagi kamu yang ingin mengeksplorasi kekayaan kuliner di Jakarta. Makanan akan langsung diantar ke rumah tanpa biaya pengiriman.

4. Lampung

Selain tiga destinasi tadi, ada lima destinasi lain yang masuk ke dalam daftar destinasi travel Indonesia paling dicari menurut Traveloka. Lampung pun menempati posisi empat.

Perjalanan darat dari Pulau Jawa menghadirkan pesona alam memukau yang juga jadi daya tarik tersendiri.

5. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat memang telah lama jadi destinasi favorit. Provinsi ini memiliki kota/kabupaten populer yang kerap jadi weekend getaway masyarakat Jakarta dan sekitarnya, seperti Bandung, Lembang, Sukabumi, dan Puncak-Bogor.

Kamu bisa berburu kuliner-kuliner lezat, staycation santai, bertualang di alam, hingga berburu foto Instagramable di destinasi wisata kekinian.


 

6. Jawa Timur

Jawa Timur punya rata-rata persentase pencarian sebesar 3 persen karena punya daya tarik wisata alam di sekitar Malang dan Banyuwangi. Ada pula suguhan budaya yang menarik, serta pengalaman wisata ke tengah kota metropolitan di Surabaya.

Keunikan lainnya adalah provinsi ini punya julukan “Ter-“ terbanyak. Pasalnya, Jawa Timur punya gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni Mahameru.

Juga Kabupaten terbesar di Pulau Jawa yakni Banyuwangi, jembatan terpanjang di Indonesia yakni Suramadu, dan pantai terindah di Pulau Jawa, yakni Pantai Banyutibo di Pacitan.

7. Jawa Tengah

Jawa Tengah menempati posisi ketujuh destinasi traveling di Indonesia paling dicari dengan persentase pencarian 2 persen.

Ada pula banyak titik pendakian untuk kamu pencinta aktivitas mendaki. Ada Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet.

8. Sulawesi Selatan

Setara dengan Jawa Tengah, Provinsi Sulawesi Selatan juga punya jumlah persentase pencarian sebanyak 2 persen. Sulawesi Selatan punya banyak ikon wisata, di antaranya adalah Pantai Losari.

Selain pantai-pantai yang indah di sepanjang Tanjung Bira, Sulawesi Selatan juga menawarkan berbagai keindahan alam lainnya dan juga kekayaan budaya.

Keotentikan budaya masyarakat dari Sulawesi Selatan tentunya bisa kamu rasakan lewat wisata kuliner khas Bugis yang jadi daya tarik tersendiri dari destinasi traveling Indonesia paling dicari satu ini.


Tren wisata saat pandemi

Di masa pandemi Covid-19, tentu saja terdapat perubahan tren wisata. Termasuk juga minat dan perilaku masyarakat dalam berwisata.

Kini, masyarakat tak hanya menerapkan protokol kesehatan berstandar tinggi, tapi juga memiliki minat lebih tinggi untuk melakukan wisata alam. Mereka juga menginginkan fleksibilitas pemesanan dalam perencanaan perjalanannya.

Selain wisata alam yang paling diminati, #SmartStaycation, wisata budaya, rekreasi, dan kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri.

Hal ini sesuai dengan riset Traveloka, yakni sebanyak 72 persen responden menyatakan ingin mengunjungi destinasi wisata alam di luar kota tempat tinggal.

Sementara responden lainnya menyatakan ingin mengunjungi objek wisata, kuliner, serta seni dan budaya yang berada di sekitar kota tempat tinggal atau kampung yang akan dikunjunginnya.

Akhir pekan maupun perayaan hari besar juga menjadi salah satu favorit para pengguna. Di mana #SmartStaycation serta pencarian hotel, vila, dan apartemen di luar kota juga meningkat 15 persen dibanding akhir tahun 2020.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/11/123624927/bali-jadi-destinasi-paling-diminati-di-indonesia-awal-tahun-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke