Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asyik, Kecamatan Bogor Selatan Akan Kembangkan Desa Wisata

KOMPAS.com – Desa-desa di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, akan dikembangkan menjadi desa wisata.

Menurut keterangan pers dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kamis (10/3/2021), pengembangan tersebut akan dilakukan melalui kolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Kami melihat desa-desa wisata ini juga menjadi program unggulan kita. Memang ada juga program besar seperti KEK (Kawasan Ekonomi Khusus). Tapi, yang banyak menghidupi masyarakat sekitar adalah kegiatan-kegiatan yang ada di akar rumput,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Adapun pernyataan tersebut dia sampaikan saat berkunjung ke Amphitheater Rancamaya di Desa Wisata Rancamaya, Rabu (10/3/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga juga menyampaikan bahwa kegiatan UMKM di desa wisata tersebut dinilai mampu menggerakkan roda perekonomian dan semangat masyarakat di masa pandemi.

Selain kegiatan UMKM, Desa Wisata Rancamaya juga dikenal dengan wisata perkebunan buah dan muatan keseniannya. Sandiaga menilai, hal tersebut berpeluang untuk dikembangkan.

“Jadi kita perlu mengangkat peluang ini ke platform digital juga. Jadi nanti dengan Pak Wali Kota juga, kami akan berkolaborasi melaksanakan program untuk mengembangkan desa wisata. Jadi kita harap banyak yang onboarding secara teknologi,” ujar Sandiaga.

Pengembangan desa wisata di Bogor Selatan

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan bahwa Bogor Selatan memiliki potensi lain di luar sektor pertanian dan kesenian. Keindahan alam di sana juga sangat layak dijelajah.

Ironisnya, imbuh dia, kecamatan tersebut merupakan salah satu kecamatan di Kota Bogor dengan angka kemiskinan cukup tinggi.

“Oleh karena itu, dalam beberapa tahun terakhir, kita berupaya mengembangkan konsep desa wisata dan urban farming,” jelas dia.

Bima melanjutkan, pihaknya ingin mengembangkan potensi Bogor Selatan melalui konsep agro industri—desa wisata dengan mengembangkan potensi seni, budaya, dan tradisi.

“Bahkan dulu, kabarnya di Bogor Selatan ini adalah pusat pemerintahan Kerajaan Pakuan Pajajaran di daerah Cipaku. Jadi unsur budayanya sangat kental sekali,” ucap dia.

Salah satu desa wisata yang tengah naik tahun di Bogor Selatan adalah Agro Eduwisata Organik Mulyaharja atau juga dikenal dengan Kampung Tematik Mulyaharja.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Minggu (14/2/2021), desa tersebut telah mendapat kucuran dana dari Pemkot Bogor sehingga kini makin berkembang.

Dalam kunjungan ke Desa Wisata Rancamaya, Sandiaga didampingi oleh Direktur Pengembangan Destinasi Regional I Kemenparekraf Oni Yulfian serta Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf Indra Ni Tua.

Ada juga Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, serta pengelola Amphitheater Rancamaya Al Hilal Hamdi.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/11/170500027/asyik-kecamatan-bogor-selatan-akan-kembangkan-desa-wisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke