Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Negara di Uni Eropa yang Siap Terima Turis dengan Paspor Vaksin

KOMPAS.com – Beberapa anggota Uni Eropa (UE) siap untuk mengakui paspor vaksin digital dan menerapkan persyaratan lebih ringan bagi pelancong yang telah vaksinasi Covid-19.

Melansir Forbes, Minggu (7/3/2021), hal tersebut merupakan upaya untuk menyelamatkan pariwisata musim panas. Adapun, industri pariwisata menyediakan 27 juta pekerjaan di seluruh Eropa dan menghasilkan sekitar 10 persen dari produk domesti bruto (PDB) UE.

Hal tersebut membuat negara-negara di sana ingin mendorong kembalinya wisatawan musim panas dengan “digital green pass” atau paspor vaksin sebagai skema untuk memfasilitasi perjalanan ke UE.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan, dia mendukung proyek sertifikat vaksinasi umum. Sementra itu, WHO tengah mengerjakan sertifikat vaksin internasional.

Baik dalam bentuk digital maupun kertas, paspor vaksin atau bukti vaksinasi akan dikeluarkan oleh negara asal dan memungkinkan pelancong untuk berkeliling Eropa dan datang ke sana dari luar negeri.

Dengan paspor atau bukti vaksin tersebut, para pelancong tidak perlu melakukan tes Covid-19 tambahan atau memasuki karantina.

Nantinya, dokumen tersebut akan menyertakan nama, tanggal lahir, identifikasi sistem kesehatan, jenis dan tanggal dari tes dan vaksin tertentu, tanggal pemberian dua dosis vaksin, termasuk periode imunisasi sesuai dengan instruksi untuk masing-masing vaksin.


Pengakuan paspor vaksin

Banyak negara Eropa sudah berkomitmen untuk mengakui paspor vaksin yang tidak hanya dikeluarkan di sana, tetapi juga oleh negara lain di tingkat internasional.

Pada bagian atas daftar negara yang telah berkomitmen untuk menyambut wisatawan dengan sertifikat vaksin adalah Islandia. Di sana, paspor vaksin tersedia untuk warganya yang telah divaksin.

Negara tersebut bersiap untuk mengakui paspor vaksin dimulai dari paspor yang dikeluarkan oleh 26 negara Eropa lainnya dalam wilayah Schengen.

Sementara itu, Yunani dan Portugal, khususnya Kepulauan Madeira dan Azores di Portugal, serta Georgia, Swedia, Denmark, Spanyol, Italia, Polandia, dan Ceko sedang bergerak ke arah yang sama.

Mereka mulai mengimplementasikan langkah kesehatan yang lebih ringan bagi pelancong yang telah divaksin dengan menerbitkan paspor vaksin bagi warganya yang divaksinasi.

Tidak hanya itu, mereka juga mengakui paspor vaksin yang dikeluarkan oleh negara-negara UE dan non-UE.

15 negara Uni Eropa yang siap terima wisatawan dengan paspor vaksin

European Best Destinations (EBD)—bagian dari European Destinations of Excellence (EDEN Network) milik UE, bekerja sama dengan kementerian pariwisata UE dalam penyusunan 15 destinasi terbaik bagi wisatawan yang telah divaksin.

EBD memiliki informasi tentang cara mendapatkan paspor vaksin, serta cara bepergian di Eropa tanpa paspor vaksin.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar 15 negara di Uni Eropa yang siap menerima wisatawan dengan paspor vaksin:

1. Tbilisi, Georgia

Tbilisi berhasil tetap menjadi salah satu tujuan yang paling tidak terpengaruh oleh Covid-19. Ibu Kota Georgia tersebut adalah nomor satu di antara tujuan paling trendi di Eropa untuk musim panas.

“Tbilisi adalah (destinasi) yang tradisional dan modern, berpikiran terbuka, kosmopolitan, multietnis, serta benar-benar unik dan otentik,” kata EBD.

Georgia terbuka tanpa karantina atau pengujian tambahan bagi pelancong yang telah divaksin Covid-19 dari semua negara.

2. Kepulauan Madeira, Portugal

Destinasi wisata ini tetap berada di zona hijau selama pandemi karena langkah kesehatannya yang efektif.

Menggabungkan keselamatan dan rekreasi, Kepulauan Madeira adalah pilihan yang ideal bagi wisatawan yang mencari aktivitas luar ruangan, alam, relaksasi, dan kesehatan.

Bagi para digital nomad, destinasi ini direkomendasikan karena terdapat desa digital nomad pertama di dunia bernama Ponta do Sol.

3. Kefalonia, Yunani

Kefalonia adalah salah satu pulau paling indah di Yunani. Negara tersebut lebih sedikit terpengaruh oleh Covid-19 dibanding lainnya.

Kefalonia siap untuk liburan musim panas tahun ini karena restoran, kafe, serta beragam akomodasi seperti vila, apartemen turis, dan pantai-pantai telah dibuka dengan protokol kesehatan.

Saat ke sana, jangan lupa mengunjungi Melissani Lake yang merupakan salah satu di antara keajaiban alam terbaik Yunani. Ada juga Pantai Xi yang memiliki pasir oranye.

4. Azores, Portugal

Kepulauan yang dibentuk dari sembilan pulau ini adalah salah satu destinasi wisata paling aman di Eropa karena 100 persen alam. Bagi wisatawan yang peka dengan pariwisata berkelanjutan, Azores adalah pilihan yang tepat.

Wisatawan harus memiliki bukti vaksinasi agar diizinkan masuk ke sana tanpa tes Covid-19 tambahan atau karantina.

Jika tidak, pihak berwenang mengizinkan wisatawan berkunjung tanpa karantina dengan menunjukkan sertifikat tes negatif yang diambil kurang dari 72 jam sebelum perjalanan.

5. Rethymno, Yunani

Rethymno memiliki mercusuar yang indah, pelabuhan yang dipenuhi perahu nelayan, sebuah benteng, jalur pendakian dengan berjalan kaki atau naik sepeda, serta pantai-pantai yang indah.

Beberapa pantai yang terkenal adalah Agia Galini, Plakias, Bali, dan Adelianos Kampos. Tidak lupa Pantai Preveli Heart Rock yang memiliki batu berbentuk hati yang Instagramable.


6. Islandia

Islandia adalah negara Eropa pertama yang memberlakukan pemberian sertifikat vaksin kepada warganya setelah menerima dua dosis.

Selain itu, negara tersebut juga mengakui sertifikat vaksin yang dikeluarkan negara-negara Eropa lainnya.

Saat berkunjung ke sana, wisatawan akan dimanjakan oleh udara Islandia yang segar, serta alamnya yang indah dengan pantai-pantai berpasir hitam, laguna, geyser, dan air terjunnya.

7. Cavtat, Kroasia

Cavtat adalah salah satu destinasi paling aman di Eropa karena rendahnya jumlah kasus Covid-19, serta kedekatan dengan bandara dan rumah sakit.

Namun, anggapan tersebut sebagian besar didasarkan pada langkah kesehatan yang diambil pihak berwenang untuk berbagai akomodasi.

Pantai-pantai di sana adalah salah satu pilihan kesukaan para selebriti untuk mengisi energi kembali, makan di restoran yang bagus, bertemu dengan warga setempat, serta jalan-jalan dan mandi di perairan wilayah Konavle.

8. Seville, Spanyol

Setelah pembatasan yang ketat membuahkan hasil positif untuk menahan Covid-19, Menteri Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata Spanyol Maria Reyes Maroto menuturkan, pihaknya berencana untuk memasukkan paspor vaksin ke koridor perjalanan yang aman.

Spanyol berharap menjadi salah satu negara pertama yang menerapkan paspor vaksin untuk meningkatkan industri pariwisata yang lesu.

Seville memiliki jumlah penularan Covid-19 yang lebih rendah dibandingkan bagian lain di negara tersebut. Hal ini membuatnya aman untuk dikunjungi.

Di sana, wisatawan dapat menikmati pantai-pantai Spanyol, serta melakukan perjalanan darat untuk menemui kastel yang indah di Spanyol dan tujuan lain di wilayah tersebut.

9. Athena, Yunani

Yunani telah mencapai kesepakatan untuk menyambut wisatawan dari Israel jika mereka memiliki paspor vaksin.

Sementara itu, Siprus mengumumkan, mereka akan menyambut kembali wisatawan mulai 1 Mei 2021 selama mereka memiliki dua dosis vaksin apa pun yang disetujui European Medicines Agency (EMA).

Athena adalah salah satu destinasi liburan yang aman di Eropa. Kota tersebut mengombinasikan keamanan dan rekreasi dengan sejarah, toko, monumen, restoran, kafe, dan pantai di dekatnya.

10. Rubjerg Knude, Denmark

Denmark dan Swedia adalah pelopor dalam paspor vaksin Covid-19. Saat ini, paspor tersebut telah digunakan untuk mengakses acara seperti konser dan pameran, memesan meja di restoran, serta untuk perjalanan oleh warganya.

Kini, dua negara tersebut telah berkomitmen untuk mengakui paspor vaksin yang dikeluarkan oleh negara lain.

Menurut WHO, paspor ini akan kompatibel dengan sertifikat internasional dan paspor vaksin yang dikeluarkan oleh negara-negara Eropa.

Denmark berharap, sistem sertifikat vaksin akan diperkenalkan pada akhhir bulan atau akan beroperasi penuh sekitar Juni.

Sebab, paspor vaksin ditujukan untuk mempercepat pembukaan kembali perjalanan udara dan membantu kebangkitan ekonomi di sana.

Saat berada di Denmark, pengunjung akan disuguhi bentang alam yang luas seperti Hjorring. Ada juga Rubjerk Knude Lighthouse, salah satu situs ikonik Denmark yang bisa dikunjungi.


11. Pulau Rhodes, Yunani

Yunani telah menekan UE untuk bergerak lebih cepat pada paspor vaksin. Sebab, Athena berupaya untuk memperbaiki industri liburan yang terpukul pandemi.

Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi di Yunani adalah Pulau Rhodes--kota abad pertengahan yang paling terpelihara di Eropa.

Di sana terdapat Ancient Acropolis of Lindos, Rhodes Old Town yang bersejarah, Palace of the Grand Master, dan pantai Agios Pavlos.

12. Copenhagen, Denmark

Pada Februari 2021, Denmark memutuskan untuk menyiapkan paspor vaksin yang memungkinkan warganya yang telah divaksin untuk melanjutkan kehidupan normal dengan aman.

Negara tersebut juga siap untuk mengakui paspor vaksin yang dikeluarkan pada level internasional dan Eropa.

“Setelah divaksin di negara asal dan memiliki bukti vaksin, kamu bisa menikmati kafe, restoran, konser, tanpa tes tambahan,” jelas EBD.

Wisatawan juga bisa naik sepeda di Copenhagen. Bagi mereka yang romantis, mereka bisa berkunjung ke Little Mermaid sementara pecinta bir berkunjung ke Carlsberg Brewery.

Sementara itu, wisatawan keluarga dapat berkunjung ke salah satu taman hiburan terbaik di Eropa yakni Tivoli Park.

13. Kepulauan Canaria, Spanyol

Kepulauan Canaria terbuka untuk wisatawan yang telah divaksin Covid-19. Setiap pulau di sana memiliki identitas sendiri.

Di sana terdapat tujuh pulau utama yang siap dikunjungi yakni Tenerife yang terbesar dan terpadat, Lanzarote dengan gunung berapi yang masih aktif, dan Fuerteventura yang terpanas dan paling datar dengan pantainya.

Ada juga La Palma yang paling hijau, Gran Canaria yang cocok untuk liburan keluarga atau wisatawan yang gemar trekking, serta El Hierro, La graciosa, dan La Gomera.

14. Pulau Kos, Yunani

Kos adalah salah satu pulau terindah di Yunani, dan cocok untuk dikunjungi oleh mereka yang ingin liburan sambil menikmati laut, matahari, dan pantai.

Wisatawan bisa selancar angin di Pantai Mastichari, mandi di perairan hangat Pantai Thermes atau di perairan jernih Pantai Paradise, atau jalan-jalan di Pantai Tigaki.

15. Stockholm, Swedia

Swedia adalah salah satu negara pertama yang mendukung paspor vaksin untuk bepergian dan kehidupan sehari-hari.

“Stockholm adalah tujuan yang harus dilihat di Swedia. Kota kosmopolitan, penuh warna, inovatif, dan berkilau ini adalah salah satu bu kota terindah di Eropa,” kata EBD.

Tempat ini cocok untuk dikunjungi jika ingin belanja, lakukan kegiatan gastronomi, atau bagi mereka yang menyukai seni dan acara budaya karena di sana ada instalasi seni di sekitar kota.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/11/180600927/15-negara-di-uni-eropa-yang-siap-terima-turis-dengan-paspor-vaksin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke