Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tips Wisata ke OJ Organic Farm agar Makin Menyenangkan

KOMPAS.com – Sebelum memutuskan berangkat ke OJ Organic Farm yang ada di Cimande, Bogor, Jawa Barat, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips berikut.

Pemilik OJ Organic Farm bernama Rika menyarankan beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar pengalaman kunjunganmu makin menyenangkan:

1. Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Karena kamu akan berkunjung ke alam terbuka dengan lahan yang cukup luas, ada baiknya gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat.

Khususnya anak-anak, biasanya akan senang bermain di alam. Berlarian di lahan terbuka, bermain bola atau layangan, dan bermain dengan ayam-ayam di kandang.

2. Pakai sepatu boots atau sandal gunung

Selanjutnya, Rika juga menyarankan pengunjung untuk memakai sepatu boots atau sandal gunung yang cocok dipakai di medan outdoor.

“Pakai boots untuk anak-anak atau pakai sepatu yang enggak licin,” kata Rika ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

3. Bawa baju ganti

Anak-anak mungkin akan sangat berkeringat atau bahkan kotor terkena tanah saat memanen buah atau sayuran. Ada baiknya jika bawa baju ganti yang bersih agar perjalanan pulang tetap nyaman.

“Di kita juga sudah ada kamar mandi dan airnya segar banget. Pengunjung ada yang mandi di sana dan mereka suka banget,” sambung Rika.

4. Pakai topi dan kacamata hitam

Untuk mengantisipasi cuaca yang sering panas terik, ada baiknya jika membawa atau memakai topi dan kacamata hitam.

Bagi mereka yang berkulit sensitif atau mudah terbakar matahari, Rika juga menyarankan untuk menggunakan sunblock.

5. Bawa lotion anti-nyamuk

Karena berada di tengah perkebunan, seringkali akan terdapat nyamuk berkeliaran. Agar tak digigit nyamuk, tentu saja kamu bisa bawa lotion anti-nyamuk.

6. Bawa obat-obatan pribadi

Rika juga menyarankan untuk pengunjung agar membawa obat-obatan pribadi. Berjaga-jaga jika timbul alergi atau anak-anak merasa sakit saat sedang berada di sana.

Dengan menunggu hujan reda dengan payung atau jas hujan, kamu akan berkesempatan untuk melihat momen indah turunnya kabut dari gunung terus ke perkebunan.

“Suka turun kabut. Kalau yang suka mah suka, tapi kalau yang enggak suka ya jadi bete gitu. Tapi kalau mau menunggu kabut turun kan suasananya juga beda,” tutur Rika.

8. Bawa minuman dan camilan ekstra

Paket piknik privat memang sudah menyediakan makan siang. Namun, untuk anak-anak dan orangtua yang cepat lapar dan haus, tak ada salahnya membawa stok camilan dan air minum.

9. Reservasi H-7

Rika menyarankan agar pengunjung melakukan reservasi minimal H-7 kedatangan. Pasalnya, seringkali terjadi perubahan cuaca.

Jika cuaca dianggap tidak bagus untuk melakukan piknik, maka pihak OJ Organic Farm akan memberikan rekomendasi untuk pengunjung melakukan reschedule di lain hari.

“Jadi kita selalu bilang ke pengunjung bahwa ini di gunung ya. Kalau kondisinya lagi seperti ini, kita enggak rekomendasi. Kita akan reschedule,” tutur Rika.

10. Siapkan hasil negatif tes Covid-19

Terakhir adalah mempersiapkan hasil negatif Covid-19. Rika memang mewajibkan seluruh pengunjung untuk menyerahkan bukti hasil negatif Covid-19. Metode tesnya bisa apa saja.

“Karena kita mengandalkan kalau mereka sudah tahu mereka itu tanpa covid, ya mereka baru boleh datang. Pokoknya harus ada bukti itu,” tegasnya.

Selain menyerahkan hasil bukti tersebut, pengunjung juga tetap harus menjaga protokol kesehatan sesuai standard yang berlaku.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/16/150300827/10-tips-wisata-ke-oj-organic-farm-agar-makin-menyenangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke