Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips Berkunjung ke Sukasantai Farmstay di Sukabumi

KOMPAS.com – Sebelum liburan di Sukasantai Farmstay yang ada di Desa Sukamaju, Sukabumi, Jawa Barat, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu simak agar momen liburanmu makin nyaman dan berkesan.

"Kami membuat tempat ini untuk orang-orang yang mencari tempat untuk mencari santai dan berdiam sejenak dan menikmati suasana pertanian dan alam," kata pemilik Sukasantai Farmstay saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

1. Bawa baju hangat tebal

“Mungkin bawa baju hangat, seperti sweater, kaus kaki. Karena daerah kita (suhu) malamnya bisa sampai 16 derajat celsius. Jadi kita tidak pakai AC, sudah alami dinginnya,” kata dia.

Meski dingin, di sana tak ada pemanas, sehingga kamu harus membawa baju hangat yang agak tebal agar tetap nyaman. Selain jaket tebal, sebaiknya gunakan pakaian dengan lengan panjang dan tentu saja celana panjang.

2. Pakai alas kaki yang nyaman

Selanjutnya, kamu juga sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman. Pasalnya, kamu akan beraktivitas di area perkebunan.

Misalnya, sepatu boots atau sepatu dan sandal yang cocok dan tidak akan licin jika digunakan di medan outdoor. Sandal gunung juga pas dipakai agar tetap nyaman dan aman saat berjalan di medan tanah.

3. Bawa obat-obatan pribadi

Udara dingin dan alam terbuka mungkin membuatmu alergi. Sebaiknya bawa obat untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba timbul alergi atau anak-anak sakit saat sedang berada di sana.

4. Pakai topi dan kacamata hitam

Mengantisipasi cuaca panas terik di siang hari, ada baiknya jika kamu memakai topi dan kacamata hitam agar tetap nyaman saat berjalan di perkebunan.

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif atau mudah terbakar matahari, bisa juga menggunakan sunblock.

5. Jangan takut kotor

Untuk anak-anak, ajak mereka beraktivitas di kebun, di antaranya menyemai benih, memanen hasil kebun seperti sayur dan buah, dan bermain bersama hewan ternak untuk sensasi liburan yang jauh berbeda dari kehidupan di kota.

Ajak mereka untuk tidak takut kotor terkena tanah. Karena di sana juga ada hewan ternak, kamu bisa mengajak mereka mencoba memerah susu sapi dan memancing ikan di kolam.

6. Informasikan pilihan makanan

Sistem makan di Sukasantai Farmstay sedikit unik. Mereka tak menawarkan menu yang bisa dipilih tamu. Konsepnya sering disebut omakase, yakni gaya makan ala Jepang. Dalam konsep ini, chef akan menentukan sajian hari itu untuk para tamu.

Tamu pun akan menikmati makanan spesial pilihan chef yang diolah dengan hasil panen segar dari kebun pada hari itu.

“Tapi kalau ada yang bilang dia vegan atau vegetarian, tidak bisa makan udang atau daging, itu kita pasti masih bisa adjust,” tutur dia.

Hal serupa juga berlaku untuk kamu yang mungkin memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu. Informasikan lebih dulu pada pihak Sukasantai agar momen liburan tetap nyaman dan aman.

"Biasanya ada tur, kalau mau petik (hasil panen) silakan bareng. Nanti kita bawa ke dapur dan kita masakin buat tamu. Itu enggak ada ekstra charge," imbuh pemilik.

7. Bisa dijemput pakai shuttle

Sukasantai Farmstay juga menawarkan fasilitas shuttle untuk menjemput para tamu dari titik yang sudah disepakati. Bisa dari Jakarta, Bandung, atau Sukabumi.

Harganya bervariasi, mulai dari Rp 950.000–Rp 1,85 juta juta, tergantung titik penjemputan dan barang bawaan. Harga sudah termasuk sewa mobil, bensin, supir, biaya tol, dan parkir.

8. Reservasi 2-3 bulan sebelum

Terakhir, adalah melakukan reservasi berbulan-bulan sebelum kedatangan agar tak kecewa. Khususnya jika kamu ingin menginap di sana di akhir pekan yang biasanya jadi waktu paling diminati.

Selain itu, alasan perlunya pemesanan berbulan-bulan sebelumnya adalah karena adanya pembatasan jumlah tamu.

Dirinya hanya membuka kapasitas tamu di Sukasantai kurang dari 50 persen kapasitas maksimal selama pandemi ini. Maka tentu saja tempatnya akan jauh lebih terbatas.

“Tipsnya kalau mau weekend tanggal tertentu, pesan dua sampai tiga bulan sebelum. Kalau buat weekday satu sampai dua bulan sebelum karena pembatasan jumlah tamu supaya enggak kecewa,” sambung dia.

Informasi lebih lanjut dan reservasi kamu bisa mengunjungi situs resmi Sukasantai Farmstay di sukasantai.com atau menghubungi nomor kontak mereka di +6282249984849.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/21/162811127/8-tips-berkunjung-ke-sukasantai-farmstay-di-sukabumi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke