Salin Artikel

5 Aktivitas Wisata di Tongkonan Lempe, Negeri Atas Awan Toraja Utara

KOMPAS.com- Pemandangan alam di Toraja selalu punya magnet untuk menggaet wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Tongkonan Lempe, Negeri di Awan, Lolai di Toraja Utara ini bisa jadi tujuan wisata untuk yang sedang dan ingin berkunjung ke Toraja.

Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas di sini dengan beberapa aktivitas liburan seperti yang Kompas.com rangkum ini:

1. Menikmati Alam

Berada di Tongkonan Lempe membuat kamu terkejut akan indahnya ciptaan Tuhan lewat pemandangan gunung, pepohonan yang dilapisi awan putih tebal, dan terbitnya matahari dari ufuk timur.

Banyaknya pepohonan dan berada di ketinggian kurang lebih 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat suhu udara sangat dingin dan sejuk. Pastinya, tempat ini menjadi tempat melepas penat dari padatnya kehidupan perkotaan.

2. Menikmati Kopi Toraja

Udara yang sejuk dan suhu yang dingin paling pas dipadukan dengan segelas kopi panas Toraja. Aktivitas ini adalah salah satu cara terbaik menikmati pemandangan dari Lempe.

“Sambil menunggu matahari terbit, bisa menikmati kopi Toraja yang cocok untuk tempat seperti ini,” kata salah satu pengelola Tongkonan Lempe Abun Pasanggang, kepada Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Beberapa warung makan dan restoran di sini juga menyediakan kopi Toraja dengan harga Rp 5.000 per gelas. Ada pula makanan berat, sehingga tidak perlu takut lapar.

3. Staycation

Selain menikmati alam Toraja, kamu juga dapat menghabiskan waktu untuk staycation bersama teman dan keluarga. Harga resor yang tersedia di Tongkonan Lempe beragam, tergantung fasilitas dan daya tampung.

Untuk resor kayu per malamnya Rp 250.000 dan Rp 350.000. Lokasinya di sebelah kiri,  bawah tempat pembelian tiket masuk.

"Untuk resor permanen Rp 500.000 dan Rp 1 juta lokasinya di atas, begitu buka jendela langsung view awan," ujar Abun.

4. Camping

Jika bujet  terbatas, camping bisa jadi pilihan tepat. Jika ingin camping, kamu bisa membawa tenda sendiri dan mendirikan di lokasi yang sudah disediakan secara gratis. Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 di luar biaya parkir.

"Kami memang punya tempat khusus untuk pemasangan tenda biar lebih rapi dan tidak ada biaya lagi kalau mau pasang, gratis,” tutur Abun.

Jika tak punya tenda, kamu bisa menyewanya di masyarakat setempat dengan harga Rp 80.000-Rp 150.000, tergantung ukuran tenda.

5. Foto

Tentunya tidak lengkap jika liburan tidak mengabadikannya dalam foto. Jika kamu hobi fotografi, lokasi ini jadi pilihan tempat untuk hunting foto-foto apik pemandangan Toraja dari ketinggian. Selain alamnya, matahari terbit jadi target yang pas.

Abun menyarankan untuk datang pukul 04.00 WIT untuk menghindari kemacetan saat musim libur agar bisa dapat pemandangan matahari terbit.

Selain itu, tersedia juga beberapa spot foto yang bisa digunakan pengunjung untuk selfie bersama dengan teman, pasangan, atau keluarga. Mulai dari spot berbetuk hati sampai perahu.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/22/070700827/5-aktivitas-wisata-di-tongkonan-lempe-negeri-atas-awan-toraja-utara

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.