Salin Artikel

5 Tips Saat Berwisata di Tongkonan Lempe

KOMPAS.com - Ketika mengunjungi suatu tempat wisata, pelajari lebih dahulu seputar tempat yang akan didatangi agar kunjungan makin maksimal.

Hal itu juga wajib dilakukan sebelum datang berlibur ke Tongkonan Lempe di Lolai, Toraja Utara. Berikut ini 5 tips berwisata ke sana.

1. Perhatikan cuaca dan waktu kunjung

Cuaca dan waktu kunjung adalah hal wajib yang perlu kamu perhatikan sebelum datang berkunjung ke Tongkonan Lempe.

"Kalau datang dan belum ada matahari bisa sambil minum kopi Toraja. Tempat seperti ini cocok sekali," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Pastikan pula berkunjung ke sini, malam atau subuh saat anda pergi tidak hujan, sehingga anda tidak kecewa. Sebab jika hujan datang, awan akan digantikan dengan kabut.

2. pastikan kondisi kendaraan prima

Walaupun jalan di wisata sudah diaspal dan dicor, pengunjung tetap harus berhati-hati saat jalan menanjak. Saat hujan, jalan akan lebih licin.

Untuk itu, kamu perlu memperhatikan kondisi kendaraan sebelum naik, seperti rem, lampu kendaraan, dan bahan bakar. Jika merasa kendaraanmu aman, kamu bisa langsung menuju tempat ini. Jangan lupa pakai helm dan bawa surat kendaraan yang diperlukan.

3. Siapkan uang tunai

Uang tunai menjadi faktor penting untuk selalu dibawa saat bepergian. Ketika hendak ke sini, pastikan kamu membawa uang tunai yang pas atau lebih karena di tempat wisata ini kamu tidak dapat mengakses mesin ATM.

Kamu perlu menyiapkan uang masuk Rp 15.000 dan jika ingin memarkirkan kendaraan bisa menyiapkan uang Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

4. Pakai baju Hangat

Berkunjung ke tempat yang dingin atau di atas gunung, tentunya pakaian sangat penting untuk kamu persiapkan demi kenyamanan berlibur.

Pakai pakaian hangat, seperti jaket, celana jeans, dan kupluk. Jika ingin berfoto, kamu bisa bawa baju ganti dan menggunakannya saat udara mulai hangat.

5. Patuhi protokol kesehatan

Di masa pandemi seperti ini jika ingin pergi berlibur, kamu tetap harus mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak.

“Kami tetap penuhi protokol kesetan yah, pengunjung harus pakai masker. Kami juga sediakan beberapa tempat cuci tangan di sudut-sudah tempat yang terlihat,” kata Abun.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/22/080800227/5-tips-saat-berwisata-di-tongkonan-lempe

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.