Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Keliling Borobudur Pakai Jeep, Kunjungi Tempat Wisata dan UMKM Desa

KOMPAS.com – Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tak hanya punya Candi Borobudur saja. Ada banyak sekali tempat wisata di sana yang bisa dijelajah, termasuk desa-desa wisata unik.

Salah satu aktivitas di Borobudur yang menawarkan sensasi wisata yang berbeda adalah berkeliling naik mobil jeep wisata.

Aktivitas wisata tersebut ditawarkan oleh komunitas mobil jeep dan motor trail yang tersebar di desa-desa Kecamatan Borobudur, seperti Desa Karangrejo, Ngargogondo, Giripurno, dan Ngadiharjo. Mereka mengusung nama “Explore Borobudur”.

“Dari anak-anak trail itu istilahnya ingin mengembangkan wisata, gimana caranya yang bisa maju. Akhirnya dari komunitas trail dan jeep dijadikan satu untuk membuat wisata ini,” kata pengelola aktivitas wisata Explore Borobudur bernama Putra kepada Kompas.com, Senin (22/3/2021).

Selain menawarkan aktivitas wisata dengan jeep, komunitas tersebut juga memang menawarkan aktivitas wisata dengan motor trail.

“Kita ingin membuat sensasi yang beda daripada tur (dengan mobil) VW (yang ada di Kecamatan Borobudur juga). Akhirnya kita sepakat dari komunitas itu buat trek di sungai,” sambung dia.

Komunitas tersebut mulai menawarkan paket wisata dengan jeep ini sejak awal tahun 2020, sebelum pandemi Covid-19 melanda. Kini, ada sekitar 15 unit jeep yang siap beroperasi setiap harinya.

Paket wisata jeep Borobudur

Paket wisata jeep di Explore Borobudur menawarkan beberapa paket perjalanan berbeda. Ada paket short, medium, long, super long, dan one day.

Kelima paket ini menawarkan beberapa destinasi dan aktivitas wisata. Di antaranya mengunjungi tempat-tempat wisata di Kecamatan Borobudur, seperti Gereja Ayam, Punthuk Gupakan, Punthuk Setumbu, Taman Kelinci, dan Puncak Suroloyo.

Wisatawan juga akan dibawa ke tempat produksi UMKM masyarakat sekitar Kecamatan Borobudur, misalnya, mengunjungi lokasi pemerahan susu kambing etawa, serta edukasi produksi gula jawa, madu, batik, dan gerabah.

Salah satu perbedaan paket wisata dengan mobil jeep dan mobil VW yang juga ditawarkan di sekitar Kecamatan Borobudur adalah rute yang dilalui.

“Bedanya di susur sungai sama kita sampai di atas bukit gitu. Jadi bukit yang agak naik atau turunnya curam, nanti kita ke situ. ini kami juga mau membuat edukasi untuk perbedaan (wisata) VW dengan jeep juga,” jelas Putra.

Pertama ada paket Short Trip. Paket ini mencakup perjalanan selama 2,5 jam dengan harga Rp 350.000. Rutenya menjelajahi Sungai Sileng dan ada wisata edukasi ke beberapa tempat.

“Biasanya tamu cari yang paling murah di paket short. Itu paket short muternya sama kayak (paket wisata) VW, tapi nanti kita akan naik ke bukit yang VW enggak bisa naik ke sana,” terang Putra.

Lalu ada paket Medium Trip yang mencakup perjalanan selama 3,5 jam. Harganya Rp 450.000, mencakup rute menjelajahi Sungai Sileng dan beberap destinasi wisata dan produksi UMKM masyarakat.

Putra seringkali menyarankan wisatawan untuk minimal mengambil paket Medium Trip ini. Salah satunya agar bisa memilih paket wisata sunrise dan sunset.

“Habis itu nanti kayak di bawah bukit ada semacam brand image kita. Itu foto di mobil tapi background Candi Borobudur gitu,” imbuhnya.

Kemudian paket Long Trip dengan durasi perjalanan 4,5 jam dan harga Rp 550.000. Rutenya mencakup menjelajahi Sungai Sileng, serta mengunjungi destinasi wisata dan UMKM yang lebih beragam.

Selanjutnya adalah paket Super Long Trip dengan durasi perjalanan enam jam dan harganya Rp 750.000. Rutenya mencakup menjelajahi Sungai Sileng, serta menjelajahi Lereng Sumbing, Kulonprogro, dan Lereng Merbabu.

Terakhir adalah paket One Day Trip dengan durasi perjalanan 8,5 jam dengan harga Rp 900.000. Rute ini mencakup area yang sangat luas. Di antaranya explore kawasan Borobudur, Menoreh, Lereng Sumbing, dan Lereng Merbabu.

Beberapa rute yang panjang memang bisa mengajak wisatawan untuk menjelajahi destinasi wisata yang ada di luar Kecamatan Borobudur.

Harga tersebut di atas berlaku untuk satu unit jeep, maksimal tiga orang penumpang. Sudah termasuk fasilitas helm untuk keamanan, tarif parkir di destinasi, dan protokol kesehatan di dalam mobil jeep.

Untuk paket selain One Day Trip, harga belum termasuk biaya masuk destinasi yang akan dikunjungi. Sementara paket One Day Trip sudah mencakup biaya masuk ke destinasi, minum air kelapa muda, dan makan siang.

Protokol kesehatan Jeep Borobudur

Terkait protokol kesehatan, Putra memastikan bahwa pihaknya telah menerapkan sesuai dengan standar yang berlaku. Ia juga mengungkapkan pihaknya telah menerima pelatihan terkait protokol kesehatan CHSE sebelumnya.

“Kita sarankan maksimal tiga penumpang. Kita kan membatasi penumpang, karena corona ada protokol kesehatan. Maksimal tiga penumpang. Tapi kalau kemarin sebelum corona itu bisa maksimal empat orang,” tutur Putra.

Selain itu, pengelola juga menyediakan hand sanitizer di dalam mobil untuk para penumpang. Mereka pun wajib memakai masker selama berada di dalam mobil.

Mereka juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan setiap selesai pemakaian dan melaksanakan pemeriksaan suhu terhadap para penumpang.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Putra di nomor +6285729056060 atau Irsyad di nomor +6285156545652.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/23/060600927/wisata-keliling-borobudur-pakai-jeep-kunjungi-tempat-wisata-dan-umkm-desa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke