Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam ke Bandung Raya Bareng Keluarga

Alasannya karena jarak yang tak terlalu jauh, serta kawasan ini pun punya banyak sekali pilihan tempat wisata. Mulai dari wisata alam, wisata air, wisata buatan, hingga wisata kuliner legendaris.

Seorang pelancong asal Bekasi bernama Ahmad Agung Setiawan seringkali melakukan aktivitas wisata di sekitar Bandung Raya bersama keluarganya.

“Kadang bosan aja sama anak-anak. Jadi ya cari yang enggak terlalu jauh, ke Bandung aja. Biasanya kita sih sehari di sekitar Lembang, sehari di sekitar kota, sehari lagi di sekitar Bandung Selatan,” kata Ahmad ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/3/2021).

Ahmad pun membagikan pengalamannya saat berjalan-jalan ke sekitar Bandung Raya bersama keluarganya. Itinerary kali ini tepat dilakukan saat sedang long weekend agar lebih santai.

Tempat-tempat dalam daftar ini telah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standar yang berlaku.

Namun kamu harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama liburan.

Transportasi

Ahmad menyarankan untuk memulai perjalanan sejak pagi hari. Dengan berangkat pagi dari rumah, kamu bisa menghindari kemacetan serta sampai ke tempat tujuan lebih cepat. Ahmad menyarankan berangkat sejak sebelum pukul 07.00 WIB.

Perjalanan seperti ini paling enak menggunakan kendaraan pribadi karena rutenya yang cukup berputar-putar. Namun jika kamu ingin mencoba naik kendaraan umum dari rumah, maka kamu bisa menyewa mobil setibanya di Bandung.

Kamu bisa coba naik kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir dan berhenti di Stasiun Bandung. Harga tiketnya mulai dari Rp 120.000 saja ditambah dengan tes GeNose di stasiun seharga Rp 30.000.

Harga penyewaan mobil bervariasi, mulai dari Rp 500.000 sehari belum termasuk supir untuk tipe city car. Berikut itinerary, klik halaman selanjutnya.


Hari Pertama: Kabupaten Bandung Barat

Jika memutuskan naik kendaraan pribadi, kamu bisa melalui Jalan Tol Cikampek dan Cipularang. Lalu keluar gerbang tol Pasteur. Dari gerbang tol kamu bisa memacu kendaraan ke arah Lembang melalui Jalan Ciumbuleuit.

Sarapan di Dago Bakery

Jika tak sempat mengisi perut sebelum berangkat, kamu bisa sarapan di Dago Bakery Punclut. Tempat ini menyajikan aneka roti dan juga makanan ringan hingga berat lainnya. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari Gerbang Tol Pasteur.

Tempat ini punya gaya yang estetik dan unik, dengan nuansa khas Eropa melalui bentuk bangunannya yang menyerupai kastil.

Dago Bakery Punclut terletak di Jalan Pagermaneuh Nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini buka Senin–Jumat pukul 09.30–20.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08.00–21.00 WIB.

Selanjutnya adalah bermain ke Kota Mini Lembang. Jaraknya hanya sekitar lima kilometer saja dari Dago Bakery Punclut.

Tempat ini cocok untuk tempat bermain anak-anak. Kota Mini Lembang mengusung tema ala Eropa zaman dahulu dengan berbagai miniatur gedung.

Anak-anak bisa menikmati wahana outbound, serta bermain sambil belajar dengan praktik beragam profesi.

Kota Mini buka Senin – Jumat pukul 09.00 – 16.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 25.000 per orang. Lokasinya ada di Jalan Grand Hotel Nomor 33 Lembang.

Lembang Park & Zoo

Lelah bermain, kamu bisa ajak anak-anak ke Lembang Park & Zoo. Kamu bisa menemukan beragam satwa yang berjumlah sekitar 350 ekor. Mulai dari unggas, mamalia, primata, hingga reptil.

Di sana juga terdapat kafe kekinian yakni Neko Cat Café di mana kamu bisa bermain bersama kucing-kucing lucu, serta Quaqqa Green Café dengan nuansa tumbuhan hijaunya. Kamu bisa bersantai sekaligus mengisi perut.

Tempat ini terletak di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171 dan buka Senin – Jumat 09.00 – 17.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Harga tiketnya yakni Rp 40.000 untuk Senin – Jumat. Sementara untuk akhir pekan dan tanggal merah, hari besar, serta cuti bersama Rp 50.000. Harga tiket tersebut hanya tiket masuk saja.

Kamu harus membayar lagi untuk beberapa wahana. Seperti Big Bird Aviary Rp 20.000, Rabbit House Rp 15.000, Rabbit Garden Rp 10.000, Neko Cat Café Rp 20.000, Pony Ride Rp 25.000.

Nobar di Tenda Dibawah Bintang

Sore ke malam, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Tenda Dibawah Bintang. Tempat ini terletak di Sky Garden, The Green Forest Resort, Jalan Sersan Bajuri, Cihideung, Parongpong dan buka Selasa – Minggu pukul 16.00 – 21.00 WIB.

Tempat ini merupakan sebuah bioskop outdoor di mana para pengunjung bisa menonton film menggunakan tenda yang Instagramable.

Sebelum datang, kamu bisa melakukan reservasi lebih dulu melalui akun Instagram @tendadibawahbintang. Di sana juga terdapat jadwal film-film yang akan ditayangkan setiap harinya.

Dengan harga Rp 98.000 per orang, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas berupa selimut, bantal, hand sanitizer, disinfektan, snack, dan juga minuman. Untuk anak di bawah 12 tahun, bisa masuk dengan gratis.

Menginap di Imah Seniman

Untuk penginapan di hari pertama ini, kamu bisa memiliki Imah Seniman yang terletak di Jalan Kolonel Masturi Nomor 8, Cikahuripan, Lembang. Tarif menginap per malamnya mulai dari Rp500.000.

Penginapan ini berkonsep alam dengan suasana sekitarnya yang masih asri, lengkap dengan air terjun mini yang indah.

Di sana juga terdapat berbagai macam spot menarik seperti danau mini, rumah gubuk, hingga terowongan bambu penuh lampu.

Hari Kedua: Kabupaten Bandung

Driam Riverside

Dari Lembang, kamu bisa berangkat pagi sekali agar tak terlalu siang sampai di Bandung Selatan. Kamu bisa langsung menuju ke resor tempatmu menginap untuk sekadar beristirahat dan menyimpan barang bawaan.

Tempat menginap kali ini adalah Driam Riverside yang juga menawarkan aneka aktivitas wisata di tempat yang tenang, privat, dan nyaman.

Di sana terdapat Riverside Park, Riverside Hotel, dan Riverside Culinary. Kamu bisa sarapan dahulu di sana, sambil melihat pemandangan alam yang indah.

Anak-anak juga bisa bermain di sana. Mulai dari befoto-foto, berenang, wisata kuliner, bermain pasir pantai, tubing dan rafting di sungai, paintball, outbound, dan lain-lain.

Ada pula aneka wahana unik seperti Driam Swing, Tarzan Swing, Hover Tent, Ular Tangga, Taman Perahu, Sand Pool, Bamboo Bridge, dan lain-lain.

Bermalam di Driam Riverside, tarif per malamnya mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 1,6 juta. Driam Riverside terletak di Jalan Soreang – Ciwidey, KM 25, Cukangganteng, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Ranca Upas

Ranca Upas mungkin terkenal sebagai kawasan bumi perkemahan. Namun tempat ini juga menawarkan aneka aktivitas wisata. Seperti bermain outbound, berfoto bersama keluarga, bersantai sambil piknik.

Beberapa yang paling favorit adalah bermain bersama rusa, berkuda, hingga panahan. Pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Ranca Upas terletak di Jalan Raya Ciwidey – Patengan Nomor 946.

Bukit Jamur Rancabolang

Bukit Jamur Rancabolang adalah wisata alam berupa perkebunan teh yang dilengkapi dengan pepohonan cemara pendek berbentuk jamur yang telah ada sejak zaman Belanda.

Kamu bisa sekadar bersantai di sana, piknik bersama anak-anak dengan latar pepohonan berbentuk jamur, perkebunan teh yang sejuk, serta berjalan-jalan di sky bridge rangon.

Pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 12.000 per orang dan mendapat gratis satu bungkus teh Walini (produk dari PTPN VIII). Kendaraan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Operasional Bukit Jamur Rancabolang dibuka setiap hari mulai dari pukul 07.00 – 18.00 WIB. Bukit Jamur Terletak di lereng Gunung Tilu dan Gunung Patuha, tepatnya di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey, Bandung.

Hari Ketiga: Kota Bandung

Rasa Bakery and Café

Setelah puas eksplor Kabupaten Bandung, saatnya kembali ke kota Bandung. Kamu bisa memulainya dengan mengisi perut di Rasa Bakery and Café.

Kafe yang terletak di Jalan Tamblong Dalam Nomor 15, Braga ini menawarkan aneka penganan jadul yang dipengaruhi budaya Eropa seperti bitterballen dan poffertjes. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1910-an.

Salah satu yang paling legendaris adalah eskrim-nya. Varian es krim yang paling populer adalah Coconut Royale yang terdiri dari es krim stroberi, cokelat, dan vanilla dengan koktail buah di mangkuk kelapa muda.

Jika ingin lebih kenyang, ada juga Belgian Waffle yang disajikan dengan es krim dan ditaburi whipped cream serta meses. Selain menu ala Eropa, Rasa Bakery and Café juga menawarkan makanan berat tradisional Indonesia.

Harga makanan dan minuman di sini berkisar antara Rp 25.000 – Rp 40.000. Rasa Bakery and Café buka setiap hari pukul 08.00 – 21.30 WIB.

Saung Angklung Udjo

Kamu bisa coba mengajak anak-anak berwisata edukasi dan budaya di Saung Angklung Udjo. Tempat wisata budaya Sunda ini menawarkan berbagai pertunjukkan budaya dan seni, termasuk juga informasi seputar sejarah musik angklung khas Jawa Barat.

Kamu bisa melihat sendiri bagaimana angklung dibuat, hingga mencoba bermain alat musik tersebut. Tak lupa, kamu juga bisa membeli angklung di toko suvenir yang tersedia sebagai oleh-oleh.

Harga tiket Saung Angklung Mang Udjo Rp 75.000 per orang. Saung Angklung Mang Udjo buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Jalan Braga

Jika ingin berjalan-jalan santai di siang ke sore hari, kamu bisa menyusuri Jalan Braga yang legendaris di Bandung. Di sana terdapat berbagai macam toko, mulai dari tempat menjual lukisan, hingga kafe kekinian.

Di sana masih banyak juga toko-toko yang tetap mempertahankan gaya jadul mereka. Kamu bisa berfoto di sepanjang jalan, karena jalan ini juga ramah untuk pejalan kaki dengan trotoar yang cukup lebar dan nyaman.

Kamu bisa bersantai sambil menikmati kopi dan kue nikmat di Kopi Toko Djawa yang populer. Atau bisa juga berkunjung ke Jurnal Risa Coffee, Sweet Cantina Ice Cream, dan masih banyak lagi.

Mih Kocok Mang Dadeng

Sebelum pulang ke rumah, jangan lupa menikmati salah satu sajian khas Bandung yakni mi kocok. Salah satu yang legendaris adalah Mih Kocok Bandung Mang Dadeng yang sudah ada sejak tahun 1970-an.

Mi kocok berisikan mi kuning, kecambah, kikil, sumsum tulang sapi, dan baso. Untuk anak-anak bisa juga menyantap baso kuahnya yang nikmat.

Semangkuk mi kocok harganya mulai dari Rp 20.000 menyesuaikan topping yang kamu inginkan. Mih Kocok Mang Dadeng terletak di Jalan K. H. Ahmad Dahlan Nomor 67, dan buka setiap hari pukul 09.00 – 22.00 WIB.

Dari Mih Kocok Mang Dadeng, kamu bisa kembali pulang ke arah Jakarta dengan masuk gerbang tol Moh. Toha atau Buah Batu.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/25/081000927/itinerary-wisata-3-hari-2-malam-ke-bandung-raya-bareng-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke