Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Watu Tapak Camp Hill Jogja, Nginap Asyik di Area Tebing Breksi

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata di Yogyakarta, yakni Tebing Breksi tidak pernah sepi wisatawan. Terlebih bagi mereka yang gemar selfie.

Apabila masih belum puas berswafoto ria di sana dan belum ingin kembali ke rumah atau penginapan, kamu bisa menginap di Watu Tapak Camp Hill Jogja yang masih dalam satu area dengan Tebing Breksi.

“Memang pertama konsepnya untuk camping ground. Cuma karena selera pengunjung macam-macam, jadi tidak cuma camping ground,” kata Ketua Pengelola Taman Tebing Breksi Kholiq Widiyanto, Senin (22/3/2021).

Adapun, Watu Tapak juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermalam di camper van, mengadakan acara gala dinner, family gathering, atau senam.

Bagi yang ingin kemah di sana, lahan yang tersedia dapat dimanfaatkan sekitar 100 tenda doom berkapasitas empat orang satu tenda, serta 40 camper van.

Sementara untuk acara pernikahan, Kholiq mengatakan bahwa Watu Tapak sebelum pandemi muat untuk sekitar seribu tamu.

Keindahan Watu Tapak

Untuk kegiatan camping, Kholiq menuturkan bahwa wisatawan bisa pilih apakah ingin membawa peralatan sendiri, sewa dari Watu Tapak, atau menginap di camper van.

“Kalau untuk kemah, kita sediakan lahan saja. Pengunjung bisa bawa peralatan sendiri. Kalau paketan juga siap, pengunjung cukup datang,” ujarnya.

Jika membawa peralatan sendiri, pengunjung hanya perlu membayar Rp 35.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk parkir dan tiket masuk Tebing Breksi.

Sementara untuk paket berkemah, harga mulai dari Rp 260.000 untuk empat orang termasuk perlengkapan kemah. Apabila hanya ingin menyewa tenda, harga mulai dari Rp 65.000.

Namun, jika kamu sudah terbiasa bermalam di tenda dan ingin coba sensasi bermalam yang berbeda, kamu bisa pilih paket menginap di camper van.

Pihak Watu Tapak menyediakan paket camper van untuk empat orang seharga Rp 1 juta, termasuk tenda atap, serta fasilitas penunjang lain, seperti meja lipat dan speaker portable.

“Itu sudah ada kitchen set, bisa untuk bikin mi, masak bisa. Bisa juga bawa camper van sendiri. Kalau bawa sendiri, parkir Rp 80.000 per malam per mobil,” tutur dia.

Selain biaya parkir camper van, pengunjung yang membawa camper van sendiri juga perlu membayar biaya sebesar Rp 35.000 untuk sewa lahan.

Selain kemah di tenda atau camper van, wisatawan juga bisa menginap di homestay yang memiliki tiga Couple Room dan satu Family Room. Harga mulai dari Rp 500.000.

Aktivitas di Watu Tapak Jogja

Bagi yang tidak ingin menginap, wisatawan tetap bisa berkunjung ke restoran yang lokasinya tidak jauh dari homestay Balkondes Sambirejo dan dekat dengan Watu Tapak. Mereka hanya perlu membayar tiket masuk Tebing Breksi sebesar Rp 10.000 per orang.

Pilihan makanan yang disajikan ada hidangan tradisional khas Jawa. Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Apabila perut sudah kenyang, wisatawan bisa bersantai sejenak menikmati pemandangan apik yang tersaji di sana.

“Pemandangan dari Watu Tapak dan Balkondes ada Kota Jogja, perbukitan menoreh, Gunung Sumbing, Merapi, Candi Prambanan, Keraton Ratu Boko, juga bisa Candi Barong,” ungkapnya.

Jika datang ramai-ramai, ada paket seharga mulai Rp 15.000 per orang untuk minimal 25 pax. Bagi yang kemah tetapi lupa membawa makanan, Kholiq mengatakan bahwa mereka bisa memesan makanan di restoran tersebut dengan harga Rp 35.000 per orang.

Menurut dia, pemandangan yang terlihat dapat disaksikan dari setiap sudut tempat wisata. Hal ini membuat wisatawan kerap berswafoto ria saat berada di sana.

“Kalau foto-foto di setiap sudut menarik, di toilet juga. Pengunjung tidak tahu itu toilet, mereka sering foto-foto. Di undakan juga foto-foto,” sambung Kholiq.

Watu Tapak Camp Hill Jogja berlokasi di area Tebing Breksi—tepatnya di Jalan Desa Lengkong, RT 02/RW 17, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/26/111100727/watu-tapak-camp-hill-jogja-nginap-asyik-di-area-tebing-breksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke