Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Paket Wisata di Watu Tapak Camp Hill Jogja, Ada Jeep Tour

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata sekaligus area kemah di Tebing Breksi bernama Watu Tapak Camp Hill Jogja menawarkan sejumlah paket wisata menarik.

Mulai dari paket kemah di tenda, bermalam di camper van atau homestay Balkondes, hingga paket kuliner, semua tersedia di sana.

“Kalau untuk kemah, paket di-breakdown termasuk apa saja. Pengunjung cukup datang. Camper van dari kita juga bisa,” kata Ketua Pengelola Taman Tebing Breksi Kholiq Widiyanto, Senin (22/3/2021).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut empat paket wisata di Watu Tapak yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan, Selasa (23/3/2021):

1. Paket kemah di tenda

Bagi yang ingin kemah di Watu Tapak, terdapat empat paket yang tersedia yakni Paket Bronze, Paket Silver, Paket Gold, dan Paket Platinum.

Masing-masing harganya adalah Rp 35.000 per satu orang, Rp 260.000 per empat orang, Rp 340.000 per empat orang, dan Rp 460.000 per empat orang.

Adapun, fasilitas-fasilitas yang termasuk dalam nominal tersebut adalah tenda, tiket masuk, toilet, api unggun, coffee break, rol kabel, lahan untuk mendirikan tenda, parkir, penerangan, dan makanan 4 pax.

Kendati demikian, coffee break dan makanan 4 pax hanya tersedia dalam Paket Platinum sementara Paket Gold hanya memiliki coffee break. Fasilitas api unggun juga hanya tersedia untuk paket mulai dari Paket Silver.

Bagi paket kemah yang tidak mencakup coffee break dan/atau makan seperti Paket Bronze, wisatawan bisa memesannya dengan harga Rp 35.000 untuk makanan dan Rp 25.000 untuk coffee break.

Untuk makanan dan coffee break, pilihan menu yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan yang ada dalam paket kuliner untuk wisatawan rombongan, yakni hidangan tradisional.

Selanjutnya jika ingin menambah fasilitas kayu bakar untuk api unggun, harganya adalah Rp 15.000. Bagi yang kekurangan kasur, pengunjung dapat menyewa seharga Rp 100.000.

Ada juga fasilitas peminjaman rol kabel seharga Rp 10.000, bean bag untuk duduk santai seharga Rp 15.000, bantal Rp 15.000, dan selimut Rp 20.000.

Jika ingin kemah tetapi tidak memiliki tenda, pengunjung dapat meminjam ke Watu Tapak Camp Hill Jogja dengan kisaran harga Rp 65.000-Rp 120.000. Masing-masing tenda yang disewakan memiliki luas berbeda dan dapat menampung dua sampai enam orang.


2. Paket menginap di camper van

Jika sudah sering bermalam di tenda dan ingin coba menginap di camper van, kamu bisa memesan Paket Campervan seharga Rp 1 juta per empat orang.

Nominal tersebut sudah mencakup tiket masuk, lahan parkir camper van, toilet, rol kabel, penerangan, camper van, tenda atap, kasur dan meja lipat, kompor, alat masak dan makan, lampu, serta speaker portabel.

“Itu sudah ada kitchen set, bisa untuk bikin mi, masak bisa. Bisa juga bawa camper van sendiri. Kalau bawa sendiri, parkir Rp 80.000 per malam per mobil,” tutur dia.

Selain biaya parkir, pengunjung yang membawa camper van sendiri juga perlu membayar biaya sebesar Rp 35.000 untuk sewa lahan kendaraan.

3. Paket menginap di homestay Balkondes

Apabila ingin bermalam dengan nyaman di area Tebing Breksi, pengunjung dapat menginap di homestay Balkondes Sambirejo. Lokasinya dekat dengan Watu Tapak Camp Hill Jogja.

Melalui Paket Homestay Family seharga Rp 2 juta per malam di homestay berkapasitas sepuluh orang, wisatawan dapat menikmati sejumlah fasilitas, termasuk televisi, AC, akses wifi, sarapan, dan perlengkapan mandi.

Ada juga Paket Homestay Couple seharga Rp 500.000 per malam di homestay berkapasitas dua orang dengan fasilitas yang lebih kurang sama.

4. Paket wisata jeep

Apabila ingin berkemah sambil jalan-jalan naik jeep menikmati pemandangan matahari terbit, kamu bisa manfaatkan Paket Camp Sunrise Assiiiiikkk seharga Rp 520.000 per empat orang.

Nominal sudah termasuk tenda, tiket masuk, toilet, api unggun, coffee break, roll kabel, lahan pendirian tenda, parkir, penerangan, serta wisata jeep.

Melalui paket tersebut, wisatawan akan diajak menyaksikan pemandangan matahari terbit di Selo Langit sebelum jalan-jalan ke tempat wisata lain, seperti Candi Banyunibo, Tebing Banyunibo, dan Candi Ijo.

Durasi perjalanan adalah satu jam dengan waktu keberangkatan pukul 04.30 WIB. Namun, durasi berkeliling naik jeep akan disesuaikan dengan seberapa lama wisatawan berfoto-foto di tempat wisata.


4. Paket kulineran

Jika tidak ingin menginap di Watu Tapak tetapi ingin menikmati pemandangan yang ditawarkan di sana, wisatawan bisa berkunjung ke restoran dekat homestay Balkondes.

Harga untuk mencicipi hidangan tradisional khas Jawa cukup terjangkau untuk satu orang. Namun, tempat makan tersebut juga menyediakan sejumlah paket kuliner untuk wisatawan rombongan.

Dalam Paket Coffee Break seharga Rp 15.000 dengan miniman pemesanan 25 pax, hidangan yang tersedia adalah tiga macam makanan ringan, kopi, dan teh.

Adapun, beberapa pilihan makanan ringan yang dapat dipilih adalah risol ayam, tahu bakso, puding, jadah tempe, putu ayu, nogosari, semar mendem, moto kebo, cucur, onde basah, dan mendoan.

Selanjutnya adalah Paket Tumpeng yang terdiri dari Tumpeng Nasi Kuning seharga Rp 350.000 untuk sepuluh orang dan Tumpeng Ayam Kampung seharga Rp 400.000 untuk sepuluh orang.

Beberapa menu yang dihidangkan dalam Paket Tumpeng adalah ingkung ayam kampung atau ayam goreng kremes, tahu tempe bacem, gudangan, peyek, kering tempe, buah potong, air mineral, dan teh manis.

Jika ingin menu prasmanan dengan minimal pemesanan 25 pax, terdapat enam paket yang dapat dipilih dengan kisaran harga Rp 29.000-Rp 70.000.

Beberapa menu yang tersedia adalah nasi, olahan ayam atau ikan, sambal goreng ati krecek, gurame asam manis, sayur bobor gantung bayem, oseng daun pepaya, soto ayam kampung, buah potong, jus jeruk, teh manis, dan air mineral.

Untuk pemesanan seluruh paket di atas, pihak Watu Tapak Camp Hill menyarankan agar wistawan melakukannya minimal dua hari sebelum waktu kunjungan.

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi WhatsApp +62813-8536-2990 atau akun Instagram @watutapak.

Sementara untuk informasi seputar paket kuliner dan paket lain seperti Paket Meeting dan penyewaan Pendopo atau Limasan, kamu bisa hubungi WhatsApp Balkondes Sambirejo +62821-3357-8825 atau +62812-2808-6632.

Harga tiket masuk Watu Tapak Camp Hill jogja

Watu Tapak Camp Hill Jogja berlokasi di area Tebing Breksi—tepatnya di Jalan Desa Lengkong, RT 02/RW 17, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Harga tiket masuk bagi yang tidak ingin menginap dan hanya kulineran di restoran dekat Balkondes adalah Rp 10.000 per orang. Adapun, tiket tersebut merupakan tiket untuk memasuki kawasan Tebing Breksi.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/26/160400127/4-paket-wisata-di-watu-tapak-camp-hill-jogja-ada-jeep-tour

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke