Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Geliat Wisata ke Samosir Mulai Terlihat, Kadispar Optimistis Targetkan Jumlah Wisatawan Naik di Tahun 2021

KOMPAS.com – Geliat wisata di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara pada 2021 sudah memperlihatkan pergerakan positif.

“Kita optimis ya sampai sekarang kita untuk PAD (Pendapatan Asli Daerah) saja sudah Rp 400 juta lebih bisa kita hasilkan untuk awal tahun 2021 ini,” kata Kepala Dinas Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan ketika dihubungi Kompas.com, Senin (22/3/2021).

Terkait target jumlah wisatawan di tahun 2021 ini, Dumosch menyebut optimis bisa melampaui jumlah kunjungan di tahun 2019 dan 2020. Dispar Kabupaten Samosir menargetkan jumlah 600.000 kunjungan di tahun 2021 ini.

Sebelumnya, jumlah kunjungan ke Kabuapten Samosir di tahun 2019 dan 2020 memang dinilai cukup baik.

Walaupun terdapat pandemi Covid-19, jumlah kunjungan ke kawasan tersebut antara dua periode tersebut bisa dibilang tidak menurun secara signifikan.

Berdasarkan data dari Dispar Kabupaten Samosir, di tahun 2020 jumlah kunjungan ke sana mencapai jumlah 405.203 kunjungan. Hanya menurun sedikit saja dari jumlah kunjungan tahun 2019, yakni 418.271 kunjungan.

“Kita malah sempat khawatir (tahun 2020) hanya bisa tercapai 30-40 persen dari tahun 2019. Bedanya ternyata hanya sedikit. Teman-teman di kawasan Danau Toba juga heran, kok bisa seperti itu,” papar Dumosch.

Menurutnya, salah satu hal yang mendorong jumlah kunjungan ke Samosir tetap tinggi adalah dari adanya promosi yang terus aktif dilakukan oleh tim kreatif Dispar Kabupaten Samosir.

Ramai di long weekend dan akhir tahun

Data jumlah kunjungan tersebut diambil berdasarkan jumlah retribusi yang dipungut di tempat-tempat wisata, termasuk juga desa wisata di Kabupaten Samosir.

Berdasarkan data tersebut, di tahun 2020 jumlah wisatawan mancanegara (wisman) memang menurun secara signifikan. Di tahun 2019, jumlah kunjungan wisman mencapai lebih dari 50.000. Sementara di tahun 2020, jumlahnya hanya sekitar 2.000 saja.

“Itu mungkin di Januari-Februari-Maret masih banyak yang datang. Setelah itu enggak ada lagi, makanya itu yang penurunannya paling signifikan dibanding tahun 2019,” jelas Dumosch.

Namun jumlah tersebut juga menunjukkan adanya peningkatan jumlah wisawatan nusantara (wisnus) yang berkunjung ke Kabupaten Samosir.

Menurut Dumosch, kebanyakan wisnus berasal dari sekitar Sumatera Utara dan juga daerah-daerah di Pulau Sumatera lainnya. Ada pula sebagian yang berasal dari Pulau Jawa, tepatnya DKI Jakarta.

Kunjungan wisnus tersebut mencapai puncaknya di beberapa periode. Di antaranya adalah saat long weekend ketika pergerakan pariwisata di Indonesia mulai dibuka pemerintah pertengahan tahun 2020, juga periode libur Natal dan Tahun Baru 2021.

“Paling ramainya itu awal tahun. Tanggal 23 Maret kan kita tutup objeknya, kita buka lagi di Juli tanggal 31. Setelah kita buka kebetulan itu long weekend ya, di tiga hari itu kurang lebih ada 23.000–24.000 orang masuk Samosir,” papar Dumosch.

Walaupun tetap melakukan promosi, Dumosch juga menegaskan bahwa pihaknya tetap menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Mulai dari kewajiban menjaga 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, serta menjaga jarak.

Dispar juga memantau ketat penerapan 3M di tempat-tempat wisata, termasuk juga akomodasi homestay, penginapan, atau hotel serta pusat kuliner, seperti restoran di sekitar Samosir.

Tantangan pencapaian target

Namun sayangnya target tersebut juga memiliki kendala tersendiri, yakni terkait adanya kebijakan mengenai pemberian vaksinasi Covid-19 kepada para pelaku parekraf, termasuk juga masyarakat umum di Kabupaten Samosir.

Menurut Dumosch, Kabupaten Samosir saat ini sedang melakukan kebijakan refocusing anggaran. Ada kebijakan pemotongan anggaran di beberapa program atau kegiatan, termasuk juga kegiatan dari Dispar.

“Contohnya ada event, katakanlah dari 11 event ini mungkin tidak bisa lagi 11 event karena wajib kami ada refocusing atau pemotongan anggaran,” imbuh dia.

Kini mungkin hanya akan ada sekitar enam sampai tujuh event saja yang akan diselenggarakan di Samosir tahun 2021 ini. Hal tersebut mungkin nantinya akan memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke Samosir tahun ini.

“Cuman dari pengalaman kami di 2020, sama sekali event kita enggak bisa kita gelar. Tapi (jumlah wisatawan) enggak signifikan turunnya (dari tahun 2019),” ujar Dumosch.

Maka dari itu, ia mengaku masih cukup optimistis bisa mencapai target tinggi yang ditetapkan Dispar untuk kunjungan wisatawan ke Samosir di tahun 2021.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/28/111100227/geliat-wisata-ke-samosir-mulai-terlihat-kadispar-optimistis-targetkan-jumlah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke