Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Wisata Kampung Korea di Indonesia, Sulawesi Hingga Sumatera

KOMPAS.com- Berwisata ke Korea Selatan tak perlu lagi harus repot berkunjung langsung ke sana, terlebih pada masa pandemi seperti ini.

Beberapa wilayah di Indonesia kini sudah menyulap beberapa tempat menjadi wisata Kampung Korea agar pengunjung seolah sedang berada di Negeri Ginseng itu.

Semua lengkap, mulai dari interior wisata, spot foto, bahkan ada hanbok (baju tradisional Korea) untuk disewakan.

Berikut Kompas.com rangkum empat Kampung Korea yang berada di Indonesia:

1. Kampung Korea di Pandeglang, Jawa Barat

Pandeglang di Jawa Barat ternyata punya wisata Kampung Korea yang buka pukul 10.00-20.00 WIB. Untuk menikmati pemandangan seperti di Korea, pengunjung hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 5.000 saja.

Tempat wisata yang terletak di Jalan Gunung Karang, Desa Kadu Engang, Kecamatan Cadasari ini juga menyediakan persewaan hanbok dengan kocek Rp 10.000 saja.

Mengenakan hanbok sambil berfoto di beberapa spot instagramable seperti pohon sakura tentunya sudah membuat kamu seperti berada di luar negeri.

2. Kampung Korea di Bandung, Jawa Barat

Kampung Korea juga ternyata ada di Bandung, tepatnya di Jalan Banten nomor 5-9, Kebonwaru. Wisata yang buka setiap hari, mulai pukul 10.00-22.00 WIB ini menyuguhkan pemandangan rumah tradisional Korea.

Ada pula berbagai ornamen lainnya, seperti bunga sakura, lampu, lukisan, hingga dinding bangunan yang dipenuhi hangeul (tulisan Korea). Harga tiket masuk tempat wisata ini adalah Rp 10.000-Rp 15.000.

Pengunjung juga bisa menikmati makanan tradisional Korea di food court, mulai dari ramyeon, kimchi, kimbab, bibimbap, hingga jajanan Korea seperti tteokbokki dan odeng.

Pengunjung juga dapat selfie di beberapa spot yang tersedia bahkan menyewa hanbok dengan harga sewa Rp 100.000 per jam, sudah termasuk tambahan riasan di wajah.

3. Kampung Korea di Kediri, Jawa Timur

Kamu yang berada di Kediri, Jawa Timur juga bisa berkunjung ke Kampung Korea yang berlokasi di Sumberurip, Desa Manggis, Kecamatan Ngacar.

Datang ke sini, pengunjung harus membayar Rp 10.000 per orang agar bisa menikmati pemandangan deretan perumahan desa Korea dan juga taman bunga sakura.

Wisata yang buka pukul 08.00-17.00 WIB ini menyediakan spot-spot menariK untuk berfoto. Untuk yang ingin berfoto menggunakan hanbok, pengunjung hanya perlu membayar Rp 20.000 dan bisa berfoto sepuasnya.

4. Kampung Korea di Malang, Jawa Timur

Flora Wisata San Terra de La Fonte di Malang juga menyediakan wisata Kampung Korea mini serba warna warni. Di lokasi ini, terdapat arsitektur perkotaan korea yang sangat instagramable untuk dijadikan spot foto.

Supaya foto lebih terlihat menarik, pengunjung dapat menyewa kostum hanbok dan berfoto di spot-spot lainnya.

Wisata yang terletak di Jalan Trunojoyo, Jurang Rejo, Pandesari, Kecamatan Pujon, buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Untuk harga tiket masuknya, orang dewasa dikenakan Rp25.000 dan Rp20.000 untuk anak-anak saat weekend. Di hari biasa anak-anak hanya perlu membayar Rp 15.000 dan orangtua Rp 20.000.

5. Kampung Korea di Baubau, Sulawesi Tenggara

Kampung Korea juga dapat ditemui ketika bertandang ke Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kelurahan Bugi, Kecamatan Sorawolio, kota Baubau. Ini merupakan area permukiman masyarakat Cia-Cia dan semua nama jalannya menggunakan aksara huruf Korea, hangeul.

Memasuki area perkampungan, pengunjung akan melihat pemandangan permukiman tradisional dengan ornamen mural yang menggunakan hangeul dan ornamen seperti lampion, bunga sakura, dan payung Korea.

Terdapat juga beberapa spot foto yang disediakan oleh masyarakat setempat dan persewaan hanbok yang bisa digunakan sebagai aksesori foto yang membuatmu seperti beradi di Korea.

6. Kampung Korea di Lembah Harau, Sumatera Barat

Harau dream park yang buka pukul 09.00-17.00 WIB merupakan wisata Kampung Korea, di Palembang. Wisata ini berada di kawasan wisata Kampung Sarosah di Lembah Harau, Kabupaten Lima Kota, Sumatra Barat Payakumbuh.

Untuk bisa sampai di lokasi, pengunjung perlu membeli tiket masuk kawasan Kampuang Sarosah. Di sini terdapat dua jenis tiket masuk yaitu satuan dan terusan.

Jika hanya masuk di Kampung Sarosah, pengunjung perlu membayar Rp 5.000 dan Rp 15.000 untuk terus sampai Kampung Korea.

Ketika masuk, pengunjung dihadirkan pemandangan seperti sedang berada di Korea mulai dari jembatan berwarna merah di atas sungai kecil dengan ornamen bunga sakura di beberapa tempat dan juga bangunan-bangunan di Korea membuat pengunjung seperti berada di Korea.

Selain itu, pengunjung dapat menyewa hanbok untuk berfoto dibeberapa sudut lokasi yang terlihat apik. 

https://travel.kompas.com/read/2021/03/29/090900027/6-wisata-kampung-korea-di-indonesia-sulawesi-hingga-sumatera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke