Salin Artikel

Gornergrat di Swiss, Tempat Terbaik Melihat Gunung Matterhorn

KOMPAS.com – Matterhorn merupakan salah satu gunung di Swiss yang cukup terkenal di kalangan wisatawan lantaran bentuk puncaknya tergambar di bungkus coklat Toblerone.

Saat berada di Swiss, pemandangan gunung tersebut dapat dinikmati dari beberapa daerah. Namun, salah satu spot terbaik untuk menikmatinya adalah di Gornergrat.

“Di Gornergrat ini, kalau kita ke Zermatt, kembali lagi itu gunung yang kelihatan di sana adalah Matterhorn,” kata Founder International Travel & Leisure Forum (ITLF) Herry Marhono.

Hal itu dia ungkapkan dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jelajah Swiss: Manjakan Panca Inderamu”, Rabu (24/3/2021).

Info seputar Gornergrat di Swiss

Lantas, di mana itu Gornergrat dan bagaimana cara menuju ke sana?

Gornergrat, tempat terbaik untuk lihat Gunung Matterhorn

Menurut informasi dari My Switzerland, Gornergrat merupakan sebuah area di dataran tinggi Zermatt dengan titik paling tinggi berada pada 3.089 meter dari permukaan laut (mdpl).

Adapun, Gornergrat dikelilingi oleh 29 gunung raksasa dengan ketinggian sekitar 4.000-an meter di atas permukaan laut (mdpl), termasuk Gunung Matterhorn dan Gunung Dufourspitze, gletser terpanjang ketiga di Pegunungan Alpen.

Melihat hal tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa pemandangan yang tersaji di Gornergrat mampu membuat wisatawan terpukau.

Bahkan menurut Zermatt.ch, area tersebut adalah salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi orang-orang setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Selain pemandangan Gunung Matterhorn, wisatawan juga akan disuguhi oleh gletser Monte Rosa dan gletser Gorner yang merupakan gletser terbesar kedua di Pegunungan Alpen.

Cara menuju Gornergrat

Jika sedang berada di Zermatt, cara terbaik untuk menuju Gornergrat adalah dengan menggunakan Gornergrat Bahn—kereta roda gigi berlistrik ramah lingkungan yang beroperasi sepanjang tahun.

Kamu hanya perlu mengunjungi Stasiun Zermatt untuk menaiki kereta sebelum diantarkan ke titik tertinggi Gornergrat guna menikmati pemandangan yang ada.

Selama berada di stasiun keberangkatan, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk melihat pemandangan sambil menunggu jadwal kereta lantaran stasiun berada pada ketinggian 1.620 mdpl.

Setelah menaiki Gornergrat Bahn, kamu akan mengendarai kereta selama 33 menit pada jalur sepanjang 9,4 kilometer (km) melintasi jembatan, terowongan, danau, serta hutan.

Melansir situs resmi kereta tersebut, harga tiket dari Zermatt ke Gornergrat berbeda setiap bulannya dengan periode November 2020-April 2021 adalah 40 Swiss franc per orang atau sekitar Rp 613.913.

Namun, nominal tersebut hanya untuk satu kali perjalanan. Jika ingin kembali ke Zermatt, harga tiketnya adalah 80 Swiss franc.

Sementara untuk harga tiket satu kali perjalanan pada periode Mei, harganya adalah 51 Swiss franc, Juni-Agustus adalah 63 Swiss franc, dan September-Oktober adalah 55 Swiss fran.

Untuk pembelian tiket, pembayaran dapat dilakukan melalui beberapa cara termasuk SwissPass dan kartu kredit.

Kegiatan selain menikmati pemandangan

Jika ingin menikmati kegiatan wisata selain melihat pemandangan dari 29 gunung yang ada di Swiss pada saat musim panas, kamu bisa coba sejumlah kegiatan seru yang tiketnya dapat dibeli lewat Gornergrat Bahn.

Salah satunya adalah mendaki pada jalur Rotenboden-Riffelberg. Dari stasiun Rotenboden, waktu tempuh hingga tiba di Riffelberg hanya sekitar 15 menit.

Setibanya di sana, pemandangan Gunung Matterhorn dengan danau pada kaki gunungnya akan terlihat.

Ada juga jalur Riffelalp-Gornergrat sejauh 900 meter yang dapat ditempuh sekitar tiga jam. Sembari mendaki, kamu akan selalu ditemani gagahnya gunung tersebut.

Apabila ingin bersepeda, kamu bisa ikut tur gowes mulai pukul 16.00 waktu setempat melalui jalur-jalu yang menarik.

Jika kamu sedang berada di Swiss pada saat musim dingin, terdapat kegiatan toboggan yang bisa dinikmati setiap hari pukul 11.00-16.00 waktu setempat.

Dalam kegiatan tersebut, kamu akan meluncur pada jalur Rotenboden-Riffelberg. Bagi yang tidak memiliki peralatannya, terdapat rental peralatan toboggan yang bisa dimanfaatkan.

Pada jalur tersebut, kamu juga bisa mendaki selama satu jam. Ada juga jalur pendakian lain yakni Riffelalp-Findelbach dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Mau jalan-jalan gratis ke Swiss? Ikuti Quiz on Article dengan klik artikel berikut: Lima Agenda yang Wajib Masuk Itinerari Saat Berlibur ke Swiss

Satu pemenang beruntung berkesempatan membawa satu mitra perjalanan untuk liburan gratis di Swiss selama tujuh malam. Hadiah sudah termasuk dua tiket pesawat pergi-pulang Indonesia-Swiss dengan maskapai Swiss International Airlines, satu kamar hotel bintang empat, serta dua Swiss Travel Pass yang berlaku untuk delapan hari.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/29/150300327/gornergrat-di-swiss-tempat-terbaik-melihat-gunung-matterhorn

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.