Salin Artikel

Liburan ke Zermatt di Swiss, Ada Apa Saja?

KOMPAS.com – Zermatt, salah satu daerah di Swiss yang terkenal akan pemandangan Gunung Matterhorn dari berbagai sudut, termasuk dari area Gornergrat.

Kendati demikian, Zermatt menawarkan beragam pilihan kegiatan wisata yang bisa dilakukan selain melihat pemandangan gagahnya gunung tersebut.

“Saya ingin singgung soal Zermatt. Anggap (pilihan) hotel di dekat situ, kalau kita keluar dari hotel kita jalan-jalan saja pakai mobil kecil bertenaga listrik. Ada juga dengan kereta kuda,” kata Founder International Travel & Leisure Forum (ITLF) Herry Marhono.

Hal tersebut dia ungkapkan dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jelajah Swiss: Manjakan Panca Inderamu”, Rabu (24/3/2021).

Wisata di Zermatt, Swiss

Selain yang telah disebutkan, apa saja yang ditawarkan oleh Zermatt yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan saat berlibur ke sana?

1. Nikmati pemandangan Gunung Matterhorn

Zermatt terletak di kaki Gunung Matterhorn, gunung yang puncaknya terkenal ada di bungkus coklat Toblerone. Alhasil, tidak heran jika megahnya gunung tersebut dapat dengan mudah dilihat oleh wisatawan yang berkunjung ke Zermatt.

Mengutip My Switzerland, Zermatt adalah destinasi wisata bebas mobil. Hal ini membuatnya cocok untuk dikunjungi bagi mereka yang mencari ketenangan.

Bahkan, mengutip Zermatt.ch, desa ini juga memiliki titik paling indah untuk menikmati pemandangan gunung tersebut, yaitu Gornergrat yang berada pada ketinggian 3.089 meter dari permukaan laut (mdpl).

2. Area bermain ski terbesar dan tertinggi di Eropa

Bagi pencinta ski, Zermatt adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Sebab, destinasi wisata tersebut memiliki area bermain ski terbesar dan tertinggi di Eropa bernama Matterhorn Glacier Paradise.

Dalam My Switzerland disebutkan, area yang berada pada ketinggian 3.820 mdpl tersebut luasnya mulai dari Klein Matterhorn hingga desa Zermatt.

3. Tur musim panas

Jika berkunjung ke Zermatt saat musim panas, terdapat beragam tur yang bisa diikuti wisatawan, mulai dari tur berjalan kaki, bersepeda, hingga mendaki.

4. Pedesaan yang bisa dijelajah

Apabila kamu gemar menjelajahi destinasi wisata yang baru dikunjungi, Zermatt menawarkan kegiatan jelajah desa dengan pemandu wisata selama lebih kurang dua jam.

Melansir Zermatt.ch, wisatawan akan diberi tahu seputar Zermatt dan bagaimana kehidupan di sana sebelum masyarakatnya bergelut dalam sektor pariwisata.

5. Ada lima danau yang bisa dikunjungi dalam sehari

Zermatt memiliki lima danau yang tiga di antaranya memancarkan pantulan Gunung Matterhorn dengan indah.

Melalui jalur sepanjang 9,8 kilometer (km) dengan durasi waktu 2,5 jam, wisatawan akan dibawa mengunjungi Stellisee, Grindjisee, Grunsee, Moosjisee, dan Leisee, menurut informasi dalam Zermatt.ch.

Masing-masing danau memiliki bentuk, warna, karakter, dan ukuran yang berbeda yang akan memberi pengalaman wisata tersendiri bagi pengunjung, misalnya adalah Leisee.

Di sana, wisatawan khususnya anak-anak bisa berenang dengan santai. Ada juga Grunsee yang menawarkan pemandangan lanskap alam, serta Grindjisee yang merupakan rumah bagi bunga-bunga langka.

6. Punya museum berbentuk unik

Selain menjadi rumah bagi Gunung Matterhorn, Zermatt juga merupakan rumah bagi Matterhorn Museum yang bentuknya mirip dengan puncak gunung tersebut.

Melansir Zermatt.ch, museum tersebut menceritakan pengembangan Zermatt dari sebuah desa yang tinggali para petani pegunungan menjadi resor Alpen ternama di dunia.

Tidak hanya itu, museum tersebut juga menampilkan sejarah pendakian pertama Gunung Matterhorn yang terjadi pada 14 Juli 1865.

Bahkan, wisatawan dapat melihat potongan tali yang digunakan para pendaki saat mereka pertama kali mendaki gunung dengan jalur paling sulit tersebut.

7. Restoran paling tua

Daerah yang berada di kaki gunung tersebut menawarkan beragam pilihan restoran yang bisa dikunjungi wisatawan. Hidangan yang sidajikan pun bermacam-macam.

Beberapa restoran di antaranya adalah Cafe Biner, Cafe Fuchs, Chez Ma Julen, serta Du Pont yang menurut Zermatt.ch adalah restoran paling tua di Zermatt.

Mau jalan-jalan gratis ke Swiss? Ikuti Quiz on Article dengan klik artikel berikut: Lima Agenda yang Wajib Masuk Itinerari Saat Berlibur ke Swiss

Satu pemenang beruntung berkesempatan membawa satu mitra perjalanan untuk liburan gratis di Swiss selama tujuh malam. Hadiah sudah termasuk dua tiket pesawat pergi-pulang Indonesia-Swiss dengan maskapai Swiss International Airlines, satu kamar hotel bintang empat, serta dua Swiss Travel Pass yang berlaku untuk delapan hari.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/29/160400727/liburan-ke-zermatt-di-swiss-ada-apa-saja-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.