Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan ke Montreux di Swiss, Tempat Tinggal Sementara Freddie Mercury

KOMPAS.com – Mendiang Freddie Mercury yang merupakan vokalis Queen dikatakan sempat berkunjung ke Swiss, tepatnya ke Montreux.

“Freddie Mercury beberapa saat tinggal di sana,” kata Founder International Travel & Leisure Forum (ITLF) Herry Marhono dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jelajah Swiss: Manjakan Panca Inderamu”, Rabu (24/3/2021).

Menurut informasi dalam My Switzerland, penyanyi Bohemian Rhapsody yang lahir di Zanzibar tersebut sempat tinggal di Montreux selama proses rekaman album Made in Heaven di Montreux.

Sembari melakukan rekaman album terakhir, Mercury dikatakan juga belajar untuk mengapresiasi ketenangan dan kedamaian.

Ada patung Freddie Mercury

Suasana Montreux membuat Mercury jatuh cinta akan tempat tersebut dan Danau Jenewa, juga dikenal dengan lac Leman.

Bahkan, mengutip Region-du-leman.ch, Mercury sempat mengucapkan sebuah kalimat yang mungkin hingga saat ini terngiang di benak para penduduk Montreux.

“Jika Anda ingin ketenangan pikiran, datanglah ke Montreux,” tutur dia.

Guna mengingat kehadiran Mercury di Montreux, tepat di tepi danau adalah patung Freddie Mercury yang menghadap ke hamparan perairan yang dihiasi pemandangan perbukitan.

Adapun, patung tersebut didirikan pada 1996. Hingga saat ini, para penggemar Mercury masih sering menabur bunga di patung tersebut.

Tempat wisata di Montreux

  • Kastel Chillon

Selain melihat patung Freddie Mercury sambil bernostalgia menlantunkan lagu-lagu legendaris milik Queen, kamu bisa mulai kegiatan wisata dengan berjalan-jalan ke Kastel Chillon.

Menurut informasi dalam Montreuxriviera.com, kastel tersebut berlokasi di Veytaux yang dekat dengan Montreux.

Adapun, kastel tersebut letaknya berada di sebuah pulau berbatu dan sudah ada sejak ribuan tahun lamanya.

Sepanjang sejarahnya, Kastel Chillon sempat dibuat populer pada dulu kala oleh novel Julie, or the New Heloise milik Jean-Jacques Rousseau dan puisi The Prisoner of Chillon karya Lord Byron.

  • Kebun anggur Lavaux

Mengutip Montreuxriviera.com, kebun anggur Lavaux adalah tempat wisata yang sudah berstatus sebagai situs warisan budaya UNESCO sejak 2007.

Kebun tersebut membentang dari Lutry hingga Vevey dan telah dibentuk oleh tangan-tangan manusia sejak abad ke-11.

Lavaux yang dihiasi pedesaan penghasil wine masih mempertahankan keasliannya. Mereka juga menawarkan warisan arsitektur luar biasa. Sembari menikmati segelas wine dan berjalan-jalan di kebun anggur, wisatawan akan disuguhi pemandangan Danau Jenewa yang indah.

Lokasi kebun anggur ini tidak jauh dari Kastil Chillon. Menurut My Switzerland, kamu bisa mengunjungi tempat tersebut hanya dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki pada jalur sepanjang 32 kilometer.

Kegiatan wisata menarik lainnya yang dapat dilakukan adalah ikut bekerja di kebun atau tempat penyimpanan wine dengan pembuat wine, mencicipi wine, atau membeli wine sebagai oleh-oleh.

  • Museum

Apabila ingin mempelajari sejarah Montreux atau hal menarik lainnya, kamu bisa berkunjung ke beberapa museum di sana. Salah satunya adalah Museum Chaplin’s World yang sempat dinobatkan sebagai Best European Museum oleh European Museum Academy pada 2018.

Melansir Kompas.com, Minggu (22/11/2020), museum tersebut menyimpan patung Charlie Chaplin yang bisa dijadikan sebagai obyek selfie.

Ada juga Studio yang terdiri dari sejumlah ruangan yang didesain menyerupai film-film karya Chaplin, seperti Modern Times.

Kemudian, museum lain yang bisa dikunjungi menurut Montreuxriviera.com adalah Alimentarium Food Museum, Swiss Camera Museum, Jenisch Museum Vevey, Swiss Game Museum, dan The Atelier de Grandi.

  • Alam Montreux

Apabila berkunjung ke Montreux hanya ingin menikmati pemandangan alam yang ditawarkan, kamu bisa coba mendaki pada jalur-jalur terbaik di sepanjang Montreux, Vevey, dan Lavaux.

Mengutip Montreuxriviera.com, terdapat sejumlah jalur dengan pemandangan menarik seperti Via Alpina sepanjang 380 kilometer, Caux-Rochers de Naye sepanjang dua kilometer, dan Chexbres-St Saphorin sepanjang 5,3 kilometer.

Masing-masing jalur pun menawarkan pemandangan berbeda. Misalnya adalah Caux-Rochers de Naye dengan pemandangan Danau Jenewa sejauh mata memandang.

Selain kegiatan mendaki untuk menikmati alam, ada juga kereta Belle Epoque yang melintasi jalur legendaris GoldenPass yang akan membawamu menikmati pemandangan Lavaux.

Mau jalan-jalan gratis ke Swiss? Ikuti Quiz on Article dengan klik artikel berikut: Lima Agenda yang Wajib Masuk Itinerari Saat Berlibur ke Swiss

Satu pemenang beruntung berkesempatan membawa satu mitra perjalanan untuk liburan gratis di Swiss selama tujuh malam. Hadiah sudah termasuk dua tiket pesawat pergi-pulang Indonesia-Swiss dengan maskapai Swiss International Airlines, satu kamar hotel bintang empat, serta dua Swiss Travel Pass yang berlaku untuk delapan hari.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/29/180600627/liburan-ke-montreux-di-swiss-tempat-tinggal-sementara-freddie-mercury

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke