Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pembelian Tiket KA Jarak Jauh dari Jakarta April 2021 Dibuka

KOMPAS.com – Jelang momen lebaran 2021, PT Kereta Api Indonesia (KAI) belum melayani penjualan tiket angkutan lebaran untuk periode tersebut.

Menurut keterangan pers yang Kompas.com terima, Rabu (31/3/2021), hal tersebut merupakan bentuk dukungan pada upaya penceegahan penyebaran Covid-19.

Meski begitu, bagi yang ingin melakukan perjalanan dengan Kereta Api (KA) Jarak Jauh untuk keberangkatan hingga 31 April 2021 dari area Daop 1 Jakarta, pembelian tiket sudah bisa dilakukan.

Pihak PT KAI juga masih menerapkan sejumlah aturan perjalanan KA di masa pandemi yang mengacu pada kebijakan yang terdapat di Surat Edaran Satgas COVID-19 dan Kementerian Perhubungan.

Seluruh calon pengguna KA Jarak Jauh wajib memiliki berkas pemerikaan deteksi Covid-19 yang dapat dipilih.

“Ada tiga jenis pemeriksaan yang dapat dipilih oleh calon pengguna. Di antaranya adalah PCR Swab, GeNose, dan rapid antigen,” seperti tertera dalam siaran pers tersebut.

Guna menghindari risiko tertinggal KA, calon penumpang yang memilih untuk tes Covid-19 di stasiun, seperti GeNose atau rapid antigen, dapat melakukannya sehari sebelum keberangkatan.

Untuk tes GeNose, saat ini area Daop 1 Jakarta menyediakannya di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Bekasi.

Pesan tes GeNose lewat aplikasi

Saat ini, PT KAI telah menghadirkan fitur baru pada aplikasi KAI Access berupa pemesanan layanan pemeriksaan GeNose.

Adapun, inovasi tersebut merupakan komitmen pihak perkeretaapian untuk memberi kemudahan bagi pelanggan dalam memenuhi salah satu syarat menggunakan KA Jarak Jauh pada masa pandemi.

Jika ingin menggunakan fitur tersebut, aplikasi perlu diperbarui ke versi 4.4.5 di Android. Bagi pengguna iOS, versi terbaru aplikasi tersebut akan segera hadir.

Saat melakukan pembelian tiket KA Jarak Jauh, pelanggan bisa langsung menambah layanan pemeriksaan GeNose pada aplikasi KAI Access.

Untuk biaya pemeriksaan GeNose, harganya adalah Rp 30.000. Nominal tersebut akan otomatis ditambah ke total pembayaran transaksi.

Selain itu, KAI juga telah memberikan kemudahan layanan pemilihan tempat duduk saat pembelian tiket KA sehingga aturan jaga jarak tetap diterapkan pada beberapa kereta.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/01/113100927/pembelian-tiket-ka-jarak-jauh-dari-jakarta-april-2021-dibuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke