Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Seharian Wisata di Cirebon, Mulai dari Sejarah hingga Alam

KOMPAS.com – Jawa Barat terkenal akan destinasi wisatanya yang menarik dan patut dikunjungi. Salah satunya adalah Cirebon.

Meski Cirebon lebih dikenal sebagai destinasi wisata religi dan budaya, daerah itu juga menawarkan beragam pilihan tempat wisata lain.

Apabila ingin berwisata di Cirebon, tetapi tidak memiliki banyak waktu, kamu tidak perlu khawatir karena deretan tempat wisata di bawah ini dapat dikunjungi hanya dalam sehari.

Sejumlah tempat wisata di bawah ini telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar. Namun, kamu tetap harus memakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan tidak bepergian jika sakit.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut itinerary seharian wisata di Cirebon, Kamis (1/4/2021):

Pilihan transportasi di Cirebon

Sebelum memulai perjalanan, akses menuju beberapa tempat wisata di bawah ini mungkin lebih mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua meski dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Untuk pilihan kendaraan, kamu bisa sesuaikan mana yang menurutmu lebih nyaman untuk melintasi jalur-jalur ke tempat wisata.

Tempat wisata di Cirebon

1. Pantai Kejawanan, Kota Cirebon

Tempat wisata pertama yang dapat dikunjungi untuk menyegarkan diri adalah Pantai Kejawanan yang berlokasi di Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Pantai yang merupakan kebanggaan warga kota ini menawarkan pemandangan Gunung Ciremai yang terlihat jika cuaca sedang cerah.

Panorama alam tersebut turut dihiasi oleh perahu nelayan yang lalu lalang dan singgah di pelabuhan. Selama berada di sana, kegiatan wisata yang bisa dilakukan selain menikmati pemandangan adalah foto-foto.

Untuk foto-foto, kamu bisa melakukannya dari pinggir pantai atau berjalan ke jalur yang menjuntai ke arah laut. Kamu juga bisa naik perahu nelayan dengan beberapa teman dengan membayar harga yang cukup murah untuk menyusuri perairan berombak tenang.

Jika gelombang sedang tidak pasang, kegiatan wisata seperti berenang juga bisa dilakukan meski pengunjung tetap harus berhati-hati. Harga tiket masuk Pantai Kejawanan adalah Rp 5.000 untuk biaya parkir mobil, dan Rp 2.000 untuk parkir motor.

2. Keraton Kasepuhan Cirebon, Kota Cirebon

Keraton Kasepuhan ada di Jalan Kasepuhan nomor 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Jarak dari pantai adalah sekitar 2,7 kilometer (km) atau delapan menit.

Keraton Kasepuhan yang dulunya bernama Keraton Pakungwati ini cocok dikunjungi wisatawan pencinta sejarah atau bagi mereka yang gemar menikmati indahnya bangunan khas keraton nan megah dan indah.

Di sini, wisatawan bisa mengunjungi Museum Pusaka Keraton Kasepuhan yang menampilkan koleksi benda-benda peninggalan sejarah.

Beberapa benda bersejarah yang ada di sana adalah Kereta Singabarong dan lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi. Keduanya adalah koleksi yang paling digemari wisatawan.

Keraton Kasepuhan buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000 untuk ke area keraton, Rp 25.000 ke museum, dan Rp 10.000 ke area Dalem Agung Pakungwati.

3. Keraton Kacirebonan, Kota Cirebon

Keraton Kacirebonan terletak di Jalan Pulasaren, Pekalipan, Kota Cirebon. Jarak dari tempat wisata sebelumnya adalah sekitar 1 km atau empat menit.

Dibandingkan Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan ukurannya terbilang lebih kecil. Meski begitu, tempat wisata ini tetap terlihat megah dan tidak kalah menarik.

Sebab, memasuki bangunan keraton, kamu akan langsung disuguhi beragam benda bersejarah yang ditampilkan. Menariknya, ada juga koleksi uang kuno yang ditampilkan di sana.

Apabila kamu suka hal-hal berbau peperangan, Keraton Kacirebonan menyimpan koleksi pedang yang sempat digunakan pada masa-masa kejayaannya untuk melawan Belanda.

Harga tiket masuk Keraton Kacirebonan adalah Rp 10.000. Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

4. Taman Wisata Goa Sunyaragi, Kota Cirebon

Taman Wisata Goa Sunyaragi terletak di Kesambi, Kota Cirebon. Jarak dari Keraton Kacirebonan adalah sekitar 4 kilometer atau 15 menit. Tempat wisata ini unik karena Taman Wisata Goa Sunyaragi merupakan kompleks goa dari abad ke-17 yang sarat nilai sejarah.

Dahulu, tempat ini merupakan lokasi bagi para pemuka kerajaan atau prajurit keraton untuk melakukan meditasi.

Selama berada di sana, wisatawan bisa berfoto-foto ria dengan bebatuan yang telah disusun sedemikian rupa hingga menyuguhkan tampilan yang unik dan penuh estetika.

Desain arsitektur yang ditampilkan di tempat wisata tersebut akan memukau siapa pun yang berkunjung ke sana. Selain foto-foto, kamu juga bisa menikmati beberapa wahana menarik seperti sepedau gantung, flying fox, dan balon terbang.

Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-17.30 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 belum termasuk tiket untuk wahana wisata.

5. Bukit Gronggong, Kabupaten Cirebon

Bukit Gronggong terletak di Patapan, Beber, Kabupaten Cirebon. Jarak dari tempat wisata sebelumnya adalah sekitar 6,7 kilometer atau 17 menit.

Tempat wisata ini lokasinya berada pada dataran tinggi lantaran terletak di perbatasan Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan. Tidak heran jika pemandangan yang disuguhi dapat memanjakan mata yang ingin mencari kesegaran alam.

Bukit Gronggong memiliki beberapa pilihan tempat makan, salah satunya adalah Rumah Makan Klapa Manis. Harga yang ditawarkan juga beragam dan tidak terlalu mahal.

Kawasan wisata ini buka setiap hari. Harga tiket masuk Bukit Gronggong adalah gratis dengan tarif parkir kendaraan sekitar Rp 5.000-an.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/01/203100527/itinerary-seharian-wisata-di-cirebon-mulai-dari-sejarah-hingga-alam

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke