Salin Artikel

10 Ucapan Selamat Hari Raya Paskah Berikut Maknanya

JAKARTA, KOMPAS.com – Umat Kristen atau Katolik merayakan hari raya paskah atau kebangkitan Yesus Kristus, pada Minggu (4/4/2021).

Biasanya, umat akan saling mengucapkan Selamat Hari Raya Paskah satu sama lain ketika ibadah atau misa Malam Paskah dan Minggu Paskah selesai.

Namun, apa makna dari ucapan Paskah tersebut?

Pendeta yang melayani di Gereja Methodist Indonesia Sungai Yordan bernama Ompon Tambunan mengatakan, ucapan tersebut dapat diartikan sebagai kelahiran baru bagi setiap umat.

“Paskah dalam konteks kristen maupun katolik artinya bahwa paskah adalah Tuhan sudah memberikan diri-Nya untuk umat manusia. Dia berkorban mencurahkan darah-Nya, dan bangkit pada hari yang ketiga," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/4/2021).

Ia melanjutkan bahwa Kristus bangkit, secara vertikal umat sudah berdamai dengan Tuhan. Artinya, dosa umat diampuni, jiwa kita diselamatkan, dan umat mengalami hidup baru di dalam Tuhan.

Hal tersebut merupakan makna dari perayaan Paskah. Ia juga mengatakan bahwa lahir baru berarti berjuang di dalam dunia ini untuk menjadi saksi cinta Tuhan pada manusia dengan memperbarui hidup dan bertobat agar jadi lebih baik.

“Sedangkan secara horizontalnya, bahwa kita berjuang di dalam dunia ini untuk menjadi saksi pengorbanan dan kebangkitan Tuhan. Iman krsiten mengatakan bahwa Yesus bangkit mengalahkan kematian dan memberikan jalan keselamatan,” ujar Ompon Tambunan.

Daftar ucapan selamat hari paskah

Saat merayakan paskah, antarumat Kristen maupun Katolik saling mengucapkan “selamat hari paskah”. Ucapan salam tersebut merupakan wujud deklarasi bahwa Tuhan sudah memenangkan umat manusia dari kematian.

“Kristus sudah bangkit, sudah menang dari kematian, dan hidup. Itu seperti deklarasi kita bahwan iman kristen itu iman yang bangkit. Bukan iman yang semu atau mati. Jadi penting sekali kita mengucapkan paskah,” imbuh dia.

Berikut kumpulan ucapan selamat Hari Jumat Agung dan Hari Paskah yang cocok diberikan jika kamu juga beragama Kristen dan Katolik.

Sementara yang berbeda agama, cukup sebutkan kalimat “Selamat Merayakan Paskah” sudah terbilang baik:

  • Dengan bilur-bilur-Nya kita telah disembuhkan dan dengan pengorbanan-Nya di kayu salib, dosa kita telah dihapuskan. Biarlah kehendak Tuhan saja yang terjadi atas hidup kita karena rencana Tuhan itu indah dan tidak akan sekali-kali Ia meninggalkan kita. Selamat Jumat Agung dan Paskah 2021.
  • Karena Pengorbanan-Nya kita ditebus, karena kebangkitan-Nya kita dimenangkan oleh Juru Selamat kita Yesus Kristus. Selamat Paskah 2021. Tuhan Yesus memberkati kita semua.
  • Selamat Hari Paskah. Semoga hari ini membawakanmu berkat cinta, kegembiraan, kedamaian dan harapan. Semoga itu tetap ada di hatimu selamanya. Semoga musim ini membawakanmu banyak harapan, kegembiraan dan cinta.
  • Selamat Paskah, mari kita merayakan Paskah dengan harapan, cinta, dan tawa dengan orang-orang yang paling berarti.
  • Selamat Paskah 2021. Rayakan liburan ini dengan damai dan pengampunan.
  • Selamat hari suci Paskah. Semoga rahmat Tuhan memenuhi hati dan rumahmu dengan berkah Paskah ini! Ia telah bangkit! Dia benar-benar bangkit!
  • Selamat Paskah. "Kamu telah dibangkitkan bersama dengan Kristus" (Kol 3:1).

https://travel.kompas.com/read/2021/04/03/203100027/10-ucapan-selamat-hari-raya-paskah-berikut-maknanya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.