Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Transportasi Saat Berwisata di Vietnam, dari Kereta Hingga Perahu

KOMPAS.com - Vietnam terletak di satu daratan yang sama. Hal itu membuat moda transportasi wisatawan yang ingin berkeliling menjadi mudah.

Pengunjung biasanya akan mengunjungi Hanoi di utara sampai ke Kota Ho Chi Minh, atau pun sebaliknya di hari pertama. Kemudian mereka bepergian ke seluruh bagian negeri naik bus, atau melalui jalur kereta yang mengelilingi garis pantai.

Sedangkan untuk mengunjungi bagian pedalaman yang jarang dikunjungi, para wisatawan bisa naik sepeda motor atau kapal feri.

Transportasi saat berwisata di Vietnam

Seperti dilansir dari Lonelyplanet.com, berikut 6 trasnportasi yang bisa kamu gunakan saat bepergian menjelajahi Vietnam:

1. Kereta api

Naik kereta api untuk mengelilingi destinasi wisata di Vietnam seperti merupakan cara terbaik bagi pengunjung yang baru pertama kali datang. Wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai dan jalan yang berliku-liku.

Di Vietnam, kereta api dikategorikan menjadi dua, yaitu SE dan TN. Kereta dengan kode SE merupakan kereta tercepat dan modern. Sementara kereta dengan kode TN merupakan kereta yang sudah lama (tua) dan lambat.

Tiket kereta dibagi menjadi tiga kelas, yaitu hard seat, soft seat, hard sleeper, dan soft sleeper. Kelas-kelas ini juga biasanya dibagi menjadi dua pilihan, yaitu menggunakan AC dan tidak menggunakan AC.

Pihak penyedia jasa kereta api juga menyediakan tempat tidur dengan tiga tingkat. Biasanya, tempat tidur bagian atas merupakan ranjang yang paling murah dan tempat tidur bawah paling mahal.

Di dalam kereta juga terdapat kursi yang terbagi dalam dua pilihan, empuk dan bisa digunakan untuk tidur, serta kursi kayu atau biasa.

Saat ini beberapa kereta juga menyediakan Wi-Fi, meski kecepatan koneksi tidak terlalu cepat. Sementara untuk tarif, harga tiket kereta cukup terjangkau dan bervariasi, tergantung pada rute kelas, dan jenis kereta.

Kamu bisa membeli tiket di stasiun kereta beberapa hari sebelum perjalanan, atau melalui online, 60 sampai 90 hari sebelumnya.

Saat memesan secara online, sebagian besar pengunjung menggunakan Bao Lau atau bisa juga pesan lewat situs web resmi Kereta Api Vietnam. Namun, pemesanan lewat situs web resmi hanya berlaku bagi orang yang memiliki kartu kredit Vietnam.


2. Bus

Bus menawarkan salah satu cara termurah untuk berkeliling Vietnam. Hal itu menjadikannya transportasi populer di kalangan wisatawan yang ingin hemat.

Pengunjung juga merasa sangat nyaman karena jaringan bus yang luas dapat menjangkau ke pelosok negeri. Kamu akan menemukan setidaknya satu terminal bus di setiap kota.

Saat ini, banyak perusahaan bus sudah memiliki kantor penjualan tiket sendiri dengan harga resmi dan waktu keberangkatan yang ditampilkan dengan jelas. Usahakan membeli tiket sehari sebelumnya agar mendapatkan kursi.

Sebagai alternatif, tiket juga dapat dibeli langsung secara online melalui Sinh Tourist atau dibeli di sebagian besar hostel atau hotel.

Bus yang menghubungkan antarkota besar didesain lebih modern dengan kursi sandaran yang nyaman. Bahkan, ada tempat tidur yang empuk untuk perjalanan jauh dalam semalam. Di sisi lain, kebanyakan bus juga sudah dilengkapi televisi . 

Selain itu, kamu akan melihat banyak papan iklan yang mengiklankan bus ‘Tur Terbuka’ atau ‘Tiket Terbuka’. Layanan tersebut, sebagian besar melayani wisatawan asing.

Biasanya bus beroperasi antara Kota Ho Chi Minh dan Hanoi, serta memungkinkan penumpang untuk naik dan turun dari bus di kota besar mana pun di sepanjang jalan.

3. Mobil dan sepeda motor

Naik mobil atau sepeda motor juga merupakan cara yang relatif murah dan menarik bagi beberapa wisatawan untuk melakukan perjalanan antara dua kota terbesar di Vietnam.

Kamu bisa mendapatkan sepeda motor atau mobil dengan menyewa. Sepeda motor biasanya mudah sekali disewa. hampir di mana saja, termasuk kafe, hotel, dan agen perjalanan.

Beberapa tempat akan meminta untuk menahan paspor sampai penyewa mengembalikan sepeda atau skuter sebagai jaminan.

Sebelum menandatangani semacam perjanjian, perhatikan dengan jelas menyatakan apa yang kamu sewa, berapa biayanya, tingkat kompensasi. dan sebagainya.

Sementara untuk mobil, jarang sekali ada pengunjung yang mau menyewa, mengingat kondisi lalu lintas di Vietnam yang cukup padat. Namun, sebagian besar biasanya menyewa mobil sekaligus pengemudi.

Hanoi, Kota Ho Chi Minh, dan pusat wisata utama di Vietnam memiliki banyak pilihan agen perjalanan yang menyediakan sewa kendaraan berikut supir untuk perjalanan wisata. 


4. Pesawat

Kalau kamu terburu-buru oleh waktu, penerbangan domestik merupakan pilihan terbaik untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain di Vietnam.

Negara itu memiliki koneksi penerbangan domestik yang mengesankan. Rute baru juga dibuka setiap saat dan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, maskapai menerima pemesanan dengan pembayaran menggunakan kartu kredit dan debit internasional. 

5. Sepeda

Sepeda merupakan kendaraan terbaik untuk berkeliling di Vietnam. Bersepeda dengan jarak jauh menjadi hal populer di Vietnam. Itu karena Vietnam memiliki permukaan jalan yang datar atau hanya sedikit berbukit, dan jalan-jalan utamanya dalam kondisi baik.

Sepeda dapat dibawa ke seluruh tempat yang ingin dikunjungi. Kamu bisa letakkan sepeda di atas bus atau bahkan di kompartemen bagasi kereta.


6. Perahu

Vietnam memiliki sejumlah besar sungai yang dapat dilalui menggunakan perahu. Wisata sehari yang indah dengan perahu dapat dilakukan di sungai-sungai, seperti di Hoi An, Nha Trang, Danang, Hue, Tam Coc, dan bahkan HCMC.

Perjalanan perahu juga dapat dilakukan di laut. Kamu bisa mengunjungi pulau-pulau di Teluk Halong, salah satu wisata yang wajib dikunjungi.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi Kepulauan Cham yang terletak di Vietnam tengah. Sementara di selatan, pengunjung bisa menjelajahi pulau-pulau di luar Nha Trang dan sekitar Phu Quoc.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/04/164124327/6-transportasi-saat-berwisata-di-vietnam-dari-kereta-hingga-perahu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke