Salin Artikel

10 Kesalahan Umum Saat Solo Traveling yang Harus Kamu Hindari

KOMPAS.com - Menjadi seorang solo traveler yang bepergian sendiri merupakan suatu langkah berani.

Ada banyak manfaat yang didapat selama bepergian seorang diri, seperti jadwal perjalanan yang lebih fleksibel, keluar dari zona nyaman, dan membangun persahabatan dengan orang asing di tempat tujuanmu, juga belajar hal baru.

Namun sebelum kamu memulai perjalanan sendirian, ada beberapa hal yang harus dihindari agar perjalanan kamu aman dan menyenangkan

Mengutip dari Travelandleisure.com, berikut 10 kesalahan umum yang harus dihindari solo traveler saat bepergian:

1. Menginap di tempat yang tidak memiliki petugas keamanan

Saat merencanakan solo traveling, kamu mungkin mencoba hemat biaya untuk penginapan. Meskipun begitu, hal terpenting yang harus diperhatikan saat memilih tempat penginapan yaitu keamanan dan kenyamanannya.

Pastikan tempat penginapan yang kamu pilih memiliki petugas keamanan yang berjaga selama 24 jam dan dilengkapi brankas untuk menyimpan semua barang bawaan.

2. Terlalu banyak barang bawaan

Membawa barang bawaan pribadi yang berlebihan hanya akan menyulitkan kamu saat solo traveling. Itu karena kamu hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk membawa barang.

Bawalah barang keperluan secukupnya saja, sesuai lamanya hari perjalanan yang telah ditetapkan.

3. Gagal memperkirakan anggaran

Liburan sendiri memang tidak harus mahal. Namun, tetap butuh sedikit perencanaan keuangan.

Sebelum berangkat, luangkan waktu untuk memperkirakan beberapa hal penting seperti berapa harga makanan yang akan kamu santap selama di perjalanan.

Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan banyaknya uang tunai yang kamu perlukan setiap hari. Jangan lupa simpan sebagian dana untuk keperluan darurat atau hal mendesak.

4. Langsung berangkat tanpa riset

Sebelum memulai perjalanan, baiknya kamu bertanya kepada teman dan anggota keluarga yang sebelumnya melakukan perjalanan ke tempat tujuanmu guna mendapat beberapa rekomendasi.

Coba lihat melalui media sosial, aktivitas apa yang dilakukan orang-orang kalau berkunjung ke tempat yang kamu tuju.

Jika liburan ke luar negeri, jangan lupa memeriksa situs web pemerintah seperti Departemen Luar Negeri untuk memastikan tidak ada larangan ke tempat yang kamu tuju.

5. Tidak menjaga diri

Penting bagi solo traveler untuk menjaga diri dengan serius. Sebab, saat sedang bepergian sendiri kamu berada jauh dari rumah dan keluarga. 

Jaga keselamatan diri kamu dengan cara, misal mengecek keamanan hotel, tidak memberikan informasi pribadi kepada orang asing, dan melakukan sedikit riset tentang tempat mana yang harus dihindari.

6. Tidak mempersiapkan untuk hal-hal darurat

Kecelakaan dan kejadian tak terduga bisa saja terjadi. Sebelum pergi berlibur sendirian, buatlah rencana darurat agar kamu siap.

Kamu bisa persiapkan asuransi perjalanan untuk memastikan bahwa kamu terlindungi, dan kontak sesering mungkin dengan keluarga dan teman selama perjalanan agar mereka selalu tahu kondisi dan keberadaanmu. Jangan lupa simpan uang darurat di tempat yang aman.

7. Terlalu banyak buat destinasi wisata di awal atau akhir perjalanan

Saat tiba di tempat tujuan, seringkali kamu langsung mengisi hari pertama dengan aktivitas nonstop. Akibatnya, kamu sudah lelah terlebih dahulu. Jadi sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk diri kamu sendiri dan bersantai. Begitu pun di hari terakhir perjalanan.

Jangan mencoba semua destinasi atau aktivitas sekaligus karena itu hanya akan melelahkan kamu. Fokus ke beberapa tempat saja supaya kamu benar-benar bisa menikmatinya.

8. Selalu bereskpektasi tinggi

Seringkali saat berpergian sendiri, kamu akan berpikir bahwa setiap hari dalam perjalanan kamu akan menemukan kegembiraan baru. Namun, kamu lupa bahwa hal-hal terkadang bisa mengerikan dan terkadang membosankan.

Pastikan untuk tetap berpikiran terbuka dan menjalani setiap hari apa adanya. Dengan begitu, kamu tidak mudah kecewa.

9. Fokus hanya untuk mencari teman baru

Dalam perjalanan solo, mungkin kamu akan mencari persahabatan baru dan menjalin hubungan dengan semua orang yang ditemui.

Itu tidak masalah, tetapi luangkan waktu untuk dirimu supaya kamu punya kesempatan untuk mengenal diri sendiri. Misalnya, membaca buku di taman, duduk di kafe untuk makan siang, atau melihat museum tanpa ditemani orang lain.

10. Tidak mencoba bergabung dengan kelompok tur

Bagi sebagian orang, berpergian sendiri tanpa ada orang lain mungkin yang terbaik, tetapi tidak ada salahnya juga jika bergabung dengan sebuah kelompok tur. 

Jika ingin melakukan perjalanan tanpa siapa pun yang kamu kenal, tetapi tetap menginginkan kenyamanan dan keamanan, ini adalah pilihan terbaik.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/04/171009227/10-kesalahan-umum-saat-solo-traveling-yang-harus-kamu-hindari

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.