Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Panjang Paskah, Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi Bantul dan Gunungkidul

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Wisatawan memadati kawasan wisata di Kabupaten Gunungkidul dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur Paskah. Puluhan ribu wisatawan sebagian besar berkunjung ke kawasan Pantai.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, selama libur akhir pekan kawasan wisata di Kabupaten Gunungkidul mengalami peningkatan kunjungan.

Sejak Jumat (2/4/2021) kunjungan wisatawan mencapai 9.479 orang. Lalu pada hari Sabtu (3/4/2021) naik menjadi 14.373 orang, dan Minggu (4/4/2021) sampai pukul 16.00 WIB pengunjung mencapai 19.242 orang.

Sebagian besar kunjungan di kawasan wisata pantai, seperti Baron dan Pulang Sawal atau Indrayanti.

"Puncaknya pada hari Minggu kemarin," kata Harry saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (5/4/2021).

Pihaknya sudah memprediksi kenaikan kunjungan wisata dan mempersiapkan penambahan jumlah personel keamanan dan pengawasan wisatawan.

"Kita ada tambahan 400 personel untuk pengamanan libur panjang akhir pekan,  untuk pengawasan (protokol kesehatan) kemarin yang mengetahui dari SAR Satlinmas" sambung Harry.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, setiap hari ada 100-150 orang yang kedapatan tidak memakai masker saat berwisata di kawasan Pok Tunggal sampai Bukit Paralayang.

"Mereka diingatkan agar mereka menggunakan masker, menjaga jarak, dan tidak boleh berkerumun," ujar Suris.

Lebih dari 40.000 orang kunjungi Bantul

Sementara itu di Kabupaten Bantul, terjadi peningkatan kunjungan wisatawan secara siginifikan di tujuh destinasi wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Bantul.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan bahwa dari data yang masuk, ada 40. 424 kunjungan wisatawan selama kurun waktu 1-4 April 2021.

"DIbandingkan libur panjang 11-14 Maret 2021 lalu, meningkat 13 persen. Sementara dibandingkan minggu lalu meningkat 26,4 persen," kata Markus.

Ia menjelaskan, tujuh kawasan wisata yang dikelola pemkab Bantul, yakni Kawasan Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Kwaru, Pantai Baru dan Pandansimo, serta dua gua yakni Cerme dan Selarong.

"Untuk pengunjung sebagian besar di Kawasan pantai Parangtritis, sekitar 92 persen dari total pengunjung," imbuh Markus. (K125-17)

https://travel.kompas.com/read/2021/04/05/132118227/libur-panjang-paskah-puluhan-ribu-wisatawan-kunjungi-bantul-dan-gunungkidul

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke