Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesiapan Mandalika Sambut MotoGP Sudah 70 Persen

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa saat ini persiapan Mandalika dalam menyambut perhelatan MotoGP sudah mencapai 70 persen.

“Air, listrik, sampai produk ekonomi kreatif dan desa-desa wisata di sekitar Mandalika sekarang persiapan ada di angka 70 persen,” kata dia dalam Weekly Press Briefing virtual, Senin (5/4/2021).

Persiapan juga mencakup infrastruktur, seperti sirkuit, tempat untuk menampung para pebalap, serta persiapan terhadap jaringan dan bandara yang sudah hampir 90 persen.

Untuk diketahui, Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dijadikan sebagai tempat pelaksanaan acara olahraga MotoGP dan Superbike pada 2021.

Dari dua acara tersebut, Sandiaga mengatakan bahwa Superbike sudah final akan dilakukan pada November mendatang.

“MotoGP menunggu kepastian. Pada Selasa (6/4/2021) dan lusa (7/4/2021), Dorna sebagai penyelenggara MotoGP akan mengunjungi Jakarta dan Mandalika,” tutur dia.

Dalam kunjungannya, pihak Dorna akan melakukan serangkaian kegiatan untuk menijau langsung kesiapan sirkuit.

Sembari menunggu keputusan dari penyelenggara, Sandiaga mengatakan bahwa saat ini mereka hanya bisa sabar menunggu.

“Harapannya dengan keputusan yang diambil akan memantapkan kita untuk melangkah ke depan (dan) siapkan Mandalika sebagai destinasi super prioritas,” katanya.

Persiapan dari aspek kesehatan di Mandalika

Selama pandemi Covid-19, protokol kesehatan menjadi yang paling diperhatikan setiap lapisan masyarakat. Sandiaga tidak menampik hal tersebut.

Oleh karena itu, sambung Sandiaga, aspek kesehatan juga diperhatikan dalam pengembangan Mandalika. Sesuai arahan presiden, pihak Sandiaga berharap, MotoGP dapat dilakukan secara fisik.

“Kalau online, dampak ekonomi lokal minimal. Jika penerapan protokol kesehatan tidak memungkinkan untuk diselenggarakan secara fisik, keputusan akan didiskusikan kembali,” tutur Sandiaga.

Adapun, penerapan protokol kesehatan di sana menurut dia diharap dapat memberikan yang terbaik untuk kesehatan, keamanan, dan keselamatan para penyelenggara MotoGP, pebalap, penonton, dan masyarakat di sekitar Mandalika.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/06/112046827/kesiapan-mandalika-sambut-motogp-sudah-70-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke