Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara I Gusti Ngurah Rai Siapkan Layanan GeNose untuk Syarat Terbang

KOMPAS.com – Bandara I Gusti Ngurah Rai mempersiapkan uji tes kesehatan GeNose guna memberi kemudahan kepada penumpang untuk melengkapi syarat terbang selama adaptasi kebiasaan baru.

Menurut siaran pers yang Kompas.com terima, Kamis (8/4/2021), layanan GeNose diimplementasikan di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Jumat (9/4/2021).

Hari ini, dikatakan bahwa pihak bandara melakukan simulasi untuk menjaga kelancaran saat layanan GeNose dimulai.

Adapun, penyediaan layanan tes berdasarkan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Layanan juga berdasarkan SE Kementerian Perhubungan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19.

General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (AP I) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Herry A Y Sikado mengatakan, para penumpang wajib melakukan tes kesehatan untuk memastikan bahwa mereka bebas Covid-19 selama masa adaptasi kebiasaan baru.

Alhasil, pihaknya berupaya memberi kemudahan bagi calon penumpang untuk memperoleh layanan tes kesehatan yang relatif murah dengan menghadirkan GeNose di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

“Penerapan layanan GeNose mulai beroperasi pada Jumat nanti dengan jam operasional pukul 09.00-19.00 WITA di Area Publik Keberangkatan Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan tarif Rp 40.000 per orang,” ujar dia.

Persiapan layanan GeNose Bandara I Gusti Ngurah Rai

Herry mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait agar implementasi dan simulasi yang telah dilaksanakan hari ini berjalan dengan lancar.

Dia berharap, layanan GeNose di bandara Pulau Dewata tersebut berjalan sesuai harapan. Herry juga meminta agar calon penumpang yang akan melakukan tes GeNose mengutamakan protokol kesehatan.

“Untuk tahap pertama, setiap hari sekitar 600 kantung. Bagi calon penumpang yang akan melakukan tes GeNose dapat datang empat jam sebelum waktu keberangkatan,” tutur Herry.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa GeNose tidak menggantikan uji tes kesehatan sebelumnya yakni rapid test antigen dan swab PCR sebagai syarat melakukan penerbangan. Calon penumpang bisa menggunakan salah satu dari tes tersebut.

“Sementara itu, Bandara I Gusti Ngurah Rai telah disiapkan dua uji tes kesehatan rapid test antigen dan GeNose dengan menggandeng anak perusahaan PT Angkasa Pura Support dan sinergi BUMN bersama Farmalab,” ungkap Herry.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/08/170500327/bandara-i-gusti-ngurah-rai-siapkan-layanan-genose-untuk-syarat-terbang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke