Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gayo Coffee Trail Akan Kembangkan Wisata Dataran Tinggi Gayo

TAKENGON, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyambut baik rencana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Pemerintah Aceh untuk rencana Gayo Coffee Trail dan Gayo Culture Trail.

Konsep wisata itu dianggap dapat mendongkrak sektor ekonomi masyarakat di Dataran Tinggi Gayo (Datiga), khususnya Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, Aceh.

Konsep itu ditawarkan dalam sebuah forum yang melibatkan Kemenparekraf dan Dinas Pawirisata Aceh, serta Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Menurut Sekda Aceh Tengah, Subhandy, sekitar 80 persen masyarakat Aceh Tengah adalah petani kopi, sehingga Gayo Coffee Trail dianggap mampu mendongkrak pendapatan masyarakat, mulai dari pelaku kopi secara tradisional hingga modern.

"Datiga itu punya dua potensi besar, yaitu kopi dan panorama alam. Inisiatif Kemenparekraf dan Pemerintah Aceh untuk menggabungkan keduanya dalam konsep Gayo Coffee Trail adalah sebuah hal yang layak menurut kami," kata dia saat ditemui Kompas.com, Jumat (9/4/2021).

Apabila terwujud serta mendapat dukungan masyarakat, lanjut Subhandy, Gayo Coffe Trail selain meningkatkan pendapatan petani, juga mendukung pengembangan kepariwisataan, baik di Aceh Tengah maupun Bener Meriah.

"Kalau kita lihat tren, sejak 2009 pendapatan dalam sektor pariwisata mengalahkan pendapatan sektor Migas, menjadi dorongan daerah untuk meningkatkan gairah kepariwisataan," tutur Subhandy.

Ia melanjutkan, untuk Indonesia pada tahun 2019 bahkan pendapatan sektor patiwisata sudah melampaui sektor Migas. Oleh karena itu, Gayo Coffee Trail atau Gayo Culture Trail menjadi daya tarik pariwisata di Aceh Tengah untuk meningkatkan pendapatan.

"Meningkatkan pemasukan daerah bisa saja tanpa harus menggali tambang yang ada karena peningkatan pendapatan negara terbukti selama beberapa tahun terakhir," imbuh Subhandy.

Dengan kata lain, tambah Subhandy, Pemkab Aceh Tengah mendukung rencana Gayo Coffee Trail atau Gayo Culture Trail untuk dikembangkan di Datiga, sehingga apa yang diinginkan pemerintah pusat dan Pemerintah Aceh dapat terwujud.

"Kita mendukung pengembangan pariwisata seperti ini. Apalagi menggabungkan antara adventure dengan menikmati keindahan alam, di samping mengetahui seluk-beluk proses pengolahan kopi di Gayo," ujar dia.

Pengunjung akan merasakan sensasi, mulai saat memanen kopi, proses jemur, proses roasting, sampai mencium aroma kopi dan menyeruput kopi di dalam cangkir.

Dapat perhatian Kemenparekraf

Sebelumnya potensi wisata di Aceh, khususnya Aceh Tengah dan Bener Meriah, menjadi perhatian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kepenparekraf).

Sebab, kawasan Datiga dinilai memiliki potensi alam dan budaya yang dapat mendukung berkembangnya pariwisata nasional.

Hal itu disampaikan Direktur Kelembagaan Kemenparekraf Reza Fahlevi kepada Kompas.com, usai mengikuti sebuah kegiatan dengan pelaku pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah, Jumat (3/4/2021).

"Pariwisata di Gayo punya potensi luar biasa, terutama dari sisi alam dan budayanya. Tapi tadi kita diskusi dengan teman-teman komunitas, pemerintah dan pelaku pariwisata di Dataran Tinggi Gayo," kata dia.

Pihaknya pun pertama-tama ingin tahu kekuatan utama wisata Gayo yang membuatnya unik, berbeda, dan layak jual secara intenasional. Berdasarkan hasil diskusi itu, menurut Reza ide yang muncul adalah kopi.

"Kami menawarkan Gayo Coffee Trail atau Gayo Culture Trail. Untuk itu kita perlu menganalisis impresi pasar terhadap minat pariwisata kopi. Kita gali cerita rakyat tentang kopi, wisatawan akan ditawarkan wisata culture experience," kata Reza.

Adapun, konsep wisata Gayo Coffee Trail atau Gayo Culture Trail itu sebenarnya sudah dimulai oleh pelaku wisata di Datiga.

Untuk itu, Reza mengatakan, Kemenparekraf bersama Dinas Pariwisata Aceh, Aceh Tengah dan Bener Meriah, ingin memperkuat upaya pengembangan sektor pariwisata di dua kabupaten itu.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/09/132434627/gayo-coffee-trail-akan-kembangkan-wisata-dataran-tinggi-gayo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke