Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layanan GeNose Tersedia di Bandara Soekarno Hatta pada Bulan Mei

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, layanan GeNose C19 rencananya akan tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Mei 2021.

GeNose C19 merupakan salah satu alat penyaringan (skrining) selain PCR dan rapid antigen yang diperuntukkan pengguna moda transportasi udara dalam negeri.

"Mengenai GeNose belum ada tepatnya minggu ke berapa tetapi ancar-ancarnya bulan Mei," ujarnya dalam agenda "Weekly Press Briefing" Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada Senin (12/4/2021).

Selain itu, GeNose C19 merupakan karya anak bangsa yang sudah disetujui oleh kementerian riset dan teknologi, serta kementerian perhubungan.

"Testing ini adalah bagian dari protokol kesehatan yang baik dan kami mendorong terus agar protokol kesehatan benar-benar dijaga secara ketat dan disiplin dengan rasa penuh tanggung jawab," ujar dia.

Ia juga mendukung layanan tersebut untuk segera diterapkan di Bandara Internasional Soekaro-Hatta karena tingkat mobilitas pengguna Bandara Internasional Soekarno Hatta yang tinggi.

Sandiaga juga menyampaikan bahwa layanan GeNose saat ini memang masih terbatas jumlahnya, yakni sekitar 600 hingga 1.000 per hari. Namun, pemerintah terus berupaya untuk dapat meningkatkan layanan GeNose seperti, bekerja sama dengan Angkasa Pura dan Farmalab.

Adapun empat bandara yang menerapkan alat GeNose secara bertahap, yakni Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/13/184537627/layanan-genose-tersedia-di-bandara-soekarno-hatta-pada-bulan-mei

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke