Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudik Dilarang, Contek Itinerary Seharian Wisata Pantai di Garut Selatan

KOMPAS.com – Sejumlah pantai di Garut Selatan memiliki pemandangan yang indah dan patut dikunjungi bagi yang hendak menikmatinya.

Jika berdomisili di Garut dan tidak bisa jalan-jalan ke tempat wisata di tujuan mudik lantaran pemerintah melarang mudik lebaran 2021, kamu tetap bisa wisata lokal dengan mengunjungi wilayah Garut Selatan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut itinerary seharian wisata di Garut Selatan yang telah Kompas.com rangkum, Selasa (13/4/2021).

Meski tempat wisata sudah menerapkan protokol kesehatan, kamu tetap harus memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika sakit.

Pilihan pantai di Garut Selatan

  • Pantai Sayang Heulang, Kecamatan Pameungpeuk

Pantai Sayang Heulang berada di Desa Mancagahar. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang. Di sana, terdapat tiga area wisata yang dapat dikunjungi.

Jika berkunjung pada pagi hari, kamu bisa mengunjungi Bukit Teletubbies terlebih dahulu untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

Sebagai antisipasi tidak ketinggalan momen tersebut, kamu bisa berkemah sehari sebelum melakukan perjalanan wisata pantai di bukit itu.

Setelah foto-foto dan menikmati pemandangan dari ketinggian, kamu bisa menuju Gumuk Pasir Tungtung Karang yang lokasinya tidak jauh dari bukit.

Gumuk pasir yang dikatakan mirip seperti Gurun Sahara ini menawarkan pemandangan lepas pantai yang indah.

Di sana, kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain melihat pemandangan adalah berfoto-foto, menerbangkan drone bagi pencinta aerial fotografi, bermain pasir, atau berseluncur pasir.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata selanjutnya, kamu dapat berkunjung terlebih dahulu ke area Pantai Sayang Heulang.

Meski tidak bisa berenang atau snorkeling karena bentuk pantainya, kamu tetap bisa bermain air di tepi pantai. Jika sudah puas, kunjungi deretan tempat makan di sana untuk sarapan.

  • Pantai Santolo, Kecamatan Cikelet

Pantai Santolo terletak di Desa Pamalayan dan jaraknya hanya sekitar 4,6 kilometer (km) atau 9 menit dari Pantai Sayang Heulang.

Di sana, kamu dapat menikmati pemandangan pasir pantai yang putih dan lembut sambil berjalan-jalan dan main air di bibir pantai.

Ada juga kegiatan memancing, naik banana boat, dan berkunjung ke pulau terdekat naik perahu. Harga tiket masuk Pantai Santolo adalah Rp 7.500 per orang.

  • Pantai Karang Papak, Kecamatan Cikelet

Berjarak sekitar 2,3 km atau 4 menit dari Pantai Santolo, ada Pantai Karang Papak di Desa Cikelet. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang.

Meski terbilang belum populer, pantai ini memiliki panorama alam yang tidak kalah cantiknya dari pantai lain.

Sama seperti Pantai Sayang Heulang, wisatawan tidak bisa berenang di Pantai Karang Papak. Namun, mereka tetap bisa memancing dan membeli ikan sebagai alternatif kegiatan wisata.

Jika ingin kulineran sejenak dengan mendirikan tenda untuk beristirahat sementara, kamu bisa melakukannya di area yang telah disiapkan untuk berkemah.

  • Pantai Manalusu, Kecamatan Cikelet

Pantai Manalusu berlokasi di Desa Cigadog, jarak dari Pantai Karang Papak hanya sekitar 10,1 km atau 15 menit saja. Harga tiket masuknya gratis kecuali tarif parkir mulai Rp 3.000-an.

Sama halnya dengan Pantai Karang Papak, pantai ini terbilang masih cukup sepi meski memiliki pemandangan yang ciamik.

Di sepanjang bibir pantai adalah hamparan pasir putih yang akan menyambut wisatawan. Sembari berjalan-jalan, jangan lupa berfoto dengan pemandangan laut yang indah.

Selain pantai, ada jajaran batu karang yang dihiasi oleh lumut hijau yang dapat dijadikan spot berfoto.

Ombaknya yang cukup bersahabat memungkinkan wisatawan untuk berenang. Namun agar lebih aman, kamu bisa batasi kegiatan bermain air hanya di tepi pantai saja.

https://travel.kompas.com/read/2021/04/14/150300527/mudik-dilarang-contek-itinerary-seharian-wisata-pantai-di-garut-selatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke